RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : V/2
Tema : 8. Ekosistem
Sub Tema : 1. Komponen Ekosistem
Pembelajaran ke : 1 (Satu)
Alokasi Waktu :
2× 35 menit
1.
Kompetensi Inti
1.
Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam kalimat yang mudah dipahami, sistematis, logis,
dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
2.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kompetensi
Dasar:
3.6. Mengenal jenis hewan dari
makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan
sekitar.
Indikator:
1.
Mengidentifikas ciri hewan
berdasarkan makanannya.
2.
Mengelompokkan hewan berdasarkan
makanannya.
3.
Tujuan
1. Dengan
diskusi kelompok, peserta didik mampu mengidentifikasi ciri hewan berdasarkan
makanannya.
2. Dengan
diskusi kelompok, peserta didik mampu mengelompokkan hewan berdasarkan
makanannya.
4.
Materi Pokok
Jenis-jenis Hewan Berdasarkan
Makanannya
1. Pengertian
hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.
2. Ciri
fisik hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.
5.
Materi Pembelajaran
Terlampir.
6.
Pendekatan,
Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik.
Model : Cooperative Learning ( Jigsaw ).
Metode : Permainan TTS, diskusi, dan
tanya jawab.
7.
Media Alat
Pembelajaran
1.
Laptop.
2.
Kertas pertanyaan.
3.
Karton TTS.
4.
Kartu huruf.
5.
Permen sebagai reward.
6.
Sumber Belajar
1. Diana
Karitas dkk. 2014. Buku Siswa Tema 8 Ekosistem.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Diana
Karitas dkk. 2014. Buku Guru Tema 8 Ekosistem.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
7.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan (10
menit)
1. Guru
mengucapkan salam sebelum masuk kelas. (“assalamualaikum selamat pagi
anak-anak”).
2. Peserta
didik memimpin doa, ketua kelas diminta untuk memimpin teman-temannya berdoa.
3. Guru
memeriksa kehadiran peserta didik dengan cara mengabsen.
4. Sebelum
memulai kegiatan pembelajaran guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi lagu
“Naik delman”.
5. Guru
memberikan apersepsi kepada peserta didik dengan bertanya : “Hewan
apa yang sering kalian lihat dilingkungan rumah (misalnya sapi)?” dan “Setelah
beberapa saat, apa makanan hewan tersebut (misalnya rumput)?” dan “Kenapa hewan
tersebut makan rumput bukan daging ayam? (misalnya karena, sapi tidak bisa
menangkap ayam pak)”. Melalui tanya jawab tersebut, guru mengarahkan
jawaban-jawaban yang telah disampaikan siswa pada pengertian ciri dan jenis
hewan berdasarkan makananya (“jawaban kalian benar, jadi pada hari ini kita
akan belajar mengenai ciri dan jenis hewan berdasarkan makannya”).
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran (“dengan diskusi kelompok kalian akan
mengidentifikasi ciri hewan berdasarkan makanannya serta mampu mengelompokkan
hewan berdasarkan makanannya, jadi setelah pelajaran selesai kalian bapak
harapkan bisa memahami ciri hewan dan
mengelompokkan berdasarkan makanannya”).
Kegiatan Inti (50 menit)
1. Peserta
didik membentuk kelompok dengan cara berhitung 1-3. Perhitungan dapat dilakukan
secara horizontal maupun vertikal. Setelah selesai berhitung peserta didik
berkumpul sesuai dengan nomor yang telah mereka sebutkan, nomor 1 berkumpul
dengan nomor 1, nomor 2 dengan nomor 2 dan seterusnya.
2. Setiap
kelompok akan berisi 3 peserta didik yang menyebutkan no yang sama.
3. Kelompok
yang sudah terbentuk diberi nama kelompok asal.
4. Setelah
terbentuk kelompok, masing-masing anggota kelompok berpencar dan membentuk 3
kelompok yang baru (kelompok ahli) sebanyak 3 kelompok, dengan cara guru
membagikan kertas yang bertuliskan hewan pemakan tumbuhan, hewan pemakan daging
dan hewan pemakan daging dan tumbuhan didalam kelompok asal.
5. Guru
membagikan bahan ajar dan memberi tahu apa yang harus mereka lakukan untuk di diskusikan
selama 5 menit didalam kelompok ahli, yaitu mencari ciri-ciri hewan sesuai
dengan kartu yang telah didapat pada saat pembagian kelompok. Jadi yang
mendapatkan kartu hewan pemakan daging mencari ciri-ciri hewan pemakan daging,
yang mendapatkan kartu hewan pemakan tumbuhan mencari ciri hewan pemakan
tumbuhan dan yang mendapat kartu hewan pemakan daging dan tumbuhan akan mencari
ciri-ciri hewan pemakan daging dan tumbuhan.
6. Peserta
didik berdiskusi didalam kelompok.
7. Guru
melihat kondisi setiap kelompok saat berdiskusi, pesrta didik boleh bertanya
jika merasa masih kurang jelas dengan tugas yang telah diberikan.
8. Setelah
5 menit guru memberikan tabel materi yang akan di diskusikan lagi oleh setiap
kelompok, tebel tersebut akan disisi nama hewan, nama makanan, dan dari mana
asal makanan tersebut apakah dari hewan maupun tumbuhan. Pada bagian ini setiap
kelompok diberi tambahan waktu 5 menit lagi.
9. Guru
melihat kondisi setiap kelompok saat berdiskusi, pesrta didik boleh bertanya
jika merasa masih kurang jelas dengan tugas yang telah diberikan..
10. Setelah
berdiskusi dikelompok ahli peserta didik kembali ke kelompok asal.
11. Peserta
didik diminta untuk mendiskusikan apa
saja yang telah didapat dari diskusi di kelompok ahli ke dalam kelompok asal.
Setelah berdiskusi perwakilan dari keompok akan mempresentasikan hasil diskusi
tersebut kedepan kelas.
12. Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas, kelompok 1
terlebih dahulu yang akan mempresentasikan hasil diskusi kemudian dilanjutkan
kelompok 2 kemudian kelompok 3.
13. Guru
mengkonfirmasi kegiatan diskusi yang telah peserta didik lakukan “jadi hewan
pemakan daging disebut dengan karnivora, hewan karnivora memiliki ciri seperti
mempunyai cakar, gigi taring, paruh yang kuat dan tajam serta mempunyai
kaki-kaki yang kuat yang berguna untuk berburu mangsa contoh dari hewan
karnivora ini yaitu harimau, singa dan burung elang. Hewan pemakan tumbuhan
disebut herbivora, ciri hewan herbivora yaitu memiliki gigi graham, memiliki
paruh yang kecil dan memiliki gigi seri yang berguna untuk memotong tumbuhan
hijau contoh hewan herbivora ini yaitu kambing, sapi, dan burung pipit. Dan
yang terakhir hewan pemakan daging dan tumbuhan disebut dengan hewan omnivora,
hewan omnivora memiliki ciri seperti hewan karnivora dan herbivora yaitu
memiliki paruh yang tajam, memiliki taring dan memiliki cakar yang tajam contoh
dari hewan omnivora yaitu ayam, musang dan tikus.
14. Sebelum
melanjutkan ke kegiatan berikutnya guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi
lagu “Disini senang disana senang”.
15. Kegiatan
selanjutnya adalah permainan TTS. Guru meminta bantuan peserta didik untuk menempelkan
tabel TTS di papan tulis.
16. Guru
menyampaikan aturan permainan TTS yaitu, aturan permainan TTS ini adalah setiap
anggota kelompok akan mengisi kolom TTS dengan huruf yang sudah bapak sediakan,
soal akan bapak bagikan terlebih dahulu, setiap soal memiliki skor yang
berbeda-beda, setelah selesai mengisi tabel TTS kalian berbaris ke belakang
teman kalian untuk memudahkan anggota kelompok selanjutnya yang akan mengisi
tabel TTS.
17. Setiap
kelompok melakukan pengambilan nomor urut untuk maju mengisi tabel TTS. Setiap
anggota kelompok akan mengisi tabel TTS secara bergantian sesuai dengan undian
yang didapat.
18. Anggota
kelompok akan mengisi tabel TTS dengan kartu huruf yang telah disediakan diatas meja guru.
19. Kelompok
yang mendapat skor paling tinggi akan mendapatkan reward dari guru.
20. Guru
memberi kesempatan bertanya kepada peserta didik mengenai apa yang telah
dipelajari pada hari ini.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Guru
menginformasikan kembali kepada peserta didik bahwa hewan dapat digolongkan
menjadi 3 berdasarkan jenis makanannya yaitu, herbivora hewan pemakan tumbuhan,
karnivora hewan pemakan daging, dan omnivora hewan pemakan tumbuhan dan daging.
2. Diawal
pembelajaran tadi bapak ada mendengar ada yang menyebutkan memelihara burung
dirumah. Burung apa yang kamu pelihara?. Bagaimana bentuk sangkar burung
tersebut?. Sangkar burung ada berbagai macam bentuk dari yang berbentuk tabung
maupun balok. Jadi, setelah istirahat nanti kita akan mempelajari cara mencari
volume bangun ruang.
3. Guru
mengucapkan salam.
8.
Penilaian
A.
Teknik :
Tes
B.
Jenis Tes :
Tes Tertulis
C.
Bentuk Tes :
TTS (Teka Teki Silang)
D.
Instrumen Penilaian :
Soal TTS menurun
(1). Contoh hewan omnivora ...
(2). Harimau hewan pemakan ...
(4). Omnivora merupakan jenis hewan pemakan ….
(5). Berdasarkan makanannya, komodo termasuk hewan ….
(7). Contoh hewan pemakan tumbuhan ...
(8). Contoh hewan pemakan daging di kutub uatara ...
(9). Contoh hewan pemakan daging di lautan ...
(11). Memiliki gigi graham untuk mengunyah makanan termasuk jenis hewan ...
Soal
TTS mendatar
(3). Contoh hewan pemakan daging dan
tumbuhan ...
(6). Contoh hewan pemakan rumput
adalah ….
(8). Hewan pemakan daging yang hidup
di rawa-rawa ...
(10). Berdasarkan makanannya, tikus
termasuk ….
(12). Burung yang termasuk pemakan
daging ...
(13). Burung yang makanannya nektar
yang dihasilkan bunga adalah ….
(14). Hewan karnivora biasanya
memiliki ….
(15). Burung yang termasuk pemakan
biji-bijian adalah ….
(16). Salah satu contoh hewan
karnivora adalah memiliki ...
(17). Contoh hewan omnivora ialah …
Kunci jawaban
Menurun
(1). Musang
(2). Daging
(4). Segala
(5). Karnivora
(7). Kambing
(8). Beruang Kutub
(9). Hiu
(11). Herbivora
Mendatar
(3). Ayam
(6). Sapi
(8). Buaya
(10). Omnivora
(12). Elang
(13). kolibri
(14). Cakar
(15). Pipit
(16). Taring
(17). Bebek
E.
Pedoman Penskoran
Soal TTS
menurun
(1). Skor 5
(2). Skor 5
(4). Skor 6
(5). Skor 9
(7). Skor 7
(8). Skor 12
(9). Skor 3
(11). Skor 9
Soal TTS mendatar
(3). Skor 4
(6). Skor 4
(8). Skor 5
(10). Skor 8
(12). Skor 5
(13). Skor 7
(14). Skor 5
(15). Skor 5
(16). Skor 6
(17). Skor 5
Total skor 105.
Tabel TTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment