RPP K13 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 KELAS 6 SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan              : 
Kelas / Semester                  :  VI (Enam) / 1
Tema 4                                    :  Globalisasi
Sub Tema 1                           :   Globalisasi Di Sekitarku
Pembelajaran                        :  2
Alokasi Waktu                       :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)



A.   KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1    :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3    :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4    :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
PPKn
1.1    Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
2.4    Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.6    Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
3.6.1      Menjelaskan saling ketergantungan dalam era globalisasi
4.6    Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
4.6.1      Mengomunikasikan saling ketergantungan dalam era globalisasi

Matematika
1.1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
2.2    Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan Kreatif.
2.3    Memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.4    Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
3.6    Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana
3.6.1      Mengidentifikasi sifat-sifat kubus
4.2    Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa
4.2.1      Melakukan percobaan dengan bantuan benang untuk mengenal diagonal bidang dan diagonal ruang

SBdP
1.1    Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.2    Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1    Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
3.1.1      Menyebutkan langkah-langkah menggambar motif batik dengan teknik merintang warna

4.2    Menggambar di atas kain dengan teknik merintang warna
4.2.1      Menggambar motif batik berdasarkan motif daerah
4.13       Membuat karya kerajinan batik berdasarkan motif hias daerah
4.2.1      Menggambar motif batik berdasarkan motif daerah


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡   Setelah mengamati gambar, membaca intruksi, dan mendengarkan pejelasan guru, siswa mampu menjelaskan langkah-langkah menggambar motif batik dengan teknik merintang warna dengan rasa bangga terhadap seni tradisional Indonesia.
¡   Setelah mengamati gambar, membaca instruksi, dan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menggambar motif batik dengan teknik merintang warna dengan rasa bangga terhadap seni tradisional Indonesia.
¡   Melalui percobaan dan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus dengan teliti.
¡   Melalui percobaan dan mengamati gambar, siswa mampu mengomunikasikan hasil temuan tentang diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus dengan percaya diri.
¡   Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan saling ketergantungan dalam era globalisasi dengan percaya diri.
¡   Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan tentang saling ketergantungan dalam era globalisasi dengan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡   Menggambar motif batik
¡   Melakukan eksplorasi tentang diagonal ruang dan diagonal bidang pada bangun ruang sederhana
¡   Mengomunikasikan saling ketergantungan di era globalisasi

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Globalisasi”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Secara berpasangan, siswa menuliskan hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk pertanyaan. (Mengasosiasi)
¡  Siswa menukarkan pertanyaan yang mereka buat dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya bersama-sama. (Menanya)
¡  Kemudian, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
¡  Siswa menjelaskan tujuan pembuatan batik. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menjelaskan apa yang mereka ketahui tentang motif batik Indonesia.
¡  Siswa menyebutkan berbagai upaya yang dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia Internasional.
¡  Siswa menulis kesimpulan setelah mengetahui bahwa batik Indonesia diakui sebagai warisan dunia. (Mengasosiasi)
¡  Siswa menyimpulkan menggunakan 3 kalimat tentang bacaan.
¡  Siswa menjelaskan arti kata ‘mendunia’. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menuliskan hal yang mereka ingin ketahui lebih lanjut tentang batik dalam bentuk pertanyaan (Menanya)
¡  Siswa membuat pola motif batik. (Mengekplorasi)
¡  Siswa diminta memperhatikan dan memahami langkah-langkah dalam membuat batik sebagai berikut.
¡  Siswa mengamati contoh beberapa kemasan batik. (Mengamati)
¡  Siswa diajak berpikir dan berdiskusi bagaimana cara merancang kemasan tersebut.
¡  Setelah mengamati kemasan batik di atas, selanjutnya siswa diminta mengamati berbagai kemasan produk yang mereka bawa dari rumah.
¡  Siswa diminta mengambil kemasan yang berbentuk kubus. Kemudian siswa membuka kemasan tersebut sehingga siswa bisa mengenal lebih jauh diagonal bidang dan diagonal ruang dari kubus.
¡  Siswa bekerja secara berpasangan untuk mencari diagonal ruang dan diagonal bidang pada kubus. (Mengasosiasi)
¡  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Menanya)
¡  Setelah melakukan percobaan, siswa membuat beberapa sketsa yang menunjukkan proses yang mereka lalui untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kertas berpetak yang terdapat dalam buku siswa. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menulis kesimpulan tentang sketsa yang telah dibuat.
¡  Siswa mempresentasikan sketsa yang telah mereka buat dalam kelompok. (Mengkomunikasikan)
¡  Setelah melakukan praktik untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus, siswa mencari tahu lebih lanjut tentang sifat-sifat kubus.
¡  Siswa mendiskusikan dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan. (Mengekplorasi)
¡  Siswa menjelaskan maksud ‘menembus ruang dan waktu’ pada bacaan.
¡  Siswa menjelaskan tentang globalisasi dan memberikan contoh atau fakta yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari.
¡  Siswa menjelaskan pengaruh globalisasi yang mereka rasakan.
¡  Siswa menjelaskan makna dari ‘saling bergantung dan saling mempengaruhi’ dan memberikan contoh yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
¡  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal yang mereka pelajari dari kegiatan hari ini, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, apa manfaat yang mereka peroleh, serta apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut). (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡   Buku Siswa Tema : ”Globalisasi Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Peralatan membatik
¡  Lidi (tusuk sate)
¡  3. Benang


I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.  Teknik Penilaian
a.  Penilaian Sikap: tanggung jawab, teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja

2.   Bentuk Instrumen Penilaian
a.  Penilaian sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Percaya Diri
Teliti
Disiplin
1
Sultan Haykal



2
Aisy Anindya



3
…..



Keterangan:  1: Kurang      2 : Cukup    3 : Baik        4 : baik sekali

b.    Penilaian pengetahuan dan keterampilan muatan mapel SBdP
1)    Pengetahuan
(a) Identifikasilah lima informasi manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia!
(b) mencari luas, volume, titik sudut suatu bangun ruang
2)    Keterampilan

3. Penilaian
1.   SBdP dinilai dengan rubrik  membatik.

Kriteria
Penilaian
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)

Ide
Menciptakan pola  batik secara mandiri.
Menciptakan pola  batik dengan sedikit bimbingan.
Menciptakan pola  batik dengan bimbingan secara konsisten.
Perlu  motivasi dan bimbingan penuh untuk menciptakan pola  batik.
Kreativitas
Pola  yang diciptakan benar, orisinil, dan rapi.
Menunjukkan
2 dari  3 kriteria di kolom  4.

Menunjukkan 1 dari  3 kriteria di kolom  4.
Belum menunjukkan semua kriteria di kolom  4.




Teknik
Mengikuti instruksi semua langkah perbuatan dengan benar.
Mengikuti sebagian
besar instruksi langkah pembuatan dengan benar.
Perlu  motivasi untuk mengikuti instruksi
langkah perbuatan.
Tidak mampu mengikuti semua langkah instruksi pembuatan dengan benar.


Sikap
Menunjukkan sikap tertib, disiplin, dan mandiri.
Menunjukkan dua sikap di kolom  4.
Menunjukkan satu sikap di kolom  4.
Belum menunjukkan semua sikap di kolom  4.

2.   Matematika dinilai dengan rubrik.

Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Diagonal
Bidang
Siswa mampu menuliskan
4 diagonal bidang dengan benar
Siswa mampu menuliskan
3 diagonal bidang dengan benar (√)
Siswa mampu menuliskan
3 diagonal bidang dengan benar
Siswa mampu menuliskan
1 diagonal bidang dengan benar
Diagonal
Ruang
Siswa mampu menuliskan 4 diagonal ruang dengan benar (√)
Siswa mampu menuliskan 3 diagonal ruang dengan benar.
Siswa mampu menuliskan 2 diagonal ruang dengan benar
Siswa mampu menuliskan 1 diagonal ruang dengan benar
Kesimpulan
Siswa dapat menyimpulkan tentang diagonal bidang dan diagonal ruang dengan sangat baik
Siswa dapat menyimpulkan tentang diagonal bidang dan diagonal ruang dengan cukup baik  (√)
Siswa dapat menyimpulkan tentang diagonal bidang dan diagonal
ruang, namun kurang sempurna
Siswa
tidak dapat menyimpulkan tentang diangonal bidang dan diagonal ruang pada kubus
Catatan: Centang (√) pada bagian yang  memenuhi kriteria

Penilaian:  total nilai  × 10
                        12

3.   PPKn dinilai dengan daftar periksa.

Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu menjelaskan maksud “menembus ruang dan waktu”


Siswa mampu menjelaskan tentang globalisasi dan memberikan contoh atau fakta yang  mereka temukan dalam kehidupan sehari­hari.


Siswa menjelaskan pengaruh globalisasi yang  mereka rasakan.


Siswa menjelaskan makna dari  “saling bergantung dan saling mempengaruhi” dan memberikan contoh yang  ditemukan dalam kehidupan sehari­hari.




M engetahui
Kepala Sekolah,





( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas VI




( ___________________ )
NIP ..................................


 V 

1 comment: