RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa
Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
SBDP
3.3 Mengenal
unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam
menari
4.11 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan
level tinggi, sedang, dan rendah
Matematika
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan gambar-gambar/benda konkret
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBDP
¡ Membedakan gerak angin
¡ Mempraktikkan gerakan menirukan gerakan pohon tertiup
angin
Matematika
¡ Memperkirakan pola bilangan
¡ Membuat pola bilangan (80-91)
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentikasi angin
¡ Mengamati pergerakan angin
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengenal Kegiatan pada Cuaca Berawan
¡ Menirukan Gerak Alam, yaitu Gerak Angin
¡ Mengenal Pola Bilangan 76-99
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan diawali dengan siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai angin. Angin adalah udara yang
bergerak. Pada cuaca cerah, mendung dan hujan ada angin yang bertiup. Angin
sepoi atau angin yang pelan terjadi pada cuaca cerah, angin yang bertiup
sedang terjadi pada cuaca mendung, sementara angin kencang terjadi saat cuaca
hujan. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati gambar layang-layang
dan kincir angin.
¡
Setelah mengamati gambar, siswa
dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu layang-layang
dan dua kincir angin yang telah disediakan guru.
¡
Setiap kelompok bermain
layang-layang dan kincir angin. (Mengasosiasi)
¡
Setelah bermain, siswa berdiskusi
untuk menjawab pertanyaan berikut: (Menanya)
- Mengapa
layang-layang dapat terbang?
- Mengapa
kincir angin dapat berputar?
¡
Siswa menuliskan hasil diskusi di
buku siswa. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai manfaat
angin. Angin bermanfaat untuk banyak kegiatan manusia, di antaranya saat
mengeringkan pakaian, perahu berlayar, bermain layang-layang, hingga
menggerakkan kincir angin. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati gambar benda-benda
yang tertiup angin. Siswa diminta melanjutkan pola bilangan yang terdapat
pada benda-benda tersebut.
¡
Setelah melanjutkan pola bilangan,
siswa membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar layang-layang dan kincir angin.
¡
Siswa membuat pola bilangan dari
urutan bilangan terkecil.
(Mengekplorasi)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa bermain
di luar kelas mengikuti gerakan alam adalah hal yang menyenangkan. Salah
satunya adalah gerakan angin. Siswa telah mengidentifikasi tiga jenis angin
berdasarkan kecepatan. Sekarang saatnya menirukan gerakan angin. (Mengamati)
¡
Siswa membuat barisan di lapangan.
Siswa memilih tempat yang tidak basah atau berbahaya. (Mengekplorasi)
¡
Siswa melakukan
gerakan seperti yang dicontohkan guru. (Mengasosiasi)
a. Gerakan pohon
tertiup angin sepoi
Siswa berdiri
tegak.
Badan bergerak pelan ke kanan dan ke kiri.
b. Gerakan pohon
tertiup angin sedang.
Siswa berdiri tegak.
Kedua tangan diangkat ke atas.
Ayunkan tangan ke kanan dan ke kiri.
c. Gerakan pohon
tertiup angin kencang.
Siswa berdiri
tegak.
Kedua tangan
diangkat ke atas.
Ayunkan tangan
ke kanan dan ke kiri. Lakukan gerakan dengan cepat.
¡
Siswa melakukan gerakan sesuai
dengan aba-aba guru. (Mengasosiasi)
¡
Guru dapat melakukan variasi gerakan
dan aba-aba.
¡
Siswa melakukan gerakan
bersama-sama.
¡
Permainan gerakan dapat diiringi
oleh musik.
¡
Siswa diberi
kesempatan untuk menciptakan gerakan mengikuti gerakan alam. (Mengekplorasi)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Layang-layang
¡ Kincir angin
¡ Musik instrumen
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Observasi permainan menirukan gerakan angin
Lembar Pengamatan Permainan
Menirukan Gerakan Angin
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( ü )
|
Belum Terlihat ( ü )
|
1
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin sepoi
|
....
|
....
|
2
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin sedang
|
....
|
....
|
3
|
Kemampuan
melakukan gerakan angin kencang
|
....
|
....
|
4
|
Semangat
menirukan gerakan angin
|
|
|
5
|
Variasi
gerakan
|
|
|
No comments:
Post a Comment