RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa
Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan gambar gambar/benda konkret
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
SBDP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi peristiwa siang dan malam (cuaca cerah
dan hujan) secara lisan
¡ Mengelompokkan kosakata tentang peristiwa siang dan
malam (cuaca hujan dan cuaca cerah)
Matematika
¡ Mengenal pola bilangan
¡ Melengkapi pola bilangan
¡ Membuat pola bilangan
SBDP
¡ Membedakan warna cerah dan tidak cerah
¡ Mewarnai gambar menggunakan warna cerah dan tidak cerah
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengenal Cuaca Hujan, Berawan, Mendung, Dan Cerah
¡ Membaca Cerita Mengenai Cuaca Cerah pada Siang dan Malam
Hari
¡ Mengenal Pola Bilangan 50-75
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Siswa bersama
guru bernyanyi lagu Tik-Tik Bunyi Hujan
ciptaan Ibu Sud.
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang cuaca. Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu
tertentu. Indonesia adalah negara yang memiliki dua
musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Indonesia memiliki empat cuaca, yaitu
cuaca cerah, cuaca berawan, cuaca mendung dan cuaca hujan. Cuaca cerah adalah cuaca saat langit terang dan matahari
bersinar tidak terlalu panas. Cuaca berawan adalah saat di langit banyak awan
dan angin bertiup. Cuaca mendung adalah saat langit berawan hitam dan
angin bertiup lebih kencang. Cuaca hujan adalah saat hujan
turun dan matahari hampir tidak bersinar. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati puisi cuaca cerah
dan cuaca hujan yang tertera di buku siswa.
¡
Siswa menyimak guru membaca puisi
dengan intonasi yang benar.
¡
Siswa secara bersamaan membaca
puisi. (Mengasosiasi)
¡
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. (Mengekplorasi)
¡
Setiap kelompok membaca puisi secara
bergantian.
¡
Siswa secara berkelompok berdiskusi
mengenai perbedaan kedua puisi tersebut serta menjawab pertanyaan di buku siswa.
¡
Setiap kelompok diminta
maju ke depan kelas untuk menceritakan hasil diskusinya mengenai ciri-ciri
cuaca cerah dan cuaca hujan. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa diajak bermain menebak kata
mengenai cuaca cerah dan hujan.
¡
Guru menyiapkan empat lingkaran yang
dibuat di halaman sekolah. Keempat lingkaran tersebut dibuat berseberangan. Dua
lingkaran masing-masing bertuliskan hujan dan cerah. Sementara dua lingkaran
di seberangnya masing masing berisi 10 kartu dengan warna berbeda (merah dan
biru). Setiap kartu bertuliskan 1 kata yang berhubungan dengan cuaca cerah
dan cuaca hujan (misalkan basah, hangat, langit terang, angin sepoi, angin
kencang, dingin, jas hujan, payung, hujan, langit gelap, langit biru, dan
lain lain). (Mengekplorasi)
¡
Setiap kelompok diminta menentukan
urutan pemain pertama, kedua, dan seterusnya.
¡
Pemain pertama dari kelompok pertama
dan kelompok kedua akan mengambil satu kartu kata dan berlari ke lingkaran di
seberangnya serta meletakkan kartu kata tersebut sesuai dengan cuaca yang
cocok (misalkan meletakkan kartu kata basah di lingkaran hujan).
¡
Kegiatan yang sama dilakukan pemain
kedua, ketiga, dan seterusnya pada kelompok satu dan dua.
¡
Jika kelompok pertama dan kedua
telah selesai, permainan dilanjutkan untuk kelompok ketiga dan keempat.
¡
Selama menunggu giliran bermain,
siswa lainnya dengan tertib menunggu sambil memberikan semangat kepada temannya
yang sedang bermain. (Mengasosiasi)
¡
Guru melakukan perhitungan skor.
Perhitungan skor ditentukan dengan banyaknya kartu kata yang tepat diletakkan
sesuai lingkaran. Pemain yang tepat meletakkan kartu kata akan mendapatkan
skor 5.
¡
Kelompok dengan skor tertinggi adalah pemenangnya. Guru
mengumumkan pemenang permainan.
¡
Siswa bersama guru menutup kegiatan dengan menyampaikan rasa
syukur bahwa Tuhan telah menciptakan bumi lengkap dengan cuaca cerah dan
hujan sehingga makhluk hidup dapat nyaman tinggal di bumi dan manusia dapat
melakukan banyak aktivitas. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Kegiatan diawali dengan menjawab pertanyaan
guru. (Menanya)
- Bagaimana perasaanmu saat cuaca cerah?
- Apa
yang kamu lakukan saat malam cerah?
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
bahwa saat siang hari cuaca cerah langit berwarna biru, angin bertiup pelan, dan
sinar matahari terasa hangat. Kita dapat mengamati burung-burung terbang.
Sementara pada malam hari yang cerah, kita dapat memandang ke langit yang
bertaburan bintang. Bintang-bintang terlihat sangat indah dan udara malam pun
sejuk. (Mengamati)
¡
Siswa diminta membaca dua paragraf
cerita pendek tentang cuaca cerah pada siang hari dan cuaca cerah pada malam
hari yang ada pada buku siswa.
¡
Siswa menuliskan perbedaan dari
kedua paragraf tersebut di buku siswa.
(Mengekplorasi)
¡
Jawaban diarahkan untuk menemukan
perbedaan warna pada kedua cerita pendek tersebut.
¡
Siswa diminta mengamati dua gambar
di buku siswa.
¡
Siswa mewarnai kedua gambar dengan
warna yang sesuai. Warna-warna cerah digunakan untuk gambar suasana siang dan warna-warna tidak cerah digunakan untuk gambar suasana
malam. (Mengasosiasi)
¡
Setelah mewarnai, siswa diminta
mengamati pola bilangan dalam bentuk gambar. Siswa menghitung dan melengkapi pola
bilangan. (Mengamati)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa pola bilangan dapat
dilengkapi dengan cara melakukan penjumlahan bilangan dua. Contoh:
2 + 2 = 4
4 + 2 = 6
6 + 2 = 8
atau
1 + 2 = 3
3 + 2 = 5
5 + 2 = 7
¡
Siswa melengkapi pola bilangan dengan kisaran bilangan 50
sampai 75. Guru dapat memberikan arahan. Jika siswa belum
selesai, latihan dapat dilanjutkan di rumah.
(Mengasosiasi)
¡
Siswa membuat pola bilangan dengan
menyusun gambar benda-benda langit.
¡
Siswa dan guru menutup kegiatan
dengan rasa syukur atas karunia Tuhan. Cuaca cerah dan cuaca hujan adalah karunia
Tuhan. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Cerita pendek
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Unjuk kerja mengelompokkan kata
Rubrik Penilaian Kegiatan Mengelompokkan Kata
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
1
|
Kemampuan mengelompokkan kata
|
Mengelompokkan 10 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 8-9 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 6-7 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 5 kata atau kurang
dengan tepat
|
2
|
Kerja sama kelompok
|
Seluruh anggota kelompok terlihat
aktif dan saling mendukung
|
Setengah atau lebih anggota kelompok
terlihat aktif dan saling mendukung
|
Setengah atau kurang anggota
kelompok terlihat aktif dan saling mendukung
|
Seluruh anggota kelompok terlihat
pasif
|
3. Unjuk kerja mewarnai
Rubrik Penilaian Kegiatan Mewarnai
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
1
|
Kemampuan mewarnai
|
Memenuhi empat aspek (teknik
penarikan garis warna searah, warna menutupi seluruh objek gambar, menunjukkan
kemampuan gradasi warna, dan hasil kerja rapi)
|
Hanya memenuhi tiga dari empat aspek
|
Hanya memenuhi dua dari empat aspek
|
Hanya memenuhi satu aspek
|
2
|
Ketepatan waktu menyelesaikan
kegiatan mewarnai
|
Lebih cepat dari waktu yang
disediakan
|
Tepat waktu
|
Terlambat maksimal lima menit
|
Terlambat lebih dari lima menit
|
No comments:
Post a Comment