RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : III / II ( Dua )
Tema : Energi dan Perubahannya (7)
Sub Tema :
Energi Alternatif (3)
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
K1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
K2. Memiliki prilaku jujur, disiplin,
tabggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
K3. Memahami pengetahuan factual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya dirumah dan disekolah
K4. Menyajikan pengetahuan factual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku beriman
dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi
Dasar:
3.1
Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang
perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif,
perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Indikator:
3.1.1
Mengidentifikasii teks laporan informatif
tentang energi alternatif secara lisan atau tulisan dengan tepat
SBdP
Kompetensi
Dasar:
4.3 Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang
ada di lingkungan sekitar
Indikator:
4.3.1
Merancang karya dekoratif dengan
menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di sekitar
MATEMATIKA
Kompetensi
Dasar:
4.2
Merumuskan dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang,
serta memeriksa kebenaran jawabnya
Indikator:
3.1.1
Mengidentifikasi operasi hitung yang tepat
untuk memecahkan masalah
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan menyimak, murid mampu
mengidentifikasi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan
atau tulis dengan tepat.
2.
Melalui diskusi, murid mampu menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan
atau tulis dengan tepat.
3.
Dengan memperhatikan peragaan guru, murid
mampu merancang karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang
ada di sekitar.
4.
Dengan melihat contoh, murid mampu
mengidentifikasi operasi hitung yang tepat untuk memecahkan masalah.
D.
MATERI
POKOK
1.
Energi Alternatif ( telampir)
2.
Membuat kincir angin ( terlampir)
3.
Soal perkalian (terlampir)
(terlampir)
F.
PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Saintifik
Metode :
Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan
1. Tayangan video orang antri di pom bensin karena persediaan
BBM menipis.
2. Gambar contoh penggunaan energi alternatif
3. Gambar contoh hasil karya dekoratif dari kertas
4. Gunting, lem, dan kertas origami kertas lainnya
5. Buku teks
H.
SUMBER
BELAJAR
1.
Wahyuni, Daru. Esti Swastika Sari. Dkk.
2015. Buku Guru Tematik Terpadu Kurukulum 2013 Untuk SD/MI Kelas III Tema 7
“Energi dan Perubahannya”. Jakarta.: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (
Halaman 80)
2.
Wahyuni, Daru. Esti Swastika Sari. Dkk.
2015. Buku Siswa Tematik Terpadu Kurukulum 2013 Untuk SD/MI Kelas III Tema 7
“Energi dan Perubahannya”. Jakarta.: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (
Halaman 92)
I.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam.
2.
Salah satu murid diminta untuk memimpin
doa.
3.
Guru mengkondisikan kelas dengan
meminta murid untuk mengungut sampah yang ada disekitar tempat duduk dan
meminta murid untuk duduk rapi.
4.
Guru mengecek kehadiran murid
5.
Guru memberikan apersepsi berupa
pertanyaan :
-
Apakah dirumah kalian terdapat
kendaraan bermotor?
-
Apakah kalian tau bagaimana motor tersebut dapat berjalan?
-
Nah, yang kalian katakana tersebut
sudah benar, minyak tersebut merupakan Bahan Bakar agar motor tersebut dapat
berjalan, namun bahan bakar tersebut dapat habis. Apakah ada dari kalian tahu
solusinya?
6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
5
menit
|
Kegiatan
Inti
|
KEGIATAN I
1.
Murid mengamati tayangan video
tentang anrtian kendaraan di sebuah pom bensin. (Mengamati)
2.
Murid diberi kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan video yang diamati.
3.
Murid diminta untuk membaca teks
tentang energi alternatif dibuku siswa pada halaman 92.
4.
Murid dan Guru melakukan Tanya
jawab seputar teks yang telah mereka baca.
5.
Murid diberi kesempatan bertanya
jika ada hal yang tidak dipahami.
6.
Murid dibentuk menjadi beberapa
kelompok
7.
Masing-masing kelompok diminta
untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanmyaan yang ada dibuku murid pada halaman
94.
8.
Masing-masing kelompok diminta
untuk menyampaikan hasil diskusinya didepan kelas secara bergantian.
9.
Murid mendengarkan konfirmasi guru.
KEGIATAN
2
1.
Murid
mendengarkan penjelasan guru bahwa
benda-benda di sekitar dapat digunakan untuk membuat karya dekoratif.
Misalnya kertas.
2.
Murid
mendengarkan penjelasan ulang tentang apa itu karya dekoratif
dan menunjukkan contoh karya dekoratif dari kertas yang ada di buku teks.
3.
Murid
menyimak penjelasan guru bahwa mereka
akan membuat hiasan berbentuk kincir angin dari kertas yang telah disediakan.
4.
Murid
membuat kincir angin dari kertas sesai dengan langkah yang ada dibuku dan
dengan bimbingan guru.
5.
Setelah
selesai Murid diminta merapikan bekas bekas pekerjaannya
6.
Hasil
karya yang sudah dibuat di pajang di kelas.
KEGIATAN
3
1.
Murid dan guru melakukan Tanya jawab tentang materi
perkalian
2.
Murid
diminta untuk memperhatikan guru yang memberikan beberapa contoh soal
untuk diselesaikan.
3.
Murid
diminta secara sukarela untuk menyelesaikan
contoh-contoh soal tersebut.
4.
Setelah
itu murid mengerjakan soal-soal
latihan di buku teks secara mandiri. |
20
menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran dengan bertanya kepada murid “apakah
ada pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan?”
2.
Refleksi terhadap kegiatan yang
telah dilakukan. ( menanya)
Contoh
:
·
Apa saja yang kalian pelajari hari
ini?
·
Kegiatan apakah yang paling kalian
senangi?
·
Kesulitan apa yang kalian temui
selama kegiatan pembelajaran?
·
Hal apa saja yang dapat kalian
terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Mengapa kamu perlu menerapkannya?
3.
Murid dan guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran. (mengasosiasikan)
4.
Pembelajaran ditutup dengan berdoa
bersama-sama.
|
5
menit
|
J.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1.
Penilaian Sikap:
Observasi selama kegiatan
Observasi selama kegiatan
Ket :
K =Kurang
C = Cukup
B = Baik
SB = Sangat Baik
2.
Penilaian Pengetahuan:
Tes tertulis :
Tes tertulis :
Soal
|
Jawaban
|
|
1. 2 x 5 kincir = 10 kincir
|
|
2. 50 kincir-28 kincir = 22 kincir
|
|
3. 6 kincir : 3 kincir = 2 kincir
|
|
4. 3000rb x 2 kincir = 6000rb
|
Nilai Akhir
Penilaian Keterampilan:
No
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
1.
|
Menceritakan kembali isi
teks laporan informative tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat |
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya
runut, menggunakan intonasi yang benar, lancar dalam penyampaian |
Hanya
memenuhi 2 kriteria |
Hanya
memenuhi 1 kriteria |
Belum
Mampu
|
2.
|
Menyampaikan gagasan
dalam diskusi |
Sesuai dengan topik,
kalimatnya jelas, lancar dalam menyampaikan |
Hanya
memenuhi 2 kriteria |
Hanya
memenuhi 1 kriteria |
Belum
Mampu
|
3.
|
Membuat kincir angina dari kertas
|
Sesuai dengan
jenis karya yang ditetapkan, komposisi bentuk dan warnanya tepat, selesai tepat waktu, hasil kerjanya rapi. |
Hanya
memenuhi 3 kriteria |
Hanya
memenuhi 2 kriteria |
Hanya
memenuhi 1 kriteria |
Keterangan:
BS =
Baik Sekali, skor (4)
B = Baik, skor (3)
C = Cukup, skor (2)
B = Baik, skor (3)
C = Cukup, skor (2)
PB =
Perlu Bimbingan, skor (1)
Pedoman Penilaian
Keterampilan :
a. Menceritakan kembali
isi teks laporan informatif tentang sumber energi
secara lisan atau tulis
dengan tepat.
No.
|
Nama
Siswa
|
Sesuai
dengan ide pokok teks
|
Alur
penyampaian runut
|
Menggunakan
intonasi yang benar
|
Lancar
dalam penyampaian
|
Skor
Perolehan
|
Predikat
|
1.
|
Andola
|
|
|
|
|
4
|
Sangat
Baik
|
2.
|
Aiman
|
|
|
|
|
3
|
Baik
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menyampaikan gagasan
dalam diskusi
No.
|
Nama
Siswa
|
Sesuai
dengan topik
|
Kalimatnya
jelas
|
Lancer
dalam menyampaikan
|
Skor
Perolehan
|
Predikat
|
1.
|
Andola
|
|
|
|
4
|
Sangat
Baik
|
2.
|
Aiman
|
|
|
-
|
3
|
Baik
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
c. Membuat kincir angina
dari kertas
No.
|
Nama
Siswa
|
Sesuai
dengan jenis karya yang ditetapkan
|
Komposisi
bentuk dan warnanya tepat
|
Selesai
tepat waktu
|
Hasil
kerja rapi
|
Predikat
|
1.
|
Andola
|
|
|
|
4
|
Sangat
Baik
|
2.
|
Aiman
|
|
|
-
|
3
|
Baik
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
akhir = (jumlah skor yang diperoleh / skor max) x 100
No comments:
Post a Comment