RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Tema : 6. Indahnya
Persahabatan
Subtema : 2. Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran : 6
Kelas/Semester : III/2
Waktu : 5 x 30 Menit
1.
Tahap
Perencanaan
A. Kompetensi
Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator
1) Kompetensi Inti
1.
Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam kalimat yang mudah dipahami, sistematis, logis,
dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
2) Bahasa
Indonesia
Kompetensi
dasar : 3.2. Menguraikan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2. Menerangkan dan mempraktikkan
teksarahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator : 3.2.1. Mengurutkan
pokok-pokok bacaan teks arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara
tertulis.
4.2.1. Menguraikan
gagasan pokok dari teks arahan /petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara
lisan.
3) PPKn
Kompetensi dasar : 3.1. Memahami simbol-simbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1. Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol silasila Pancasila.
Indikator
: 3.1.1. Memberikan
contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.
4.1.1. Berperilaku
sesuai dengan sila ketiga Pancasila
.
4) Matematika
Komepetensi dasar : 3.13. Memahami penghitungan waktu
berdasarkan data sehari-hari.
4.13.
Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan
pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal.
Indikator : 3.13.1. Menjelaskan penghitungan waktu
berdasarkan data sehari-hari.
4.14.1.Menginterpretasikan
data berdasarkan grafik yang disajikan.
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat mengurutkan pokok-pokok bacaan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan secara tertulis dengan tepat.
2. Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat menguraikan gagasan pokok dari teks
arahan/petunjuk tentang perawatan tumbuhan dengan percaya diri.
3. Siswa
dapat memberikan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila dengan tepat.
4. Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat memahami berperilaku sesuai dengan sila ketiga
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
5. Dengan
bermain tabel benar salah, siswa dapat mengonversi satuan waktu jam ke hari
dengan tepat.
C. Jalinan Konsep
D. Tujuan
Penilaian Keterampilan
1. Keterampilan
Bertanya.
2. Keterampilan
Mengadakan Variasi.
3. Keterampilan
Membuka dan Menutup Pelajaran.
E. Karakter
yang diharapkan
Siswa diharapkan memiliki sikap terampil,
kritis, dan berani.
F. Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan).
·
Metode : Permainan/simulasi, diskusi,
tanya jawab, penugasan dan ceramah.
G. Materi,
Sumber dan Media
1. Materi
a) Bahasa
Indonesia
Membaca teks tentang
petunjuk perawatan tanaman di daerah resapan.
b) PPKn
Memahami persatuan dan
kerja sama dalam posko penanggulangan banjir sebagai perilaku yang sesuai
dengan sila ketiga Pancasila.
c) Matematika
Mengonversi jam ke hari
dan menginterpretasi grafik batang.
2. Sumber
·
Buku Guru dan Buku Siswa
Tema 6 : ”Indahnya Persahabatan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
3. Media
1) Karton
Tabel benar salah
2) Tanda
benar dan salah
3) Lembar
kerja kelompok.
4) Spidol.
2.
Tahap
Pelaksanaan
A. Kegiatan
Awal
1) Guru
mengucapkan salam.
2) Siswa
memimpin do’a.
3) Guru
mengecek kehadiran siswa.
4) Sebelum
memulai kegiatan pembelajaran guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi lagu
“Lihat Kebunku”.
5) Guru
memberikan apersepsi kepada siswa dengan bertanya : “Siapa
disini yang mempunyai tanaman dirumahnya?, Tanaman apa yang kalian tanam?,
Kenapa kalian menanam tanaman dirumah?”.
6) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan
Inti
1) Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok dengan cara berhitung 1 sampai 3.
2) Siswa
dibagikan teks bacaan tentang daerah resapan air untuk didiskusikan didalam kelompok.
3) Siswa
diminta untuk menemukan pokok-pokok bahasan dari teks bacaan.
4) Setiap
kelompok membuat 2 pertanyaan yang akan diberikan kepada kelompok lain.
5) Perwakilan
dari setiap kelompok menceritakan kembali isi bacaan teks tentang daerah
resapan air berdasarkan pokok-pokok bahasan yang telah dibuat.
6) Siswa
dibagikan teks bacaan tentang posko penanggulangan bencana.
7) Guru
memberikan pertanyaan secara lisan yang akan dijawab masing-masing kelompok.
8) Siswa
menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama lain dalam masyarakat.
9) Siswa
diarahkan untuk mengaitkan bentuk kerjasama dalam masyarakat dengan sila ketiga
pancasila.
10) Guru
mengajak siswa untuk bermain permainan tabel benar salah, sebelum memulai permainan
guru mengajak siswa untuk bernyanyi lagu ”Disini senang disana senang”.
11) Guru
menyampaikan aturan permainan tabel benar salah.
12) Setiap
anggota kelompok akan mengisi tabel benar salah secara bergantian.
13) Siswa
yang mengisi tabel benar salah dengan tepat akan mendapat niilai 10.
14) Kelompok
yang mendapat nilai paling tinggi mendapatkan reward dari guru.
15) Guru
mengkonfirmasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
C. Kegiatan
Penutup
1) Secara
individu siswa mengerjakan soal evaluasi.
2) Siswa
diberikan kesempatan mengenai pelajaran yang belum jelas.
3) Guru
menutup pelajaran dengan berdoa dan salam.
3.
Tahap
Kulminasi
A. Evaluasi
Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
Nilai
|
||
Terampil
|
Kritis
|
Berani
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a. 80-100 =
sangat baik (SB)
b. 70-79 =
baik (B)
c. 60-69 =
cukup (C)
d. > 60 =
kurang (D)
B. Evaluasi Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||||
Peduli
|
Tangg. Jawab
|
Teliti
|
|||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
C. Evaluasi Hasil (Soal)
1.
Soal Tabel Benar Salah
a) Teknik : Tes
b) Jenis
Tes : Tes
Tertulis (Kelompok)
c) Bentuk
Tes : Tabel Benar
Salah
d) Instrumen
Penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1
|
60 jam = 2 hari 4 jam
|
|
|
2
|
30 jam = 1 hari + 4 jam
|
|
|
3
|
25 jam = 1 hari + 1 hari
|
|
|
4
|
72 jam = 3 hari
|
|
|
5
|
80 jam = 4 hari + 8 jam
|
|
|
6
|
90 jam = 3 hari + 18 jam
|
|
|
7
|
100 jam = 6 hari + 4 jam
|
|
|
8
|
120 jam = 5 hari + 14 jam
|
|
|
9
|
200 jam = 8 hari + 8 jam
|
|
|
Jawaban:
1. Benar
2. Salah
3. Benar
4. Benar
5. Salah
6. Benar
7. Salah
8. Salah
9. Benar
Pedoman
Penskoran
Pengisian tabel benar
salah ini dilakukan berkelompok secara bergantian. Setiap pernyataan pada tabel
benar salah memiliki nilai 10 jika tidak menjawab tidak akan mendapatkan nilai.
Nilai = (jumlah nilai / 30 )x
100
2.
2. Soal
individu
Di koran yang ia baca,
Beni menemukan sebuah grafik yang menunjukkan data waktu surutnya banjir di
kota-kota besar di Indonesia. Berdasarkan grafik di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan
di bawah ini!
1) Kota
manakah yang banjirnya paling cepat surut?
2) Berapa
lama banjir surut di Jakarta?
3) Kota
mana yang memiliki waktu surut banjir yang sama dengan Kota Padang?
4) Kota
mana yang banjirnya lebih lama surut daripada di Depok?
5) Berapa
jam selisih waktu surut antara banjir di kota Yogya dan Bogor?
Jawaban:
1) Bogor
2) 65
jam atau 2 hari 12 jam
3) Solo
4) Yogyakarta
5) 30
jam atau 1 hari 6 jam
Pedoman Penskoran
Berguna bgt kaa��
ReplyDelete