RPP K13 SD KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 3 SUB TEMA 4 PEMBELAJARAN 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Kelas\Semester                        : 1\1 ( satu)
Tema                                       : Kegiatanku (3)
Sub Tema                                : Kegiatan Malam Hari ( 4 )
Pembelajaran                           : 2
Alokasi Waktu                        : 1 x 20 menit

A.    KOMPETENSI INTI
KI1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI2. Memiliki prilaku jujur, disiplin, tabggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri       dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah
KI4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku beriman dan berakhlak mulia
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
INDIKATOR
3.1.1 Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
3.1.2 Menunjukkan sikap baik yang sesuai dengan teks

MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
4.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
INDIKATOR
4.3.1Memasangkan bilangan-bilangan dalam operasi pengurangan

PPKn
KOMPETENSI DASAR
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
INDIKATOR
3.2.1 Memilih sikapsikap yang baik berdasarkan gambar

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan kegiatan menyimak teks yang dibacakan, siswa dapat membuat satu pertanyaan sesuai teks.
2.      Dengan kegiatan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa dapat memilih sikap-sikap yang baik yang ditunjukkan pada gambar.
3.      Dengan melakukan kegiatan pengurangan bersama guru, siswa dapat menyelesaikan empat soal pengurangan dengan benar.

D.    MATERI POKOK
1.      Teks udin
2.      Sikap yang baik
3.      Pengurangan

E.     MATERI PEMBELAJARAN
(terlampir)



F.   PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan     : Saintifik
Metode            : Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan

G.    MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku siswa

 H.       SUMBER BELAJAR
1.      Wahyuni, Daru. Esti Swastika Sari. Dkk. 2015. Buku Guru Tematik Terpadu Kurukulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I Tema 3 “Kegemaranku”. Jakarta.: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. ( Halaman 80)
2.      Wahyuni, Daru. Esti Swastika Sari. Dkk. 2015. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurukulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I Tema 3 “Kegemaranku”. Jakarta.: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. ( Halaman 92)

I.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit)
1.      Guru memberi salam.
2.      Salah satu murid diminta untuk memimpin doa.
3.      Guru mengecek kehadiran murid
4.      Guru memberikan apersepsi melalui tayangan vidio
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (17 menit)
1.      Murid diminta untuk mengamati gambar yang ada pada pembelajaran 2.
2.      Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.
3.      Setelah mengamati gambar, guru membacakan teks yang ada pada buku murid.
4.      Murid menyimak bacaan yang dibacakan guru.
5.      Setelah mendengarkan, setiap murid diminta untuk membuat satu pertanyaan berdasarkan teks di buku Murid.
6.      Guru bertanya sikap baik apa saja yang mereka ketahui dari bacaan yang baru didengarkan.
7.      Guru dan murid berdiskusi tentang sikap-sikap baik yang terdapat pada teks.
8.      Murid mengerjakan latihan di buku murid, dimana murid harus memilih sikap-sikap baik yang ditunjukkan gambar.
9.      Guru mengulang kembali konsep pengurangan. Dalam menjelaskan konsep ini dapat digunakan alat-alat bantu misalnya batu /sedotan/daun/ kelereng dan lain-lain.
10.  Setelah memeragakan cerita pengurangan, guru menuliskan kalimat matematikanya di papan tulis.
Misalnya guru memegang 9 daun kemudian guru menjatuhkan 3 daun dan murid diminta untuk menghitung daun yang tersisa.
Guru kemudian menuliskan kalimat matematika 9 – 3 = 6
11.  Murid  secara acak diminta maju ke depan kelas untuk memeragakan cerita pengurangannya sendiri dan menuliskan kalimat matematikanya di papan tulis.
12.  Setelah semua murid memahami konsep pengurangan, murid diminta untuk mengerjakan latihan yang ada di buku murid.
13.  Guru berkeliling mengamati murid yang bekerja.
14.  Guru memberikan bantuan jika ada murid yang belum memahami konsep pengurangan
Kegiatan Penutup (3menit)
1.      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran dengan bertanya kepada murid “apakah ada pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan?”
2.      Refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan. ( menanya)
Contoh :
·         Apa saja yang kalian pelajari hari ini?
·         Kegiatan apakah yang paling kalian senangi?
·         Kesulitan apa yang kalian temui selama kegiatan pembelajaran?
·         Hal apa saja yang dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Mengapa kamu perlu menerapkannya?
3.      Murid dan guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran. (mengasosiasikan)
4.      Pembelajaran ditutup dengan berdoa bersama-sama.

J.    PENILAIAN PEMBELAJARAN



soal



jawaban

Nilai Akhir











 

No comments:

Post a Comment