RPP K13 SD KELAS 2 SEMESTER 1 TEMA 1 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN KE 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

Sekolah                             : SD Negeri
Kelas/Semester                : 1I / I
Tema/Subtema                 : 1 Hidup Rukun /3 Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran ke-             : 1
Alokasi Waktu                 : 5x 35 menit (1 kali pertemuan)

A.     Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan mennanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan, dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindkan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
3.1.1 Menyebutkan kalimat perintah dalam teks percakapan.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak
dengan bahasa yang santun.
4.1.1 Memperagakan kalimat perintah yang di dengar hari ini.

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengenal karya imajinatif dua
dan tiga dimensi.
3.1.1 Menyebutkan alat yang digunakan untuk menggambar.
4.1 Membuat karya imajinatif dua
dan tiga dimensi.
4.1.1 Menggambar peralatan yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan di sekolah.

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan.
3.3.1 Menghitung penjumlahan bilangan sampai dengan 999 dengan teknik menyimpan.
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.3.1 Melakukan penjumlahan bilangan dengan teknik menyimpan menggunakan benda konkret (sedotan).

C.     Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan mengamati percakapan , peserta didik dapat menyebutkan kalimat perintah yang terdapat dalam percakapan dengan teliti.
2.         Dengan bimbingan guru, peserta didik dapat mengungkapkan kalimat perintah yang didengar hari ini dengan percaya diri.
3.         Dengan tanya jawab, peserta didik dapat menyebutkan alat yang digunakan untuk menggambar imajinatif dua dimensi dengan benar.
4.         Dengan bimbingan guru, peserta didik dapat menggambar alat yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan di sekolah dengan baik.
5.         Dengan menggunakan media konkrit (sedotan), peserta didik dapat menghitung penjumlahan bilangan 100 sampai 999  dengan teknik menyimpan dengan tepat.
6.         Dengan mengerjakan LKS, peserta didik dapat menghitung penjumlahan bilangan 100 sampai 999 dengan teknik menyimpan  menggunakan cara panjang dengan teliti.
7.         Dengan mengerjakan LKS, peserta didik dapat menghitung penjumlahan bilangan 100 sampai 999 dengan teknik menyimpan menggunakan  cara pendek dengan teliti.

D.     Tujuan Latihan
1.      Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
2.      Keterampilan Bertanya Dasar
3.      Keterampilan Memberi Penguatan

E.     Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia  : Kalimat Perintah
SBdP                     : Gambar Imajinatif
Matematika           : Penjumlahan dengan teknik menyimpan
(Terlampir)

F.      Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan           : Saintifik
Metode                 : Tanya Jawab, Penugasan, Ceramah
Model                   : Make a match

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.          Salam dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
2.          Berdoa.
3.          Mengecek kehadiran peserta didik.
4.          Apersepsi
Peserta didik diberikan gambar berdasarkan subtema : “Anak-anak coba perhatikan gambar didepan.” ”Ibu akan membacakan cerita berdasarkan gambar dididepan.”, peserta didik diberi pertanyaan berdasarkan cerita, jawaban dituliskan dikertas yang telah dibagikan. Peserta didik diminta untuk menanyakan pertanyaan yang sama ke temannya. “nah, yang kalian sebutkan tadi merupakan contoh sikap hidup rukun di sekolah”
5.         Menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
6.         Menyampaikan informasi tentang kegiatan dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan : (Guru: “Hari ini kita akan membaca teks percakapan, kemudian kalian akan menyebutkan kalimat perintah yang terdapat dalam teks percakapan. Lalu kita akan bermain mencari pasangan, nanti akan ibu jelaskan cara bermainnya. Kemudian nanti kalian akan memasangkan alat gambar dengan hasil gambarnya, lalu kalian akan menggambar alat yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan di sekolah. Dan nanti kita akan menghitung jumlah siswa di sekolah”.
Tujuan pembelajaran kita hari ini adalah agar anak-anak dapat menyebutkan kalimat perintah dalam teks percakapan dan dapat memperagakan kalimat perintah dengan percaya diri. Kalian juga dapat memasangkan alat gambar dengan hasil gambarnya, kemudian kalian dapat menghitung jumlah siswa yang ada di sekolah.”)
15 menit
Kegiatan inti

1.        Peserta didik diminta mengamati gambar percakapan yang ada di buku siswa.
2.        Peseta didik diminta untuk  memperagakan percakapan tersebut.
3.        Peserta didik menyebutkan kalimat dalam teks percakapan yang merupakan kalimat perintah.
(Guru: “Nah, dalam percakapan tadi apakah terdapat kalimat perintah? Coba kalian sebutkan kalimat perintah yang ada dalam percakapan tadi”?)
4.        Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang kalimat perintah.
(Guru: “kalimat perintah merupakan kalimat yang isinya meminta orang lain untuk melakukan sesuatu yang kita kehendaki. Kalimat perintah menggunakan akhiran tanda seru”)
5.        Salah satu peserta didik diminta untuk menuliskan tanda seru dipapan tulis.
6.        Peserta didik diminta menuliskan kalimat perintah yang telah didengarnya hari ini.
7.        Peserta didik memperagakan kalimat perintah yang telah didengarnya hari ini.
8.        Peserta didik ditugaskan untuk melengkapi kalimat agar menjadi kalimat perintah dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match, dengan langkah-langkah:
a.       Peserta didik dibagi menjadi dua kelompok, kelompok tersebut dinamai kelompok A dan B.
b.      Kelompok A diberikan lembar kertas yang berisi kalimat yang harus dilengkapi agar menjadi kalimat perintah.
c.       Kelompok B di berikan lembar kertas yang berisi kosa kata yang harus diisikan ke dalam kalimat agar menjadi kalimat perintah.
d.      Peserta didik mendengarkan pejelasan guru bahwa kedua kelompok diharuskan saling mencari pasangan masing-masing.
e.       Setelah aba-aba dari guru, peserta didik diberikan waktu 5 menit untuk saling mencari pasangan.
9.        Peserta didik diminta membacakan hasil dari mencari pasangan yang mereka lakukan.
10.    Peserta didik mengamati gambar peralatan yang digunakan untuk menggambar dan bertanya jawab tentang gambar alat untuk menggambar.
(Guru: “Nah, anak-anak, coba kalian amati gambar di depan. Benda apakah yang ibu tunjukkan ini? Alat tersebut biasanya digunakan untuk apa ?”).
11.    Peserta didik maju ke depan kelas untuk memasangkan alat gambar dengan hasil gambarnya.  
12.    Peserta didik dibimbing untuk menggambar peralatan yang digunakan untuk melakukan salah satu kegiatan sekolah menggunakan salah satu alat gambar.
13.    Peserta didik diberikan pengantar tentang jumlah siswa yang ada di sekolah.
(Guru: “Nah, anak-anak, apakah kalian tahu jumlah siswa perempuan dan laki-laki yang ada di sekolah kita? Siswa laki-laki berjumlah 125 orang, lalu siswa perempuan berjumlah 117 orang. Nah jika dijumlahkan berapa semuanya?”)
14.  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang cara menghitung jumlah seluruh siswa di sekolah.
(Guru: “Tahukah kalian bagaimana cara menghitung jumlah semua siswa di sekolah ? Ya, dengan cara menjumlahkannya.”)
15.  Peserta didik mengamati kumpulan sedotan yang menyatakan banyak siswa laki-laki dan perempuan.
(Guru: “Coba kalian lihat apa yang ibu bawa ini”
Peserta didik: “Sedotan, Bu”
Guru:”Kira-kira untuk apa ya ibu membawa sedotan ini?”
Peserta didik menjawab dengan jawaban bervariasi
Guru: “Nah, ibu membawa sedotan ini untuk menghitung jumlah siswa yang ada di sekolah.”)
16.    Peserta didik mengerjakan soal tersebut dengan menggunakan sedotan di depan kelas.
17.    Peserta didik menuliskan cara menjumlahkan dengan cara panjang didepan kelas.
18.    Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang cara penjumlahan dengan cara pendek.
19.     Peserta didik kembali dibagi dalam dua kelompok besar yaitu kelompok
soal dan jawaban.
20.      Kelompok soal diberikan soal penjumlahan dan diberikan waktu 5 menit untuk menjawab soal tersebut. Kelompok jawaban diberikan sedotan dan diberi waktu 5 menit untuk mengihitung sedotan tersebut berdasarkan bilangan ratusan, puluhan dan satuannya
21.    Setelah waktu habis, kelompok soal dan jawaban yang sudah selesai mencari jawaban ditugaskan untuk mencari pasangannya.
22.    Peserta didik yang telah menemukan pasangannya menuliskan soal beserta jawabannya di papan tulis.
23.    Peserta didik yang menjawab benar diberi reward oleh guru.
24.     Peserta didik menyelesaikan soal yang terdapat di LKS.
145 menit
Penutup

1.          Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:                                   
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? Bagaimana perasaan kalian setelah belajar?”
2.          Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.          Evaluasi
4.          Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
(Guru : “Anak-anak, besok kita akan belajar tentang pengamalan sila pertama sampai sila ketiga Pancasila, dan akan melanjutkan pembelajaran kita hari ini tentang kalimat perintah”)
5.          Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas.
6.          Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
15 menit

H.    Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Teknik                    : Observasi
Instrumen               : Format PenilaianSikap (Jurnal)
a.       PenilaianSikap KI 1 (spiritual)
Nama
Aspek yang dinilai
Berperilaku Syukur
Berdoa Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Toleransi dalam Beribadah






















Keterangan diisi predikat dengan ketentuan sebagai berikut:
Predikat
Berperilaku Syukur
Berdoa Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Toleransi dalam Kegiatan
SM (Sudah Membudaya)
3
3
3
MT (Mulai Terlihat)
2
2
2
PB (Perlu Bimbingan)
1
1
1

b.      PenilaianSikap KI 2 (sosial)
Nama

Aspek yang dinilai
Percaya Diri
Kerjasama
















Keterangan diisi predikat dengan ketentuan sebagai berikut:
Predikat
Percaya Diri
Kerjasama
SM (Sudah Membudaya)
3
3
MT (Mulai Terlihat)
2
2
PB (Perlu Bimbingan)
1
1

2.      Penilaian Pengetahuan
Teknik           : Tes tertulis
 Instrumen     : Isian
1.      Perhatikan percakapan di bawah ini!
Berilah tanda centang (√) pada kalimat yang merupakan kalimat perintah, dan tanda silang (X) pada kalimat yang bukan merupakan kalimat perintah !
Kembalikan buku ini tepat pada waktunya, ya !
Satu minggu lagi. Letakkan di rak tempat kamu mengambilnya, ya!
Kapan saya harus mengembalikannya, Bu ?
 











2.      Perhatikan gambar!
Berilah tanda centang (√) pada benda yang merupakan alat untuk menggambar, dan tanda silang (X) pada benda yang bukan merupakan alat untuk menggambar!


3.      Tentukan hasil penjumlahan berikut ini dengan menggunakan cara panjang !

243      = ...... +...... + ......
171      = ...... +...... + ......   +
            = ...... +...... + ......
            = ...... +...... + ...... + ......
            = ...... +...... + ......
            = ......

138      = ...... +...... + ......
245      = ...... +...... + ...... +
            = ...... +...... + ......
            = ...... +...... + ...... + ......           
= ...... +...... + ......
            = ......

 

                   a)                                                              b)
 





4.      Tentukan hasil penjumlahan berikut dengan menggunakan cara pendek !
3 7 5
2 4 1  +

4 3 5
2 7 5  +

 

a)                                    b)




Kunci jawaban :
1. 






                        Pedoman Penskoran
No
Skor Maksimal
Kriteria
1
25
Benar semua = 25
Benar 2 = 15
Benar 1 = 5
Tidak menjawab = 0
2
25
Benar semua = 25
Benar 4 = 20
Benar 3 = 15
Benar 2 = 10
Benar 1 = 5
Tidak menjawab = 0
3
30
Setiap langkah memiliki skor 3, jika kedua soal langkah pertama hingga kelima semua benar maka skor 30.
4
20
Jika menjawab benar semua langkah= 10 setiap soal
Jika menjawab benar langkah pertama dan kedua = 6 setiap soal
Jika hanya langkah pertama yang benar= 3 setiap soal
Jika semua langkah salah = 1
Jika tidak menjawab = 0
Skor Penilaian:100

 



3.      Penilaian Keterampilan
Teknik                             : Praktik
Instrumen                       : Rubrik penilaian


Unjuk kerja memperagakan kalimat perintah
No
Nama Peserta Didik
Aspek : Kalimat perintah diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
Semua kalimat perintah diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru
Baik Sekali
(4)
Ada beberapa kalimat perintah yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru
Baik
(3)
Ada beberapa kalimat perintah yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru
Cukup
(2)
Belum ada kalimat perintah yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru
Perlu Pendampingan
(1)



















Rubrik penilaian menggambar imajinatif

No
Nama Peserta Didik
Aspek : Alat yang digunakan
Semua alat  yang digunakan benar, tanpa bantuan guru
Baik Sekali
(4)
Ada alat yang digunakan belum benar, tanpa bantuan guru
Baik
(3)
Ada alat yang digunakan belum benar, dengan bantuan guru
Cukup
(2)
Semua alat  yang digunakan belum benar, dengan bantuan guru
Perlu Pendampingan
(1)




















No
Nama Peserta Didik
Aspek : Komposisi bentuk gambar
Komposisi gambar sanat seimbang antara kanan dan kiri, atas dan bawah
Baik Sekali
(4)
Komposisi gambar seimbang antara kanan dan kiri, atas dan bawah
Baik
(3)
Komposisi gambar kurang seimbang Cukup
(2)
Komposisi gambar tidak seimbang
Perlu Pendampingan
(1)


























No
Nama Peserta Didik
Aspek : Warna gambar
Sangat variatif dan sangat sesuai
Baik Sekali
(4)
Komposisi gambar seimbang antara kanan dan kiri, atas dan bawah
Baik
(3)
Komposisi gambar kurang seimbang Cukup
(2)
Komposisi gambar tidak seimbang
Perlu Pendampingan
(1)



















I.       Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat            :
1.    Buku Siswa SD/MI Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”
2.    Teks percakapan
3.    Gambar alat untuk menggambar
4.    Sedotan warna warni
5.    Kantong bilangan
6.    Reward (permen)

Bahan                : -
Sumber Belajar :
Irene Maria Juli Astuti. Buku Guru Kelas 2 , Tema 1: Hidup Rukun. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.(Hal. 88—94)

Irene Maria Juli Astuti. Buku Siswa Kelas 2 , Tema 1: Hidup Rukun. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.(Hal. 97—105)








































No comments:

Post a Comment