RPP K13 SD KELAS 4 SEMESTER 1 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

Sekolah                 : SD Negeri
Kelas/Semester    : 4 / I
Tema                    : 3 Peduli Terhadap makhluk Hidup
Subtema               : 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran ke- : 1
Alokasi Waktu     : 1 x 35 menit

A.     Kompetensi Inti (KI)
KI 1
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

KI 4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang  jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
3.3.1      Menulis daftar pertanyaan tentang hewan langka.
4.3  Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
4.3.1    Membuat pertanyaan tertulis tentang hewan langka.

IPS
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1  Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
3.1.1   Menjelaskan  manfaat hewan bagi kesejahteraan masyarakat.
4.1  Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan mesyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1.1 Menuliskan hasil pemanfaatan hewan bagi kesejahteraan masyarakat.

IPA
Kompetensi Dasar
Indikator
3.8  Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
3.8.1 Menjelaskan tentang pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam.
4.8  Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
4.8.1 Membuat poster tentang menjaga kelestarian hewan.

C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan diskusi, peserta didik dapat menulis daftar pertanyaan tentang hewan langka dengan sistematis.
2.      Dengan diskusi, peserta didik dapat membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.
3.      Dengan membaca teks, peserta didik dapat menjelaskan manfaat hewan bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
4.      Dengan membaca teks, peserta didik dapat menuliskan hasil pemanfaatan hewan bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
5.      Dengan tanya jawab, peserta diidk dapat menjelaskan tentang pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dengan tepat.
6.      Dengan bimbingan guru, peserta didik dapat membuat poster tentang menjaga kelestarian hewan.

D.     Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Membuat pertanyaan tertulis wawancara

IPS
Manfaat hewan bagi masyarakat

IPA
Membuat poster tentang ajakan untuk menyayangi hewan
                                      
E.     Pendekatan dan Model Pembelajaran
Pendekatan           : Saintifik (Mengamati, menanya mengumpulkan data, menalar, mengomunikasikan)
Metode                 : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan, Ceramah

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.          Guru memberikan salam dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
2.          Berdoa.  
3.          Mengecek kehadiran peserta didik.
4.          Memeriksa kerapian peserta didik dan kebersihan kelas.
5.          Appersepsi : Guru mengingatkan kembali materi tentang  tumbuhan sebagai sumber daya alam hayati yang harus dijaga keberadaannya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari hari ini. Kemudian guru menampilkan gambar hewan langka yang ada di Kalimantan.
6.          Menyampaikan informasi tentang kegiatan dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
5 menit
Kegiatan inti

1.      Peserta didik mengamati gambar hewan langka yang ada di Kalimantan Barat.
2.      Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang hewan tersebut.
3.      Peserta didik membacakan informasi tentang hewan langka yang ada di Kalimantan Barat.
4.      Peserta didik mengamati gambar burung cendrawasih yang ditampilkan guru.
5.      Peserta didik ditugaskan untuk membuat daftar pertanyaan yang ingin diketahui dari gambar tersebut.
6.      Setelah membuat daftar pertanyaan, peserta didik ditugaskan untuk menuliskan pertanyaan mengenai hal yang ingin mereka ketahui tentang burung tersebut.
7.      Peserta didik ditugaskan untuk mendiskusikan pertanyaan yang telah di buat dengan teman sebangkunya.
8.      Peserta didik membaca teks tentang burung Cendrawasih.
9.      Setelah membaca teks, peserta didik melengkapi jawaban dari pertanyaan yang telah mereka buat.
10.  Peserta didik menjawab pertanyaan tentang burung Cendrawasih terkait materi tentang pentingnya menjaga kelestarian burung tersebut.
11.  Peserta didik membaca teks tentang kupu-kupu.
12.  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang teks tersebut.
13.  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang manfaat kupu-kupu bagi masyarakat.
14.  Peserta didik dengan teman sebangkunya ditugaskan untuk menjawab pertanyaan terkait dengan materi kupu-kupu.
15.  Peserta didik mengamati contoh poster yang disajikan guru.
16.  Peserta didik menyiapkan alat untuk membuat poster berupa kertas karton dan pensil warna.
17.  Peserta didik bersama teman sebangkunya membuat poster yang berisi tentang ajakan untuk melestarikan hewan langka.
18.  Setiap kelompok diberikan waktu 45 menit untuk membuat poster.
19.  Setelah waktu habis, setiap kelompok maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya.


25 menit



Penutup

1.          Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:                                    
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? Bagaimana perasaan kalian setelah belajar?”
2.          Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.          Evaluasi
4.          Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
(Guru : “Anak-anak, pada pembelajaran selanjutnya kita aan belajar tentang hewan peliharaan, bagaimana cara kita melaksanakan hak dan kewajiban kita dan kita akan membuat mozaik dengan tena hewan. Besok kalian membawa biji-bijian yang sudah ibu catat di depan ini, ya”)
5.          Pemberian tugas
6.          Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
5 menit

G.    Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Teknik                                       : Observasi
Instrumen                                  : Format PenilaianSikap (Jurnal)

Nama

Aspek yang dinilai
Percaya Diri
Kerjasama




















Rubrik penilaian sikap
Predikat
Percaya Diri
Kerjasama
SM (Sudah Membudaya)
3
3
MT (Mulai Terlihat)
2
2
PB (Perlu Bimbingan)
1
1

2.      Penilaian Pengetahuan
Teknik                  : Tes tertulis
 Instrumen            : Isian
1.      Bacalah paragraf berikut !
"Elang jawa memiliki panjang tubuh mulai dari paruh hingga ekor, kurang lebih 600 cm. Elang jawa juga memiliki jambul menjulang ke atas, punggung atau sayapnya kecoklatan, dan mata kehitamhitaman dengan iris mata kuning atau cokelat. Elang jawa saat ini termasuk hewan yang terancam punah. Ini berarti populasi elang jawa sudah sangat sedikit. Jumlah elang jawa saat ini diperkirakan hanya sekitar 137-188 pasang burung. Ancaman tersebut berupa habitat yang terus berkurang dan perburuan  liar."
 









a.       Mengapa elang jawa harus kita lestarikan?
b.      Apa yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kelestarian elang jawa saat ini?

2.      Perhatikan gambar berikut!

 

Hewan tersebut termasuk hewan langka. Buatlah 4 pertanyaan dari gambar tersebut untuk mendapatkan informasi tentang hewan pada gambar!

3.      Perhatikan gambar di bawah ini!

Hewan tersebut banyak diburu karena warnanya yang sangat indah sehingga dapat merugikan bagi kelangsungan hewan tersebut. Namun hewan tersebut juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kita semua. Coba jelaskan manfaat hewan tersebut bagi manusia !

Kunci Jawaban
1.      a. Karena hewan tersebut terancam punah
b. Membuat poster untuk mengajak orang melestarikan Elang Jawa
2.      1) Dimana tempat tinggal hewan tersebut ?
2) Apakah manfaat hewan tersebut bagi masyarakat ?
3) Bagaimana cara melestarikan hewan tersebut ?
4) Bagaimana ciri-ciri hewan tersebut ?
3.      Manfaat kupu-kupu bagi manusia adalah untuk penyerbuka, membantu bunga-bunga berkembang menjadi buahuntuk di ambil manusia.

Pedoman Penskoran
No
Skor Maksimal
Kriteria
1
20
Soal a skor = 10
Soal b skor = 10
Semua jawaban salah = 0
2
20
Menulis 4 pertanyaan dengan benar = 20
Menulis 3 pertanyaan dengan benar = 15
Menulis 2 pertanyaan dengan benar = 10
Menulis 1 pertanyaan dengan benar= 5
Tidak menulis pertanyaan = 0
3
20
Menjawab benar dan lengkap = 20
Menjawab benar namun tidak lengkap = 10
Menjawab salah = 0


Skor Penilaian:100

 


 






3.      Penilaian Keterampilan

Teknik                             : Praktik
Instrumen                       : Rubrik penilaian

BAHASA INDONESIA
No
Nama Peserta Didik
Aspek : Membuat pertanyaan tertulis
Semua pertanyaan tepat
Baik Sekali
(4)
Sebagian pertanyaan tepat
Baik
(3)
Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat
Cukup
(2)
Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat
Perlu Pendampingan
(1)































No
Nama Peserta Didik
Aspek : Kosakata Baku
Menggunakan kosakata baku dalam semua pertanyaan
Baik Sekali
(4)
Menggunakan kosakata baku dalam sebagian besar pertanyaan
Baik
(3)
Menggunakan kosakata baku dalam sebagian kecil pertanyaan
Cukup
(2)
Belum menggunakan kosakata baku dalam semua pertanyaan
Perlu Pendampingan
(1)



















No
Nama Peserta Didik
Aspek : Kalimat efektif
Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan
Baik Sekali
(4)
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan
Baik
(3)
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan
Cukup
(2)
Belum menggunakan kalimat efektif dalam pertanyaan
Perlu Pendampingan
(1)




















IPA
Membuat Poster
No
Nama Peserta Didik
Aspek : Isi teks
Isi teks, singkat, padat akan informasi, jelas keterbacaannya.
Baik Sekali
(4)
Dua dari criteria isi/teks yang baik dipenuhi, sementara salah satu criteria tidak dipenuhi.
Baik
(3)
Hanya salah satu dari criteria/isi teks yang baik dipenuhi
Cukup
(2)
Isi teks terlalu panjang, miskin informasi, tidak jelas, keterbacaannya.
Perlu Pendampingan
(1)































No
Nama Peserta Didik
Aspek : Gambar
Gambar menarik, bermakna sebagai penyampai pesan, dan orisinil
Baik Sekali
(4)
Dua dari criteria gambar yang baik terpenuhi, sementara satu criteria tidak terpenuhi
Baik
(3)
Hanya salah satu dari criteria/isi teks yang baik dipenuhi
Cukup
(2)
Belum ada kriteria yang terpenuhi
Perlu Pendampingan
(1)































H.    Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat            :
1.    Buku Siswa SD/MI Kelas 4 Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”
2.    Gambar hewan
3.    Kertas karton
4.    Alat mewarnai

Bahan               : -
Sumber Belajar    :
1.      Angi St. Anggari, Afikri, Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, lely Miftachul Khasanah, Santi Hendriyeti. Buku Guru Kelas 4 , Tema3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.(Hal. 69—77)

2.      Angi St. Anggari, Afikri, Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, lely Miftachul Khasanah, Santi Hendriyeti. Buku Siswa Kelas 4 , Tema3: Peduli Terhadap makhluk Hidup. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.(Hal. 47—53)






No comments:

Post a Comment