RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _____________________________
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa
Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam
rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk
melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi cerita berdasarkan urutan gambar
¡ Melengkapi kalimat sesuai gambar
¡ Menyusun gambar sesuai cerita
PJOK
¡ Mengidentifikasi cara bermain egrang
¡ Mempraktikkan permainan egrang
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Membuat Cerita Bergambar Tentang Aktivitas saat Cuaca
Hujan
¡ Bermain Egrang saat Cuaca Cerah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan diawali dengan siswa
bermain tebak peran. (Mengekplorasi)
¡
Satu orang siswa diminta untuk
mendekat ke guru. Guru membisikkan jenis permainan yang akan diperagakan siswa
di depan teman-temannya. Jenis permainan yang diperagakan adalah yang dapat
dilakukan pada cuaca hujan, seperti bermain congklak, bermain petak umpet di dalam
rumah, dan bermain egrang saat hujan reda.
¡
Siswa tersebut memperagakan
permainan yang dimaksud sementara teman-temannya memperhatikan. (Mengekplorasi)
¡
Siswa lain diberi kesempatan
untuk menebak jenis permainan yang dimaksud.
¡
Usahakan semua siswa mendapatkan
giliran untuk bermain.
¡
Siswa diminta melengkapi kalimat
berdasarkan gambar yang diamati.
¡
Setelah selesai melengkapi kalimat,
siswa diminta untuk menyusun gambar sehingga berbentuk cerita
berseri. (Mengasosiasi)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Pada awal kegiatan, siswa mendengar penjelasan guru bahwa
cuaca cerah adalah waktu yang menyenangkan untuk bermain egrang. Egrang dapat
membantu melatih keseimbangan dan ketekunan siswa. Egrang terbuat dari sepasang
bambu berukuran kira-kira 120 cm. Di setiap bambu ada pijakan kaki. Cara
membuat pijakan kaki adalah bambu dilubangi pada jarak 20 cm dari pangkalnya.
lalu, bambu berukuran 20-30 cm dimasukkan ke lubang dan diikat dengan tali. (Mengamati)
¡
Siswa dibagi menjadi empat
kelompok. (Mengasosiasi)
¡
Setiap kelompok siswa mendapatkan 1
pasang egrang.
¡
Siswa mengamati cara guru bermain
egrang.
¡
Siswa meniru guru cara bermain
egrang.
¡
Siswa bergiliran berjalan dengan
menggunakan egrang. Siswa dapat mencoba sebanyak lima langkah terlebih dahulu.
¡
Siswa berjalan dengan egrang
sebanyak sepuluh langkah.
¡
Siswa berjalan menggunakan egrang
dengan jarak yang telah ditentukan guru.
¡
Setelah siswa bermain egrang, guru
menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa saat menggunakan egrang. Guru menanyakan apakah kita dapat berlari atau melompat dengan
egrang? Siswa bersama guru bersyukur karena Tuhan menciptakan kaki untuk
kita. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Egrang
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Observasi bermain egrang
Lembar Pengamatan Kegiatan
Bermain Egrang
Kriteria
|
Terlihat ( ü )
|
Belum Terlihat ( ü )
|
Kemampuan menjaga keseimbangan tubuh
dengan baik
|
....
|
....
|
Kemampuan berjalan dengan
menggunakan egrang
|
....
|
....
|
Kemampuan berdiri dengan menggunakan
egrang
|
....
|
....
|
No comments:
Post a Comment