RPP K13 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6 KELAS 3 SEMSETER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tema                           : 6. Indahnya Persahabatan
Subtema                      : 2. Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran               : 6
Kelas/Semester            : III/2
Waktu                         : 5 x 30 Menit
1.      Tahap Perencanaan
A.    Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator
1)      Kompetensi  Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam kalimat yang mudah dipahami, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2)      Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar       : 3.2. Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2. Menerangkan dan mempraktikkan teksarahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator                     : 3.2.1. Mengurutkan pokok-pokok bacaan teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara tertulis.
4.2.1. Menguraikan gagasan pokok dari teks arahan /petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara lisan.
3)  PPKn
Kompetensi dasar        : 3.1. Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1. Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator                     : 3.1.1. Memberikan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.
4.1.1.      Berperilaku sesuai dengan sila ketiga Pancasila

.
4) Matematika
Komepetensi dasar      : 3.13. Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.13. Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal.
Indikator                     : 3.13.1. Menjelaskan penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.
4.14.1.Menginterpretasikan data berdasarkan grafik yang disajikan.

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengurutkan pokok-pokok bacaan teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara tertulis dengan tepat.
2.      Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menguraikan gagasan pokok dari teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan  dengan percaya diri.
3.      Siswa dapat memberikan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila dengan tepat.
4.      Dengan diskusi kelompok, siswa dapat memahami berperilaku sesuai dengan sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
5.      Dengan bermain tabel benar salah, siswa dapat mengonversi satuan waktu jam ke hari dengan tepat.


C.     Jalinan Konsep

D.    Tujuan Penilaian Keterampilan
1.      Keterampilan Bertanya.
2.      Keterampilan Mengadakan Variasi.
3.      Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.

E.     Karakter yang diharapkan
Siswa diharapkan memiliki sikap terampil, kritis, dan berani.

F.      Metode Pembelajaran
·         Pendekatan           : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).
·         Metode                  : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah.
G.    Materi, Sumber dan Media
1.      Materi
a)      Bahasa Indonesia
Membaca teks tentang petunjuk perawatan tanaman di daerah resapan.
b)      PPKn
Memahami persatuan dan kerja sama dalam posko penanggulangan banjir sebagai perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
c)      Matematika
Mengonversi jam ke hari dan menginterpretasi grafik batang.

2.      Sumber
·         Buku Guru dan Buku Siswa Tema 6 : ”Indahnya Persahabatan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
3.      Media
1)      Karton Tabel benar salah
2)      Tanda benar dan salah
3)      Lembar kerja kelompok.
4)      Spidol.

2.      Tahap Pelaksanaan
A.    Kegiatan Awal
1)      Guru mengucapkan salam.
2)      Siswa memimpin do’a.
3)      Guru mengecek kehadiran siswa.
4)      Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi lagu “Lihat Kebunku”.
5)      Guru memberikan apersepsi kepada siswa dengan bertanya : “Siapa disini yang mempunyai tanaman dirumahnya?, Tanaman apa yang kalian tanam?, Kenapa kalian menanam tanaman dirumah?”.
6)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
B.     Kegiatan Inti
1)      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan cara berhitung 1 sampai 3.
2)      Siswa dibagikan teks bacaan tentang daerah resapan air  untuk didiskusikan didalam kelompok.
3)      Siswa diminta untuk menemukan pokok-pokok bahasan dari teks bacaan.
4)      Setiap kelompok membuat 2 pertanyaan yang akan diberikan kepada kelompok lain.
5)      Perwakilan dari setiap kelompok menceritakan kembali isi bacaan teks tentang daerah resapan air berdasarkan pokok-pokok bahasan yang telah dibuat.
6)      Siswa dibagikan teks bacaan tentang posko penanggulangan bencana.
7)      Guru memberikan pertanyaan secara lisan yang akan dijawab masing-masing kelompok.
8)      Siswa menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama lain dalam masyarakat.
9)      Siswa diarahkan untuk mengaitkan bentuk kerjasama dalam masyarakat dengan sila ketiga pancasila.
10)  Guru mengajak siswa untuk bermain permainan tabel benar salah, sebelum memulai permainan guru mengajak siswa untuk bernyanyi lagu ”Disini senang disana senang”.
11)  Guru menyampaikan aturan permainan tabel benar salah.
12)  Setiap anggota kelompok akan mengisi tabel benar salah secara bergantian.
13)  Siswa yang mengisi tabel benar salah dengan tepat akan mendapat niilai 10.
14)  Kelompok yang mendapat nilai paling tinggi mendapatkan reward dari guru.
15)  Guru mengkonfirmasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
C.     Kegiatan Penutup
1)      Secara individu siswa mengerjakan soal evaluasi.
2)      Siswa diberikan kesempatan mengenai pelajaran yang belum jelas.
3)      Guru menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.

3.      Tahap Kulminasi
A.    Evaluasi Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Skor
Nilai
Terampil
Kritis
Berani
1






2






3






4






Keterangan :
a.       80-100    = sangat baik (SB)
b.      70-79      = baik (B)
c.       60-69      = cukup (C)
d.      > 60        = kurang (D)
B.     Evaluasi Sikap
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Peduli
Tangg. Jawab
Teliti
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1














2














3














dst














Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4


C.     Evaluasi Hasil (Soal)
1.      Soal Tabel Benar Salah
a)      Teknik                               : Tes
b)      Jenis Tes                            : Tes Tertulis (Kelompok)
c)      Bentuk Tes                        : Tabel Benar Salah
d)     Instrumen Penilaian          :
No
Pernyataan
Benar
Salah
1
60 jam = 2 hari 4 jam


2
30 jam = 1 hari + 4 jam


3
25 jam = 1 hari + 1 hari


4
72 jam = 3 hari


5
80 jam = 4 hari + 8 jam


6
90 jam = 3 hari + 18 jam


7
100 jam = 6 hari + 4 jam


8
120 jam = 5 hari + 14 jam


9
200 jam = 8 hari + 8 jam



Jawaban:
1.      Benar
2.      Salah
3.      Benar
4.      Benar
5.      Salah
6.      Benar
7.      Salah
8.      Salah
9.      Benar

Pedoman Penskoran
Pengisian tabel benar salah ini dilakukan berkelompok secara bergantian. Setiap pernyataan pada tabel benar salah memiliki nilai 10 jika tidak menjawab tidak akan mendapatkan nilai.
Nilai = (jumlah nilai / 30 )x 100

2.       
2.      Soal individu

Di koran yang ia baca, Beni menemukan sebuah grafik yang menunjukkan data waktu surutnya banjir di kota-kota besar di Indonesia. Berdasarkan grafik di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1)      Kota manakah yang banjirnya paling cepat surut?
2)      Berapa lama banjir surut di Jakarta?
3)      Kota mana yang memiliki waktu surut banjir yang sama dengan Kota Padang?
4)      Kota mana yang banjirnya lebih lama surut daripada di Depok?
5)      Berapa jam selisih waktu surut antara banjir di kota Yogya dan Bogor?
Jawaban:
1)      Bogor
2)      65 jam atau 2 hari 12 jam
3)      Solo
4)      Yogyakarta
5)      30 jam atau 1 hari 6 jam


Pedoman Penskoran



1 comment: