RPP SD K13 KELAS 5 SEMESTER 2 TEMA 8 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KOMPONEN EKOSISTEM

RPP K13 DAN KTSP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK

Satuan Pendidikan    : SD 
Kelas/Semester          : V/2
Tema                          : 8. Ekosistem
Sub Tema                   : 1. Komponen Ekosistem
Pembelajaran ke       : 1 (Satu)
Alokasi  Waktu          : 2× 35 menit


1.      Kompetensi  Inti
1.        Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga serta cinta tanah air.
3.        Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam kalimat yang mudah dipahami, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kompetensi Dasar:
3.6. Mengenal jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar.
Indikator:
1.      Mengidentifikas ciri hewan berdasarkan makanannya.
2.      Mengelompokkan hewan berdasarkan makanannya.

3.      Tujuan
1.      Dengan diskusi kelompok, peserta didik mampu mengidentifikasi ciri hewan berdasarkan makanannya.
2.      Dengan diskusi kelompok, peserta didik mampu mengelompokkan hewan berdasarkan makanannya.

4.      Materi  Pokok
Jenis-jenis Hewan Berdasarkan Makanannya

1.    Pengertian hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.
2.    Ciri fisik hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.

5.      Materi  Pembelajaran
Terlampir.

6.      Pendekatan, Model,  dan Metode  Pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik.
Model              : Cooperative Learning ( Jigsaw ).
Metode            : Permainan TTS, diskusi, dan tanya jawab.

7.      Media  Alat  Pembelajaran
1.        Laptop.
2.        Kertas pertanyaan.
3.        Karton TTS.
4.        Kartu huruf.
5.        Permen sebagai reward.

6.      Sumber  Belajar
1.      Diana Karitas dkk. 2014. Buku Siswa Tema 8 Ekosistem. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Diana Karitas dkk. 2014. Buku Guru Tema 8 Ekosistem. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

7.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan (10 menit)
1.      Guru mengucapkan salam sebelum masuk kelas. (“assalamualaikum selamat pagi anak-anak”).
2.      Peserta didik memimpin doa, ketua kelas diminta untuk memimpin teman-temannya berdoa.
3.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik dengan cara mengabsen.
4.      Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi lagu “Naik delman”.
5.      Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik dengan bertanya : “Hewan apa yang sering kalian lihat dilingkungan rumah (misalnya sapi)?” dan “Setelah beberapa saat, apa makanan hewan tersebut (misalnya rumput)?” dan “Kenapa hewan tersebut makan rumput bukan daging ayam? (misalnya karena, sapi tidak bisa menangkap ayam pak)”. Melalui tanya jawab tersebut, guru mengarahkan jawaban-jawaban yang telah disampaikan siswa pada pengertian ciri dan jenis hewan berdasarkan makananya (“jawaban kalian benar, jadi pada hari ini kita akan belajar mengenai ciri dan jenis hewan berdasarkan makannya”).
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (“dengan diskusi kelompok kalian akan mengidentifikasi ciri hewan berdasarkan makanannya serta mampu mengelompokkan hewan berdasarkan makanannya, jadi setelah pelajaran selesai kalian bapak harapkan bisa memahami ciri hewan  dan mengelompokkan berdasarkan makanannya”).
Kegiatan Inti (50 menit)
1.      Peserta didik membentuk kelompok dengan cara berhitung 1-3. Perhitungan dapat dilakukan secara horizontal maupun vertikal. Setelah selesai berhitung peserta didik berkumpul sesuai dengan nomor yang telah mereka sebutkan, nomor 1 berkumpul dengan nomor 1, nomor 2 dengan nomor 2 dan seterusnya.
2.      Setiap kelompok akan berisi 3 peserta didik yang menyebutkan no yang sama.
3.      Kelompok yang sudah terbentuk diberi nama kelompok asal.
4.      Setelah terbentuk kelompok, masing-masing anggota kelompok berpencar dan membentuk 3 kelompok yang baru (kelompok ahli) sebanyak 3 kelompok, dengan cara guru membagikan kertas yang bertuliskan hewan pemakan tumbuhan, hewan pemakan daging dan hewan pemakan daging dan tumbuhan didalam kelompok asal.
5.      Guru membagikan bahan ajar dan memberi tahu apa yang harus mereka lakukan untuk di diskusikan selama 5 menit didalam kelompok ahli, yaitu mencari ciri-ciri hewan sesuai dengan kartu yang telah didapat pada saat pembagian kelompok. Jadi yang mendapatkan kartu hewan pemakan daging mencari ciri-ciri hewan pemakan daging, yang mendapatkan kartu hewan pemakan tumbuhan mencari ciri hewan pemakan tumbuhan dan yang mendapat kartu hewan pemakan daging dan tumbuhan akan mencari ciri-ciri hewan pemakan daging dan tumbuhan.
6.      Peserta didik berdiskusi didalam kelompok.
7.      Guru melihat kondisi setiap kelompok saat berdiskusi, pesrta didik boleh bertanya jika merasa masih kurang jelas dengan tugas yang telah diberikan.
8.      Setelah 5 menit guru memberikan tabel materi yang akan di diskusikan lagi oleh setiap kelompok, tebel tersebut akan disisi nama hewan, nama makanan, dan dari mana asal makanan tersebut apakah dari hewan maupun tumbuhan. Pada bagian ini setiap kelompok diberi tambahan waktu 5 menit lagi.
9.      Guru melihat kondisi setiap kelompok saat berdiskusi, pesrta didik boleh bertanya jika merasa masih kurang jelas dengan tugas yang telah diberikan..
10.  Setelah berdiskusi dikelompok ahli peserta didik kembali ke kelompok asal.
11.  Peserta didik  diminta untuk mendiskusikan apa saja yang telah didapat dari diskusi di kelompok ahli ke dalam kelompok asal. Setelah berdiskusi perwakilan dari keompok akan mempresentasikan hasil diskusi tersebut kedepan kelas.
12.  Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas, kelompok 1 terlebih dahulu yang akan mempresentasikan hasil diskusi kemudian dilanjutkan kelompok 2 kemudian kelompok 3.
13.  Guru mengkonfirmasi kegiatan diskusi yang telah peserta didik lakukan “jadi hewan pemakan daging disebut dengan karnivora, hewan karnivora memiliki ciri seperti mempunyai cakar, gigi taring, paruh yang kuat dan tajam serta mempunyai kaki-kaki yang kuat yang berguna untuk berburu mangsa contoh dari hewan karnivora ini yaitu harimau, singa dan burung elang. Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora, ciri hewan herbivora yaitu memiliki gigi graham, memiliki paruh yang kecil dan memiliki gigi seri yang berguna untuk memotong tumbuhan hijau contoh hewan herbivora ini yaitu kambing, sapi, dan burung pipit. Dan yang terakhir hewan pemakan daging dan tumbuhan disebut dengan hewan omnivora, hewan omnivora memiliki ciri seperti hewan karnivora dan herbivora yaitu memiliki paruh yang tajam, memiliki taring dan memiliki cakar yang tajam contoh dari hewan omnivora yaitu ayam, musang dan tikus.
14.  Sebelum melanjutkan ke kegiatan berikutnya guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi lagu “Disini senang disana senang”.
15.  Kegiatan selanjutnya adalah permainan TTS. Guru meminta bantuan peserta didik untuk menempelkan tabel TTS di papan tulis.
16.  Guru menyampaikan aturan permainan TTS yaitu, aturan permainan TTS ini adalah setiap anggota kelompok akan mengisi kolom TTS dengan huruf yang sudah bapak sediakan, soal akan bapak bagikan terlebih dahulu, setiap soal memiliki skor yang berbeda-beda, setelah selesai mengisi tabel TTS kalian berbaris ke belakang teman kalian untuk memudahkan anggota kelompok selanjutnya yang akan mengisi tabel TTS.
17.  Setiap kelompok melakukan pengambilan nomor urut untuk maju mengisi tabel TTS. Setiap anggota kelompok akan mengisi tabel TTS secara bergantian sesuai dengan undian yang didapat.
18.  Anggota kelompok akan mengisi tabel TTS dengan kartu huruf  yang telah disediakan diatas meja guru.
19.  Kelompok yang mendapat skor paling tinggi akan mendapatkan reward dari guru.
20.  Guru memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik mengenai apa yang telah dipelajari pada hari ini.
 Kegiatan Penutup (10 menit)
1.      Guru menginformasikan kembali kepada peserta didik bahwa hewan dapat digolongkan menjadi 3 berdasarkan jenis makanannya yaitu, herbivora hewan pemakan tumbuhan, karnivora hewan pemakan daging, dan omnivora hewan pemakan tumbuhan dan daging.
2.      Diawal pembelajaran tadi bapak ada mendengar ada yang menyebutkan memelihara burung dirumah. Burung apa yang kamu pelihara?. Bagaimana bentuk sangkar burung tersebut?. Sangkar burung ada berbagai macam bentuk dari yang berbentuk tabung maupun balok. Jadi, setelah istirahat nanti kita akan mempelajari cara mencari volume bangun ruang.
3.      Guru mengucapkan salam.

8.      Penilaian
A.  Teknik                       : Tes
B.  Jenis Tes                    : Tes Tertulis
C.  Bentuk Tes                : TTS (Teka Teki Silang)
D.  Instrumen Penilaian  :
Soal TTS menurun
(1). Contoh hewan omnivora ...
(2). Harimau hewan pemakan ...
(4). Omnivora merupakan jenis hewan pemakan ….
(5). Berdasarkan makanannya, komodo termasuk hewan ….
(7). Contoh hewan pemakan tumbuhan ...
(8). Contoh hewan pemakan daging di kutub uatara ...
(9). Contoh hewan pemakan daging di lautan ...
(11). Memiliki gigi graham untuk mengunyah makanan termasuk jenis hewan ...

            Soal TTS mendatar
(3). Contoh hewan pemakan daging dan tumbuhan ...
(6). Contoh hewan pemakan rumput adalah ….
(8). Hewan pemakan daging yang hidup di rawa-rawa ...
(10). Berdasarkan makanannya, tikus termasuk ….
(12). Burung yang termasuk pemakan daging ...
(13). Burung yang makanannya nektar yang dihasilkan bunga adalah ….
(14). Hewan karnivora biasanya memiliki ….
(15). Burung yang termasuk pemakan biji-bijian adalah ….
(16). Salah satu contoh hewan karnivora adalah memiliki ...
(17). Contoh hewan omnivora ialah …

Kunci jawaban
Menurun
(1). Musang
(2). Daging
(4). Segala
(5). Karnivora
(7). Kambing
(8). Beruang Kutub
(9). Hiu
(11). Herbivora

    Mendatar
(3). Ayam
(6). Sapi
(8). Buaya
(10). Omnivora
(12). Elang
(13). kolibri
(14). Cakar
(15). Pipit
(16). Taring
(17). Bebek

E.   Pedoman Penskoran
Soal TTS menurun
(1). Skor 5
(2). Skor 5
(4). Skor 6
(5). Skor 9
(7). Skor 7
(8). Skor 12
(9). Skor 3
(11). Skor 9

Soal TTS mendatar
(3). Skor 4
(6). Skor 4
(8). Skor 5
(10). Skor 8
(12). Skor 5
(13). Skor 7
(14). Skor 5
(15). Skor 5
(16). Skor 6
(17). Skor 5
                        Total skor 105.

            Tabel TTS











1































2
















3





4








5















6












































7












8













9













10














11
















12





























13


























14































15










16


























17







No comments:

Post a Comment