RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Tema 4 : Globalisasi
Sub Tema 1 :
Globalisasi Di Sekitarku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan
dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai
bangsa Indonesia
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam
membangun kehidupan kebangsaan
3.6.1 Menjelaskan
saling ketergantungan dalam era globalisasi
4.6
Menyajikan realita keberagaman untuk
mendorong saling ketergantungan dalam membangun
dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
4.6.1 Mengomunikasikan
saling ketergantungan dalam era globalisasi
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti,
jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah
menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan
Kreatif.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan
minat dalam mempelajari matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika
dalam kehidupan
3.6 Mengenal diagonal ruang dan diagonal
sisi dalam bangun ruang sederhana
3.6.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat kubus
4.2
Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan
dua buah titik sudut dalam kubus atau balok
dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh
benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam
bentuk sketsa
4.2.1 Melakukan
percobaan dengan bantuan benang untuk mengenal diagonal bidang dan diagonal
ruang
SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai
anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar
sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung
jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan
prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
3.1.1 Menyebutkan
langkah-langkah menggambar motif batik dengan teknik merintang warna
4.2 Menggambar di atas kain dengan teknik
merintang warna
4.2.1 Menggambar
motif batik berdasarkan motif daerah
4.13 Membuat
karya kerajinan batik berdasarkan motif hias daerah
4.2.1 Menggambar
motif batik berdasarkan motif daerah
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡
Setelah
mengamati gambar, membaca intruksi, dan mendengarkan pejelasan guru, siswa
mampu menjelaskan langkah-langkah menggambar motif batik dengan teknik
merintang warna dengan rasa bangga terhadap seni tradisional Indonesia.
¡
Setelah
mengamati gambar, membaca instruksi, dan mendengarkan penjelasan guru, siswa
mampu menggambar motif batik dengan teknik merintang warna dengan rasa bangga
terhadap seni tradisional Indonesia.
¡
Melalui
percobaan dan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi diagonal bidang
dan diagonal ruang pada kubus dengan teliti.
¡
Melalui
percobaan dan mengamati gambar, siswa mampu mengomunikasikan hasil temuan
tentang diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus dengan percaya diri.
¡
Setelah
membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan saling ketergantungan
dalam era globalisasi dengan percaya diri.
¡
Setelah
membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan tentang saling
ketergantungan dalam era globalisasi dengan percaya diri.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡
Menggambar
motif batik
¡
Melakukan
eksplorasi tentang diagonal ruang dan diagonal bidang pada bangun ruang
sederhana
¡
Mengomunikasikan
saling ketergantungan di era globalisasi
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan
dan ceramah
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ” Globalisasi”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Secara berpasangan, siswa menuliskan hal yang mereka ingin
ketahui lebih lanjut tentang keberadaan batik Indonesia di dunia dalam bentuk
pertanyaan. (Mengasosiasi)
¡
Siswa menukarkan pertanyaan yang mereka buat dengan teman
di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya bersama-sama. (Menanya)
¡
Kemudian, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
buku siswa.
¡
Siswa menjelaskan tujuan pembuatan batik. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menjelaskan apa yang mereka ketahui tentang motif
batik Indonesia.
¡
Siswa menyebutkan berbagai upaya yang dilakukan untuk
mengenalkan batik Indonesia ke dunia Internasional.
¡
Siswa menulis kesimpulan setelah mengetahui bahwa batik
Indonesia diakui sebagai warisan dunia. (Mengasosiasi)
¡
Siswa menyimpulkan menggunakan 3 kalimat tentang bacaan.
¡
Siswa menjelaskan arti kata ‘mendunia’. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menuliskan hal yang mereka ingin ketahui lebih
lanjut tentang batik dalam bentuk pertanyaan (Menanya)
¡
Siswa membuat pola motif batik. (Mengekplorasi)
¡
Siswa diminta memperhatikan dan memahami langkah-langkah
dalam membuat batik sebagai berikut.
¡
Siswa mengamati contoh beberapa kemasan batik. (Mengamati)
¡
Siswa diajak berpikir dan berdiskusi bagaimana cara
merancang kemasan tersebut.
¡
Setelah mengamati kemasan batik di atas, selanjutnya
siswa diminta mengamati berbagai kemasan produk yang mereka bawa dari rumah.
¡
Siswa diminta mengambil kemasan yang berbentuk kubus.
Kemudian siswa membuka kemasan tersebut sehingga siswa bisa mengenal lebih jauh
diagonal bidang dan diagonal ruang dari kubus.
¡
Siswa bekerja secara berpasangan untuk mencari diagonal
ruang dan diagonal bidang pada
kubus. (Mengasosiasi)
¡ Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Menanya)
¡ Setelah melakukan
percobaan, siswa membuat beberapa sketsa yang menunjukkan proses yang mereka
lalui untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kertas
berpetak yang terdapat dalam buku siswa. (Mengekplorasi)
¡ Siswa menulis
kesimpulan tentang sketsa yang telah dibuat.
¡ Siswa
mempresentasikan sketsa yang telah mereka buat dalam kelompok. (Mengkomunikasikan)
¡ Setelah melakukan
praktik untuk mengetahui diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus, siswa
mencari tahu lebih lanjut tentang sifat-sifat kubus.
¡ Siswa mendiskusikan
dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan. (Mengekplorasi)
¡ Siswa menjelaskan
maksud ‘menembus ruang dan waktu’ pada bacaan.
¡ Siswa menjelaskan
tentang globalisasi dan memberikan contoh atau fakta yang mereka temukan
dalam kehidupan sehari-hari.
¡ Siswa menjelaskan
pengaruh globalisasi yang mereka rasakan.
¡ Siswa menjelaskan
makna dari ‘saling bergantung dan saling mempengaruhi’ dan memberikan contoh
yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
¡ Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (3 hal
yang mereka pelajari dari kegiatan hari ini, bagian yang sudah mereka pahami
dengan baik, bagian yang belum dipahami, apa manfaat yang mereka peroleh,
serta apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut). (Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Siswa Tema : ”Globalisasi ” Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡
Peralatan
membatik
¡
Lidi
(tusuk sate)
¡
3.
Benang
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: tanggung jawab,
teliti, dan disiplin.
b. Penilaian Pengetahuan: pilihan ganda dan
jawaban singkat.
c. Penilaian Keterampilan: unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Disiplin
|
||
1
|
Sultan Haykal
|
|
|
|
2
|
Aisy Anindya
|
|
|
|
3
|
…..
|
|
|
|
Keterangan: 1: Kurang 2 : Cukup 3 : Baik 4
: baik sekali
b. Penilaian
pengetahuan dan keterampilan muatan mapel SBdP
1) Pengetahuan
(a) Identifikasilah lima
informasi manfaat tumbuhan untuk kehidupan manusia!
(b) mencari luas, volume, titik sudut suatu bangun
ruang
2) Keterampilan
3. Penilaian
1.
SBdP dinilai dengan rubrik
membatik.
Kriteria
|
Penilaian
|
|||
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
|
Ide
|
Menciptakan pola batik secara mandiri.
|
Menciptakan pola batik dengan sedikit bimbingan.
|
Menciptakan pola batik dengan bimbingan secara konsisten.
|
Perlu motivasi dan bimbingan penuh untuk
menciptakan pola batik.
|
Kreativitas
|
Pola yang diciptakan benar, orisinil, dan rapi.
|
Menunjukkan
2 dari 3 kriteria di kolom 4.
|
Menunjukkan 1 dari 3 kriteria di kolom 4.
|
Belum menunjukkan semua kriteria
di kolom 4.
|
Teknik
|
Mengikuti instruksi semua langkah
perbuatan dengan benar.
|
Mengikuti sebagian
besar instruksi langkah pembuatan
dengan benar.
|
Perlu motivasi untuk mengikuti instruksi
langkah perbuatan.
|
Tidak mampu mengikuti semua
langkah instruksi pembuatan dengan benar.
|
Sikap
|
Menunjukkan sikap tertib,
disiplin, dan mandiri.
|
Menunjukkan dua sikap di
kolom 4.
|
Menunjukkan satu sikap di
kolom 4.
|
Belum menunjukkan semua sikap di
kolom 4.
|
2.
Matematika dinilai dengan rubrik.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Diagonal
Bidang
|
Siswa mampu menuliskan
4 diagonal bidang dengan benar
|
Siswa mampu menuliskan
3 diagonal bidang dengan benar
(√)
|
Siswa mampu menuliskan
3 diagonal bidang dengan benar
|
Siswa mampu menuliskan
1 diagonal bidang dengan benar
|
Diagonal
Ruang
|
Siswa mampu menuliskan 4 diagonal
ruang dengan benar (√)
|
Siswa mampu menuliskan 3 diagonal
ruang dengan benar.
|
Siswa mampu menuliskan 2 diagonal
ruang dengan benar
|
Siswa mampu menuliskan 1 diagonal
ruang dengan benar
|
Kesimpulan
|
Siswa dapat menyimpulkan tentang
diagonal bidang dan diagonal ruang dengan sangat baik
|
Siswa dapat menyimpulkan tentang
diagonal bidang dan diagonal ruang dengan cukup baik (√)
|
Siswa dapat menyimpulkan tentang
diagonal bidang dan diagonal
ruang, namun kurang sempurna
|
Siswa
tidak dapat menyimpulkan tentang
diangonal bidang dan diagonal ruang pada kubus
|
Catatan: Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian: total
nilai × 10
12
3.
PPKn dinilai dengan daftar periksa.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa mampu menjelaskan maksud
“menembus ruang dan waktu”
|
|
|
Siswa mampu menjelaskan tentang
globalisasi dan memberikan contoh atau fakta yang mereka temukan dalam kehidupan seharihari.
|
|
|
Siswa menjelaskan pengaruh
globalisasi yang mereka rasakan.
|
|
|
Siswa menjelaskan makna dari “saling bergantung dan saling mempengaruhi”
dan memberikan contoh yang ditemukan
dalam kehidupan seharihari.
|
|
|
M engetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas VI
( ___________________ )
NIP ..................................
|
V
makasih kak bagus banget
ReplyDelete