RPP SD K13 TEMA 8 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS 1 SEMESTER 2

RPP K13 DAN KTSP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :   _____________________________
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 8                             :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                      :   Cuaca
Pembelajaran                  :   3
Alokasi Waktu                 :   1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


PJOK
3.4       Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4       Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡  Mengidentifikasi cerita berdasarkan urutan gambar
¡  Melengkapi kalimat sesuai gambar
¡  Menyusun gambar sesuai cerita

PJOK
¡  Mengidentifikasi cara bermain egrang
¡  Mempraktikkan permainan egrang

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membuat Cerita Bergambar Tentang Aktivitas saat Cuaca Hujan
¡  Bermain Egrang saat Cuaca Cerah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeristiwa Alam”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡    Kegiatan diawali dengan siswa bermain tebak peran. (Mengekplorasi)
¡    Satu orang siswa diminta untuk mendekat ke guru. Guru membisikkan jenis permainan yang akan diperagakan siswa di depan teman-temannya. Jenis permainan yang diperagakan adalah yang dapat dilakukan pada cuaca hujan, seperti bermain congklak, bermain petak umpet di dalam rumah, dan bermain egrang saat hujan reda.
¡    Siswa tersebut memperagakan permainan yang dimaksud sementara teman-temannya memperhatikan. (Mengekplorasi)
¡    Siswa lain diberi kesempatan untuk menebak jenis permainan yang dimaksud.
¡    Usahakan semua siswa mendapatkan giliran untuk bermain.
¡    Siswa diminta melengkapi kalimat berdasarkan gambar yang diamati.
¡    Setelah selesai melengkapi kalimat, siswa diminta untuk menyusun gambar sehingga berbentuk cerita berseri. (Mengasosiasi)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡    Pada awal kegiatan, siswa mendengar penjelasan guru bahwa cuaca cerah adalah waktu yang menyenangkan untuk bermain egrang. Egrang dapat membantu melatih keseimbangan dan ketekunan siswa. Egrang terbuat dari sepasang bambu berukuran kira-kira 120 cm. Di setiap bambu ada pijakan kaki. Cara membuat pijakan kaki adalah bambu dilubangi pada jarak 20 cm dari pangkalnya. lalu, bambu berukuran 20-30 cm dimasukkan ke lubang dan diikat dengan tali. (Mengamati)
¡    Siswa dibagi menjadi empat kelompok. (Mengasosiasi)
¡    Setiap kelompok siswa mendapatkan 1 pasang egrang.
¡    Siswa mengamati cara guru bermain egrang.
¡    Siswa meniru guru cara bermain egrang.
¡    Siswa bergiliran berjalan dengan menggunakan egrang. Siswa dapat mencoba sebanyak lima langkah terlebih dahulu.
¡    Siswa berjalan dengan egrang sebanyak sepuluh langkah.
¡    Siswa berjalan menggunakan egrang dengan jarak yang telah ditentukan guru.
¡    Setelah siswa bermain egrang, guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa saat menggunakan egrang. Guru menanyakan apakah kita dapat berlari atau melompat dengan egrang? Siswa bersama guru bersyukur karena Tuhan menciptakan kaki untuk kita. (Mengkomunikasikan)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Egrang

G.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Observasi bermain egrang

Lembar Pengamatan Kegiatan Bermain Egrang
Kriteria
Terlihat ( ü )
Belum Terlihat ( ü )
Kemampuan menjaga keseimbangan tubuh dengan baik
....
....
Kemampuan berjalan dengan menggunakan egrang
....
....
Kemampuan berdiri dengan menggunakan egrang
....
....




No comments:

Post a Comment