RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]
Sekolah : SD Negeri
Kelas/Semester :
1I / I
Tema/Subtema :
1 Hidup Rukun /3 Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran
ke- :
1
Alokasi
Waktu :
5x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
mennanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan,
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindkan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita
atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
3.1.1 Menyebutkan kalimat perintah dalam teks
percakapan.
|
4.1
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak
dengan bahasa yang santun. |
4.1.1 Memperagakan kalimat perintah yang di dengar
hari ini.
|
SBdP
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1
Mengenal karya imajinatif dua
dan tiga dimensi. |
3.1.1 Menyebutkan alat yang digunakan untuk
menggambar.
|
4.1
Membuat karya imajinatif dua
dan tiga dimensi. |
4.1.1 Menggambar
peralatan yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan di sekolah.
|
Matematika
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. |
3.3.1 Menghitung penjumlahan
bilangan sampai dengan 999 dengan teknik menyimpan.
|
4.3
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. |
4.3.1 Melakukan penjumlahan
bilangan dengan teknik menyimpan menggunakan benda konkret (sedotan).
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
mengamati percakapan , peserta didik dapat menyebutkan kalimat perintah yang
terdapat dalam percakapan dengan teliti.
2.
Dengan
bimbingan guru, peserta didik dapat mengungkapkan kalimat perintah yang
didengar hari ini dengan percaya diri.
3.
Dengan
tanya jawab, peserta didik dapat menyebutkan alat yang digunakan untuk
menggambar imajinatif dua dimensi dengan benar.
4.
Dengan
bimbingan guru, peserta didik dapat menggambar alat yang digunakan untuk
melakukan suatu kegiatan di sekolah dengan baik.
5.
Dengan
menggunakan media konkrit (sedotan), peserta didik dapat menghitung penjumlahan
bilangan 100 sampai 999 dengan teknik
menyimpan dengan tepat.
6.
Dengan
mengerjakan LKS, peserta didik dapat menghitung penjumlahan bilangan 100 sampai
999 dengan teknik menyimpan menggunakan
cara panjang dengan teliti.
7.
Dengan
mengerjakan LKS, peserta didik dapat menghitung penjumlahan bilangan 100 sampai
999 dengan teknik menyimpan menggunakan
cara pendek dengan teliti.
D.
Tujuan Latihan
1.
Keterampilan
Membuka dan Menutup Pelajaran
2.
Keterampilan
Bertanya Dasar
3.
Keterampilan
Memberi Penguatan
E.
Materi Pembelajaran
Bahasa
Indonesia : Kalimat Perintah
SBdP :
Gambar Imajinatif
Matematika : Penjumlahan dengan teknik menyimpan
(Terlampir)
F. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Tanya Jawab, Penugasan,
Ceramah
Model : Make a match
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam dan mengondisikan kelas agar siap untuk
belajar.
2.
Berdoa.
3.
Mengecek
kehadiran peserta didik.
4.
Apersepsi
Peserta didik diberikan gambar berdasarkan subtema : “Anak-anak coba
perhatikan gambar didepan.” ”Ibu akan membacakan cerita berdasarkan gambar
dididepan.”, peserta didik diberi pertanyaan berdasarkan cerita, jawaban
dituliskan dikertas yang telah dibagikan. Peserta didik diminta untuk
menanyakan pertanyaan yang sama ke temannya. “nah, yang kalian sebutkan tadi
merupakan contoh sikap hidup rukun di sekolah”
5.
Menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
6.
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan : (Guru:
“Hari ini kita akan membaca teks percakapan, kemudian kalian akan menyebutkan
kalimat perintah yang terdapat dalam teks percakapan. Lalu kita akan bermain
mencari pasangan, nanti akan ibu jelaskan cara bermainnya. Kemudian nanti
kalian akan memasangkan alat gambar dengan hasil gambarnya, lalu kalian akan
menggambar alat yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan di sekolah. Dan
nanti kita akan menghitung jumlah siswa di sekolah”.
Tujuan pembelajaran
kita hari ini adalah agar anak-anak dapat menyebutkan kalimat perintah dalam
teks percakapan dan dapat memperagakan kalimat perintah dengan percaya diri.
Kalian juga dapat memasangkan alat gambar dengan hasil gambarnya, kemudian
kalian dapat menghitung jumlah siswa yang ada di sekolah.”)
|
15 menit
|
Kegiatan
inti
|
1.
Peserta
didik diminta mengamati gambar percakapan yang ada di buku siswa.
2.
Peseta
didik diminta untuk memperagakan
percakapan tersebut.
3.
Peserta didik menyebutkan
kalimat dalam teks percakapan yang merupakan kalimat perintah.
(Guru:
“Nah, dalam percakapan tadi apakah terdapat kalimat perintah? Coba kalian
sebutkan kalimat perintah yang ada dalam percakapan tadi”?)
4.
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang kalimat perintah.
(Guru:
“kalimat perintah merupakan kalimat yang isinya meminta orang lain untuk
melakukan sesuatu yang kita kehendaki. Kalimat perintah menggunakan akhiran
tanda seru”)
5.
Salah
satu peserta didik diminta untuk menuliskan tanda seru dipapan tulis.
6.
Peserta
didik diminta menuliskan kalimat perintah yang telah didengarnya hari ini.
7.
Peserta didik memperagakan
kalimat perintah yang telah didengarnya hari ini.
8.
Peserta
didik ditugaskan untuk melengkapi kalimat agar menjadi kalimat perintah
dengan menggunakan model kooperatif tipe make
a match, dengan langkah-langkah:
a.
Peserta
didik dibagi menjadi dua kelompok, kelompok tersebut dinamai kelompok A dan
B.
b.
Kelompok
A diberikan lembar kertas yang berisi kalimat yang harus dilengkapi agar
menjadi kalimat perintah.
c.
Kelompok
B di berikan lembar kertas yang berisi kosa kata yang harus diisikan ke dalam
kalimat agar menjadi kalimat perintah.
d.
Peserta
didik mendengarkan pejelasan guru bahwa kedua kelompok diharuskan saling
mencari pasangan masing-masing.
e.
Setelah
aba-aba dari guru, peserta didik diberikan waktu 5 menit untuk saling mencari
pasangan.
9.
Peserta
didik diminta membacakan hasil dari mencari pasangan yang mereka lakukan.
10. Peserta didik mengamati gambar peralatan yang digunakan
untuk menggambar dan bertanya jawab tentang gambar alat untuk menggambar.
(Guru:
“Nah, anak-anak, coba kalian amati gambar di depan. Benda apakah yang ibu
tunjukkan ini? Alat tersebut biasanya digunakan untuk apa ?”).
11. Peserta didik maju ke depan kelas
untuk memasangkan alat gambar dengan hasil gambarnya.
12. Peserta didik dibimbing untuk menggambar
peralatan yang digunakan untuk melakukan salah satu kegiatan sekolah
menggunakan salah satu alat gambar.
13. Peserta didik diberikan pengantar
tentang jumlah siswa yang ada di sekolah.
(Guru:
“Nah, anak-anak, apakah kalian tahu jumlah siswa perempuan dan laki-laki yang
ada di sekolah kita? Siswa laki-laki berjumlah 125 orang, lalu siswa
perempuan berjumlah 117 orang. Nah jika dijumlahkan berapa semuanya?”)
14. Peserta didik dan guru bertanya
jawab tentang cara menghitung jumlah seluruh siswa di sekolah.
(Guru:
“Tahukah kalian bagaimana cara menghitung jumlah semua siswa di sekolah ? Ya,
dengan cara menjumlahkannya.”)
15. Peserta didik mengamati kumpulan
sedotan yang menyatakan banyak siswa laki-laki dan perempuan.
(Guru:
“Coba kalian lihat apa yang ibu bawa ini”
Peserta
didik: “Sedotan, Bu”
Guru:”Kira-kira
untuk apa ya ibu membawa sedotan ini?”
Peserta
didik menjawab dengan jawaban bervariasi
Guru:
“Nah, ibu membawa sedotan ini untuk menghitung jumlah siswa yang ada di
sekolah.”)
16. Peserta didik mengerjakan soal
tersebut dengan menggunakan sedotan di depan kelas.
17. Peserta didik menuliskan cara
menjumlahkan dengan cara panjang didepan kelas.
18. Peserta didik mendengarkan penjelasan
guru tentang cara penjumlahan dengan cara pendek.
19.
Peserta
didik kembali dibagi dalam dua kelompok besar yaitu kelompok
soal dan jawaban.
20. Kelompok soal diberikan soal
penjumlahan dan diberikan waktu 5 menit untuk menjawab soal tersebut.
Kelompok jawaban diberikan sedotan dan diberi waktu 5 menit untuk mengihitung
sedotan tersebut berdasarkan bilangan ratusan, puluhan dan satuannya
21. Setelah waktu habis, kelompok
soal dan jawaban yang sudah selesai mencari jawaban ditugaskan untuk mencari
pasangannya.
22. Peserta didik yang telah
menemukan pasangannya menuliskan soal beserta jawabannya di papan tulis.
23. Peserta didik yang menjawab benar
diberi reward oleh guru.
24.
Peserta
didik menyelesaikan soal yang terdapat di LKS.
|
145
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah
berlangsung:
“Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
Bagaimana perasaan kalian setelah belajar?”
2.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Evaluasi
4.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya.
(Guru
: “Anak-anak, besok kita akan belajar tentang pengamalan sila pertama sampai
sila ketiga Pancasila, dan akan melanjutkan pembelajaran kita hari ini
tentang kalimat perintah”)
5.
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas.
6.
Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
15
menit
|
H. Penilaian
1.
Penilaian Sikap
Teknik : Observasi
Instrumen : Format PenilaianSikap (Jurnal)
a. PenilaianSikap KI 1 (spiritual)
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
|||||
Berperilaku Syukur
|
Berdoa Sebelum dan Sesudah Kegiatan
|
Toleransi dalam Beribadah
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan diisi predikat
dengan ketentuan sebagai berikut:
Predikat
|
Berperilaku
Syukur
|
Berdoa
Sebelum dan Sesudah Kegiatan
|
Toleransi
dalam Kegiatan
|
SM (Sudah Membudaya)
|
3
|
3
|
3
|
MT (Mulai Terlihat)
|
2
|
2
|
2
|
PB (Perlu Bimbingan)
|
1
|
1
|
1
|
b. PenilaianSikap KI 2 (sosial)
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
|||
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan diisi predikat
dengan ketentuan sebagai berikut:
Predikat
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
SM (Sudah Membudaya)
|
3
|
3
|
MT (Mulai Terlihat)
|
2
|
2
|
PB (Perlu Bimbingan)
|
1
|
1
|
2.
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tertulis
Instrumen :
Isian
1.
Perhatikan
percakapan di bawah ini!
Berilah tanda centang (√) pada kalimat
yang merupakan kalimat perintah, dan tanda silang (X) pada kalimat yang bukan
merupakan kalimat perintah !
Kembalikan buku ini tepat pada waktunya, ya !
|
Satu minggu lagi. Letakkan di rak tempat kamu mengambilnya,
ya!
|
Kapan saya harus mengembalikannya, Bu ?
|
2.
Perhatikan
gambar!
Berilah tanda centang (√) pada benda yang
merupakan alat untuk menggambar, dan tanda silang (X) pada benda yang bukan
merupakan alat untuk menggambar!
3.
Tentukan
hasil penjumlahan berikut ini dengan menggunakan cara panjang !
243 = ...... +...... + ......
171 = ...... +...... + ...... +
= ...... +...... + ......
= ...... +...... + ...... +
......
= ...... +...... + ......
= ......
|
138 = ...... +...... + ......
245 = ...... +...... + ...... +
= ...... +...... + ......
= ...... +...... + ...... +
......
=
...... +...... + ......
= ......
|
a) b)
4.
Tentukan
hasil penjumlahan berikut dengan menggunakan cara pendek !
3 7 5
2 4
1 +
|
4 3 5
2 7
5 +
|
a) b)
Kunci jawaban :
1.
Pedoman Penskoran
No
|
Skor
Maksimal
|
Kriteria
|
1
|
25
|
Benar
semua = 25
Benar
2 = 15
Benar
1 = 5
Tidak
menjawab = 0
|
2
|
25
|
Benar
semua = 25
Benar
4 = 20
Benar
3 = 15
Benar
2 = 10
Benar
1 = 5
Tidak
menjawab = 0
|
3
|
30
|
Setiap
langkah memiliki skor 3, jika kedua soal langkah pertama hingga kelima semua
benar maka skor 30.
|
4
|
20
|
Jika
menjawab benar semua langkah= 10 setiap soal
Jika
menjawab benar langkah pertama dan kedua = 6 setiap soal
Jika
hanya langkah pertama yang benar= 3 setiap soal
Jika
semua langkah salah = 1
Jika
tidak menjawab = 0
|
Skor Penilaian:100
|
3.
Penilaian Keterampilan
Teknik : Praktik
Instrumen : Rubrik penilaian
Unjuk kerja memperagakan kalimat
perintah
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Kalimat perintah diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
|
|||
Semua kalimat perintah
diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru
Baik Sekali
(4)
|
Ada beberapa kalimat
perintah yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru
Baik
(3)
|
Ada beberapa kalimat
perintah yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru
Cukup
(2)
|
Belum ada kalimat
perintah yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian menggambar imajinatif
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Alat yang digunakan
|
|||
Semua alat yang digunakan benar, tanpa bantuan guru
Baik Sekali
(4)
|
Ada
alat yang digunakan belum benar, tanpa bantuan guru
Baik
(3)
|
Ada
alat yang digunakan belum benar, dengan bantuan guru
Cukup
(2)
|
Semua
alat yang digunakan belum benar,
dengan bantuan guru
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek : Komposisi
bentuk gambar
|
|||
Komposisi gambar sanat
seimbang antara kanan dan kiri, atas dan bawah
Baik Sekali
(4)
|
Komposisi
gambar seimbang antara kanan dan kiri, atas dan bawah
Baik
(3)
|
Komposisi
gambar kurang seimbang Cukup
(2)
|
Komposisi
gambar tidak seimbang
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek : Warna gambar
|
|||
Sangat variatif dan
sangat sesuai
Baik Sekali
(4)
|
Komposisi
gambar seimbang antara kanan dan kiri, atas dan bawah
Baik
(3)
|
Komposisi
gambar kurang seimbang Cukup
(2)
|
Komposisi
gambar tidak seimbang
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat :
1. Buku Siswa SD/MI Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”
2. Teks percakapan
3. Gambar alat untuk menggambar
4. Sedotan warna warni
5. Kantong bilangan
6. Reward
(permen)
Bahan : -
Sumber Belajar :
Irene Maria Juli Astuti. Buku Guru Kelas 2 , Tema 1: Hidup Rukun. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan kebudayaan.(Hal. 88—94)
Irene Maria Juli Astuti. Buku Siswa Kelas 2 , Tema 1: Hidup Rukun. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan kebudayaan.(Hal. 97—105)
| |
|
|
No comments:
Post a Comment