RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa
Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan
kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5 Membuat teks diagram label tentang anggota keluarga dan kerabat
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu sila
Pancasila
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi komponen tabel secara lisan
¡ Mencocokkan simbol
¡ Membuat tabel
PPKn
¡ Menyebutkan simbol dan bunyi sila ketiga
¡ Mengidentifikasi gotongroyong sebagai perilaku yang
sesuai dengan sila ketiga Pancasila
¡ Melaksanakan gotongroyong
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengamati Tabel Cuaca
¡ Membersihkan Sekolah Secara Bergotong Royong
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan diawali dengan siswa
mendengarkan guru bercerita tentang kondisi cuaca kemarin dan hari ini. Guru juga
menyampaikan dugaannya terhadap kondisi cuaca malam hari. Siswa diminta
bertanya mengenai mengapa cuaca berubah-ubah. Pertanyakan
ditujukan kepada guru atau siswa lainnya. (Mengamati)
¡
Siswa dibagi menjadi
lima kelompok. Setiap kelompok akan mendapatkan satu tabel yang berisi
perbedaan cuaca dalam lima hari.
¡
Siswa mendiskusikan jawaban dan
mencatat jawaban di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mengamati gambar simbol cuaca
di buku siswa. (Mengamati)
¡
Siswa diminta untuk mendiskusikan
arti simbol yang diberikan.
(Mengekplorasi)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
bahwa setiap cuaca memiliki simbol masing-masing. (Mengamati)
¡
Siswa diminta keluar kelas untuk
memperhatikan cuaca di sekitar sekolah.
¡
Siswa mendiskusikan hasil
pengamatan tentang cuaca di sekitar sekolah.
(Mengekplorasi)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
proyek pengamatan cuaca dalam lima hari. (Mengamati)
¡
Siswa diminta untuk mengerjakan
proyek pengamatan cuaca dalam lima hari.
(Mengasosiasi)
¡
Siswa mengisi tabel cuaca harian
dengan simbol cuaca. (Mengasosiasi)
¡
Sebagai penutup kegiatan, guru dan siswa
mengucapkan rasa syukur bahwa dengan beragam cuaca yang kita alami dapat
membantu banyak kegiatan manusia. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Kegiatan diawali dengan
mendengarkan cerita pendek yang dibacakan guru. (Mengamati)
¡
Siswa mendengarkan dan menyimak
cerita tersebut.
¡
Setelah siswa mendengarkan cerita,
guru menjelaskan bahwa gotong-royong adalah perilaku yang baik. Gotong-royong
berarti melakukan kegiatan bersama-sama, berbagi tugas untuk kepentingan
bersama. Dengan bergotong-royong, pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan dapat memperkuat kekeluargaan. Gotong-royong termasuk
perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Sila
ketiga Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Lambangnya adalah pohon
beringin.
¡
Siswa mengamati
gambar lambang sila ketiga Pancasila.
¡
Siswa dibagi menjadi lima
kelompok. (Mengekplorasi)
¡
Setiap kelompok berdiskusi untuk
membuat rencana kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan sekolah.
¡
Setelah menyusun rencana, setiap
kelompok melakukan gotong-royong.
¡
Setelah gotong-royong, siswa kembali
ke kelas untuk menuliskan refleksi diri mengenai anfaat gotong-royong. Siswa
mendapat arahan guru untuk menuliskan refleksi diri. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam Kelas 1 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Tabel cuaca dalam lima hari
¡ Kartu simbol cuaca
¡ Cerita pendek
¡ Sapu ijuk, sapu lidi, pengki, lap
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis di buku latihan siswa
2. Unjuk kerja kegiatan pengamatan cuaca
Rubrik Penilaian Proyek Pengamatan Cuaca
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
1
|
Ketepatan mengisi tabel pengamatan
|
Seluruh tabel pengamatan diisi
dengan tepat
|
Setengah atau lebih tabel pengamatan
diisi dengan tepat
|
Kurang dari setengah tabel
pengamatan diisi dengan tepat
|
Belum mampu mengisi tabel
|
2
|
Ketepatan waktu menyelesaikan proyek
|
Lebih awal dari waktu yang
ditentukan
|
Tepat waktu
|
Terlambat satu hari dari waktu yang
ditentukan
|
Terlambat dua hari dari waktu yang
ditentukan
|
4. Observasi kegiatan bergotong-royong
Lembar Pengamatan Kegiatan Bergotong-royong
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ( ü )
|
Belum Terlihat ( ü )
|
1
|
Kemampuan melakukan pembagian tugas
|
....
|
....
|
2
|
Kemampuan melaksanakan gotong-royong
|
....
|
....
|
3
|
Semangat mengikuti kegiatan
gotong-royong
|
....
|
....
|
No comments:
Post a Comment