RPP SD K13 KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2

RPP K13 DAN KTSP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :   SD
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 8                             :   Peristiwa Alam
Sub Tema 1                      :   Cuaca
Pembelajaran                  :   2
Alokasi Waktu                 :   1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.5       Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5       Membuat teks diagram label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu sila Pancasila

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡  Mengidentifikasi komponen tabel secara lisan
¡  Mencocokkan simbol
¡  Membuat tabel

PPKn
¡  Menyebutkan simbol dan bunyi sila ketiga
¡  Mengidentifikasi gotongroyong sebagai perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
¡  Melaksanakan gotongroyong

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengamati Tabel Cuaca
¡  Membersihkan Sekolah Secara Bergotong Royong

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeristiwa Alam”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡    Kegiatan diawali dengan siswa mendengarkan guru bercerita tentang kondisi cuaca kemarin dan hari ini. Guru juga menyampaikan dugaannya terhadap kondisi cuaca malam hari. Siswa diminta bertanya mengenai mengapa cuaca berubah-ubah. Pertanyakan ditujukan kepada guru atau siswa lainnya. (Mengamati)
¡    Siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok akan mendapatkan satu tabel yang berisi perbedaan cuaca dalam lima hari.
¡    Siswa mendiskusikan jawaban dan mencatat jawaban di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡    Siswa mengamati gambar simbol cuaca di buku siswa. (Mengamati)
¡    Siswa diminta untuk mendiskusikan arti simbol yang diberikan. (Mengekplorasi)
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap cuaca memiliki simbol masing-masing. (Mengamati)
¡    Siswa diminta keluar kelas untuk memperhatikan cuaca di sekitar sekolah.
¡    Siswa mendiskusikan hasil pengamatan tentang cuaca di sekitar sekolah. (Mengekplorasi)
¡    Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai proyek pengamatan cuaca dalam lima hari. (Mengamati)
¡    Siswa diminta untuk mengerjakan proyek pengamatan cuaca dalam lima hari. (Mengasosiasi)
¡    Siswa mengisi tabel cuaca harian dengan simbol cuaca. (Mengasosiasi)
¡    Sebagai penutup kegiatan, guru dan siswa mengucapkan rasa syukur bahwa dengan beragam cuaca yang kita alami dapat membantu banyak kegiatan manusia. (Mengkomunikasikan)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡    Kegiatan diawali dengan mendengarkan cerita pendek yang dibacakan guru. (Mengamati)
¡    Siswa mendengarkan dan menyimak cerita tersebut.
¡    Setelah siswa mendengarkan cerita, guru menjelaskan bahwa gotong-royong adalah perilaku yang baik. Gotong-royong berarti melakukan kegiatan bersama-sama, berbagi tugas untuk kepentingan bersama. Dengan bergotong-royong, pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan dapat memperkuat kekeluargaan. Gotong-royong termasuk perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Lambangnya adalah pohon beringin.
¡    Siswa mengamati gambar lambang sila ketiga Pancasila.
¡    Siswa dibagi menjadi lima kelompok. (Mengekplorasi)
¡    Setiap kelompok berdiskusi untuk membuat rencana kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan sekolah.
¡    Setelah menyusun rencana, setiap kelompok melakukan gotong-royong.
¡    Setelah gotong-royong, siswa kembali ke kelas untuk menuliskan refleksi diri mengenai  anfaat gotong-royong. Siswa mendapat arahan guru untuk menuliskan refleksi diri. (Mengkomunikasikan)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Tabel cuaca dalam lima hari
¡  Kartu simbol cuaca
¡  Cerita pendek
¡  Sapu ijuk, sapu lidi, pengki, lap

G.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis di buku latihan siswa

2. Unjuk kerja kegiatan pengamatan cuaca

Rubrik Penilaian Proyek Pengamatan Cuaca
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
1
Ketepatan mengisi tabel pengamatan
Seluruh tabel pengamatan diisi dengan tepat
Setengah atau lebih tabel pengamatan diisi dengan tepat
Kurang dari setengah tabel pengamatan diisi dengan tepat
Belum mampu mengisi tabel
2
Ketepatan waktu menyelesaikan proyek
Lebih awal dari waktu yang ditentukan
Tepat waktu
Terlambat satu hari dari waktu yang ditentukan
Terlambat dua hari dari waktu yang ditentukan

4. Observasi kegiatan bergotong-royong

Lembar Pengamatan Kegiatan Bergotong-royong
No.
Kriteria
Terlihat ( ü )
Belum Terlihat ( ü )
1
Kemampuan melakukan pembagian tugas
....
....
2
Kemampuan melaksanakan gotong-royong
....
....
3
Semangat mengikuti kegiatan gotong-royong
....
....



No comments:

Post a Comment