RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]
Sekolah : SD Negeri
Kelas/Semester : 4 / I
Tema :
3 Peduli Terhadap makhluk Hidup
Subtema : 2 Keberagaman Makhluk Hidup di
Lingkunganku
Pembelajaran
ke- : 1
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI
1
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
|
KI
3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
|
KI
4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh
melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
|
3.3.1
Menulis
daftar pertanyaan tentang hewan langka.
|
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
|
4.3.1
Membuat
pertanyaan tertulis tentang hewan langka.
|
IPS
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Mengidentifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
3.1.1 Menjelaskan manfaat hewan bagi kesejahteraan
masyarakat.
|
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
mesyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
4.1.1 Menuliskan hasil pemanfaatan
hewan bagi kesejahteraan masyarakat.
|
IPA
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
|
3.8.1 Menjelaskan tentang pentingnya
peran hewan sebagai sumber daya alam.
|
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
|
4.8.1
Membuat poster tentang menjaga kelestarian hewan.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
diskusi, peserta didik dapat menulis daftar pertanyaan tentang hewan langka dengan
sistematis.
2.
Dengan
diskusi, peserta didik dapat membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.
3.
Dengan
membaca teks, peserta didik dapat menjelaskan manfaat hewan bagi kesejahteraan
masyarakat dengan tepat.
4.
Dengan
membaca teks, peserta didik dapat menuliskan hasil pemanfaatan hewan bagi
kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
5.
Dengan
tanya jawab, peserta diidk dapat menjelaskan tentang pentingnya peran hewan
sebagai sumber daya alam dengan tepat.
6.
Dengan
bimbingan guru, peserta didik dapat membuat poster tentang menjaga kelestarian
hewan.
D. Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Membuat
pertanyaan tertulis wawancara
IPS
Manfaat
hewan bagi masyarakat
IPA
Membuat
poster tentang ajakan untuk menyayangi hewan
E. Pendekatan
dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik (Mengamati, menanya
mengumpulkan data, menalar, mengomunikasikan)
Metode : Diskusi, Tanya Jawab,
Penugasan, Ceramah
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengondisikan kelas agar
siap untuk belajar.
2.
Berdoa.
3.
Mengecek kehadiran peserta didik.
4.
Memeriksa
kerapian peserta didik dan kebersihan kelas.
5.
Appersepsi : Guru mengingatkan kembali materi
tentang tumbuhan sebagai sumber daya
alam hayati yang harus dijaga keberadaannya dan mengaitkannya dengan materi
yang akan dipelajari hari ini. Kemudian guru menampilkan gambar hewan langka
yang ada di Kalimantan.
6.
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Peserta
didik mengamati gambar hewan langka yang ada di Kalimantan Barat.
2.
Peserta
didik dan guru bertanya jawab tentang hewan tersebut.
3.
Peserta
didik membacakan informasi tentang hewan langka yang ada di Kalimantan Barat.
4.
Peserta
didik mengamati gambar burung cendrawasih yang ditampilkan guru.
5.
Peserta
didik ditugaskan untuk membuat daftar pertanyaan yang ingin diketahui dari
gambar tersebut.
6.
Setelah
membuat daftar pertanyaan, peserta didik ditugaskan untuk menuliskan
pertanyaan mengenai hal yang ingin mereka ketahui tentang burung tersebut.
7.
Peserta
didik ditugaskan untuk mendiskusikan pertanyaan yang telah di buat dengan
teman sebangkunya.
8.
Peserta
didik membaca teks tentang burung Cendrawasih.
9.
Setelah
membaca teks, peserta didik melengkapi jawaban dari pertanyaan yang telah
mereka buat.
10. Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang burung Cendrawasih terkait materi tentang pentingnya menjaga
kelestarian burung tersebut.
11. Peserta didik membaca teks
tentang kupu-kupu.
12. Peserta didik dan guru bertanya
jawab tentang teks tersebut.
13. Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang manfaat kupu-kupu bagi masyarakat.
14. Peserta didik dengan teman
sebangkunya ditugaskan untuk menjawab pertanyaan terkait dengan materi
kupu-kupu.
15. Peserta didik mengamati contoh
poster yang disajikan guru.
16. Peserta didik menyiapkan alat
untuk membuat poster berupa kertas karton dan pensil warna.
17. Peserta didik bersama teman
sebangkunya membuat poster yang berisi tentang ajakan untuk melestarikan
hewan langka.
18. Setiap kelompok diberikan waktu
45 menit untuk membuat poster.
19. Setelah waktu habis, setiap kelompok
maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya.
|
25 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah
berlangsung:
“Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
Bagaimana perasaan kalian setelah belajar?”
2.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Evaluasi
4.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya.
(Guru
: “Anak-anak, pada pembelajaran selanjutnya kita aan belajar tentang hewan
peliharaan, bagaimana cara kita melaksanakan hak dan kewajiban kita dan kita
akan membuat mozaik dengan tena hewan. Besok kalian membawa biji-bijian yang
sudah ibu catat di depan ini, ya”)
5.
Pemberian tugas
6.
Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
5 menit
|
G. Penilaian
1.
Penilaian Sikap
Teknik :
Observasi
Instrumen : Format
PenilaianSikap (Jurnal)
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
|||
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian
sikap
Predikat
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
SM (Sudah Membudaya)
|
3
|
3
|
MT (Mulai Terlihat)
|
2
|
2
|
PB (Perlu Bimbingan)
|
1
|
1
|
2.
Penilaian Pengetahuan
Teknik :
Tes tertulis
Instrumen :
Isian
1.
Bacalah
paragraf berikut !
"Elang jawa memiliki panjang tubuh mulai dari paruh hingga ekor, kurang lebih 600 cm. Elang jawa juga memiliki jambul menjulang ke atas, punggung atau sayapnya kecoklatan, dan mata kehitamhitaman dengan iris mata kuning atau cokelat. Elang jawa saat ini termasuk hewan yang terancam punah. Ini berarti populasi elang jawa sudah sangat sedikit. Jumlah elang jawa saat ini diperkirakan hanya sekitar 137-188 pasang burung. Ancaman tersebut berupa habitat yang terus berkurang dan perburuan liar." |
a.
Mengapa
elang jawa harus kita lestarikan?
b.
Apa
yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kelestarian elang jawa saat ini?
2.
Perhatikan
gambar berikut!
Hewan tersebut termasuk hewan langka.
Buatlah 4 pertanyaan dari gambar tersebut untuk mendapatkan informasi tentang hewan
pada gambar!
3.
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Hewan tersebut banyak diburu karena
warnanya yang sangat indah sehingga dapat merugikan bagi kelangsungan hewan
tersebut. Namun hewan tersebut juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kita
semua. Coba jelaskan manfaat hewan tersebut bagi manusia !
Kunci Jawaban
1.
a.
Karena hewan tersebut terancam punah
b. Membuat poster untuk mengajak orang
melestarikan Elang Jawa
2.
1)
Dimana tempat tinggal hewan tersebut ?
2) Apakah manfaat hewan tersebut bagi masyarakat
?
3) Bagaimana cara melestarikan hewan
tersebut ?
4) Bagaimana ciri-ciri hewan tersebut ?
3.
Manfaat
kupu-kupu bagi manusia adalah untuk penyerbuka, membantu bunga-bunga berkembang
menjadi buahuntuk di ambil manusia.
Pedoman Penskoran
No
|
Skor
Maksimal
|
Kriteria
|
1
|
20
|
Soal
a skor = 10
Soal
b skor = 10
Semua
jawaban salah = 0
|
2
|
20
|
Menulis
4 pertanyaan dengan benar = 20
Menulis
3 pertanyaan dengan benar = 15
Menulis
2 pertanyaan dengan benar = 10
Menulis
1 pertanyaan dengan benar= 5
Tidak
menulis pertanyaan = 0
|
3
|
20
|
Menjawab
benar dan lengkap = 20
Menjawab
benar namun tidak lengkap = 10
Menjawab
salah = 0
|
Skor Penilaian:100
|
3.
Penilaian Keterampilan
Teknik : Praktik
Instrumen : Rubrik penilaian
BAHASA INDONESIA
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Membuat pertanyaan tertulis
|
|||
Semua pertanyaan tepat
Baik Sekali
(4)
|
Sebagian pertanyaan tepat
Baik
(3)
|
Hanya sebagian kecil
pertanyaan tepat
Cukup
(2)
|
Belum mampu membuat
pertanyaan dengan tepat
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Kosakata Baku
|
|||
Menggunakan kosakata baku
dalam semua pertanyaan
Baik Sekali
(4)
|
Menggunakan
kosakata baku dalam sebagian besar pertanyaan
Baik
(3)
|
Menggunakan
kosakata baku dalam sebagian kecil pertanyaan
Cukup
(2)
|
Belum
menggunakan kosakata baku dalam semua pertanyaan
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Kalimat efektif
|
|||
Menggunakan kalimat
efektif dalam semua pertanyaan
Baik Sekali
(4)
|
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan
Baik
(3)
|
Menggunakan
kalimat
efektif dalam sebagian kecil pertanyaan
Cukup
(2)
|
Belum
menggunakan kalimat efektif dalam pertanyaan
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IPA
Membuat Poster
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Isi teks
|
|||
Isi teks, singkat, padat
akan informasi, jelas keterbacaannya.
Baik Sekali
(4)
|
Dua dari criteria
isi/teks yang baik dipenuhi, sementara salah satu criteria tidak dipenuhi.
Baik
(3)
|
Hanya salah satu dari
criteria/isi teks yang baik dipenuhi
Cukup
(2)
|
Isi teks terlalu panjang,
miskin informasi, tidak jelas, keterbacaannya.
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Gambar
|
|||
Gambar menarik, bermakna
sebagai penyampai pesan, dan orisinil
Baik Sekali
(4)
|
Dua dari criteria gambar
yang baik terpenuhi, sementara satu criteria tidak terpenuhi
Baik
(3)
|
Hanya salah satu dari
criteria/isi teks yang baik dipenuhi
Cukup
(2)
|
Belum ada kriteria yang
terpenuhi
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H. Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat :
1. Buku Siswa SD/MI Kelas 4 Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”
2. Gambar hewan
3. Kertas karton
4. Alat mewarnai
Bahan : -
Sumber Belajar :
1.
Angi St. Anggari, Afikri,
Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, lely Miftachul Khasanah, Santi
Hendriyeti. Buku Guru Kelas 4 , Tema3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan kebudayaan.(Hal. 69—77)
2.
Angi St. Anggari, Afikri,
Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, lely Miftachul Khasanah, Santi
Hendriyeti. Buku Siswa Kelas 4 , Tema3: Peduli Terhadap makhluk Hidup. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan kebudayaan.(Hal. 47—53)
No comments:
Post a Comment