RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tema : Bintang
Kelas/semester : 1 (satu)/ II (dua)
Waktu :
1 x 30 menit
I.
Tahap
Perencanaan
A. Standar Kompetensi (SK) , Kompetensi
Dasar (KD), dan Indikator
·
Bahasa
Indonesia
SK :
3. Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan membaca puisi anak
KD :
3.1 membaca lancer beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata
dan intonasi yang cepat
Indikator :
siswa dapat membaca kalimat sederhana tentang “Bintang”
·
IPA
SK :
mengenal berbagai benda di langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim)
serta pengaruhnya terhadap kegiatan
manusia
KD :
5.1 mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
Indikator : siswa dapat menyebutkan salah satu
contoh benda langit pada
malam
hari
·
Matematika
SK :
4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan-bilangan sampai
dua angka dalam pemecahan masalah
KD :
4.4 melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
Indikator :
siswa dapat melakukan penjumlahan dua angka
B. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
membaca kalimat tentang “bintang” , siswa dapat membaca kembali kalimat dengan
lancer
2. Melalui
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan salah satu contoh benda langit di malam
hari
3. Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat melakukan penjumlahan dua angka dengan benar
C. Jalinan Konsep
Keterangan :
Pemahaman
konsep 1 yaitu membaca kalimat tentang bintang dengan cara membaca kalimat yang
diberikan oleh guru dapat digunakan untuk menyebutkan bintang sebagai salah
satu benda langit (konsep 2). Pemahaman konsep dua yaitu menyebutkan bintang
sebagai salah satu benda langit dapat digunakan untuk menjelaskan konsep 3
yaitu menjumlahkan bintang.
D. Materi Pokok,Media dan Sumber Belajar
1.
Materi
Pokok
Bahasa
Indonesia
Membaca kalimat sederhana tentang
“Bintang”
a. Aku
senang melihat bintang
b. Cahaya
bintang sangat indah
c. Bintang
selalu menghiasi langit
d. Langit
menjadi indah karena bintang
Ilmu Pengetahuan Alam
Benda-benda
langit
Matematika
Penjumlahan
SBK
Menggambar
“bintang”
2.
Media
a. Alat
peraga bintang
b. Kartu
kalimat tentang bintang
3.
Sumber
KTSP 2006
H.Suyanto,dkk. 2008. Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SD MI kelas 1.
Jakarta : Depdiknas
Sholehudin.2008.
asyiknya Belajar IPA Untuk Sekolah Dasae
Kelas 1. Jakarta :
Depdiknas
Kismiantini.
2008. Dunia matematika untuk kelas 1 SD
MI. Jakarta : Depdiknas
II.
Tahap
Pelaksanaan
§ Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, menalar,
melakukan dan mengkomunikasikan)
§ Model : Tanya Jawab
A.
Kegiatan
Awal : (3 menit)
1. Salam
2. Melihat
kondisi ruang belajar
3. Memulai
kegiatan dengan membaca doa
4. Absensi
5. Bertanya
jawab untuk menyiapkan kondisi siswa dalam menerima pelajaran
6. Apersepsi
7. Menyampaikan
tema yang akan dipelajari
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti : (18 menit)
1. Siswa
menyimak guru membaca kalimat sederhana tentang bintang
2. Siswa
diminta membaca kembali kalimat yang telah dibacakan guru
3. Bertanya
jawab tentang benda langit di malam hari
4. Mengelompokkan
siswa menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 3 orang
5. Setiap
kelompok dibagi LKK
6. Dua
orang siswa diminta maju kedepan kelas dan mengambil bintang sesuai dengan
petunjuk yang diarahkan guru
7. Setiap
kelompok ditugaskan untuk menjumlahkan bintang-bintang yang diambil oleh dua
siswa yang maju ke depan kelas
8. Setiap
kelompok mendiskusikannya di LKK yang telah diberikan
9. Perwakilan
tiap kelompok meju kedepan untuk mendiskusikan hasi penjumlahannya
C. Kegiatan Penutup : (9 menit)
1. Evaluasi
2. Refleksi
terhadap kegiatan yang telah dilakukan
3. Memberikan
tindak lanjut
4. Menyampaikan
rencana pembeajaran untuk pertemua berikutnya
5. Salam
III.
Tahap
Kulminasi
A.
Penilaian
Proses
1. Keaktifan
siswa dalam pembelajaran
2. Keberanian
siswa dalam bertanya
3. Kerjasama
yang baik dalam mengerjakan tugas
Rubrik penilaian
no
|
Nama siswa
|
Aspek yang
Diamati
|
Skor rata-rata
|
nilai
|
||
keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
||||
Keterangan :
80% - 100 % :
Baik Sekali (BS)
70% - 79 % :
Baik (B)
60% - 69% :
Cukup (C)
<60% : Kurang (K)
B.
Penilaian
Hasil
Teknik : tes
Bentuk : Essay
Jawablah dengan benar pertanyaan dibawah
ini!
1. Lengkapi
kalimat dibawah ini dengan kata yang tepat.
Aku senang melihat bintang
Cahaya bintang sangat indah
Bintang terlihat pada hari
Langit menjadi indah
karena bintang
2.
Benda langit yang terlihat pada malam hari
adalah . . . dan . . .
C. Kunci jawaban dan Pengskoran
no
|
Kunci
Jawaban
|
skor
|
1.
|
Malam
|
10
|
2.
|
Bintang dan
Bulan
|
20
|
3.
|
12 + 10 = 22
|
30
|
Skor
total
|
50
|
D. Nilai Akhir (NA)
Lampiran
1 : Materi
Bahasa
Indonesia
Kalimat
sederhana tentang bintang :
Aku
senang melihat bintang
Cahaya
bintang sangat indah
Bintang
selalu menghiasi langit
Langit
menjadi indah karena bintang
Matematika
1.
Penjumlahan dua angka
Lampiran
2 : LKK
Kelompok :
Anggota :
A.
Tujuan
Melakukan
penjumlahan dua angka
B.
Langkah-langkah kerja
1. Perhatikan
masing-masing jumlah bintang yang diambil oleh temanmu !
2. Tulislah
nama temanmu pada table yang telah disediakan!
3. Gambarlah
bintang berdasarkan jumlah yang diambil oleh masing-masing temanmu di dalam
tabel dan tulis angkanya!
4. Jumlahkanlah
bintang tersebut!
Nama :
|
Nama :
|
hasil
|
|
gambar
|
|||
angka
|
Bintangnya banyakan ya ini contoh aja wkwkw | ||||||||||||||
apa yang kamu lihat di langit
wah ada cahaya terang
cahaya itu berasal dari matahari
matahari termasuk benda langit
ada gumpalan putih di langit
ada juga gumpalan abu abu
gumpalan itu adalah awan
tapi awan bukan termasuk benda langit
awan berasal dari kumpulan uap air
uap air itu berasal dari bumi
jadi awan bukan termasuk benda langit
malam hari yang cerah
langit hitam bertaburan bintang bersinar
tampak pula benda terang
itulah bulan yang berbentuk bundar
bintang termasuk benda langit
bintang seperti matahari
bintang mengeluarkan cahaya sendiri
bulan juga termasuk benda langit
tapi bulan sebenarnya tidak
bercahaya
cahayanya dari pantulan sinar matahari
bulan nampak bundar utuh
bulan itu bulan purnama.
pancaran sinar matahari bisa tertutupi
bumi
maka bulan pun nampak sebagian
bagian yang nampak itu yang terkena
sinar
bulan nampak seperti sabit
bulan itu disebut bulan sabit.
No comments:
Post a Comment