RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : V / I ( satu )
Tema : Benda-benda di lingkungan sekitar(1)
Sub Tema :
wujud benda dan ciri-cirinya (1)
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
K1.Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
K2.Memiliki prilaku jujur, disiplin,
tabggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
K3.Memahami pengetahuan factual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya dirumah dan disekolah
K4. Menyajikan pengetahuan factual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku beriman
dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kompetensi
Dasar
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
Indikator
• Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
• Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.
BAHASA INDONESIA
Kompetensi
Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator
• Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
• Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
MATEMATIKA
Kompetensi
Dasar:
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
indikator
• Mengenal bentuk pecahan biasa dan pecahan campuran
• Mengenal bentuk pecahan biasa dan pecahan campuran
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan
kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai,
Murid menemukan contoh perilaku manusia
yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar, cermat dan teliti.
2. Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, murid dapat menemukan contoh–contoh
perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
3. Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, murid menuliskan kosakata baku dan
tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
4. Dengan
melakukan Tanya jawab tentang pecahan, murid dapat mengubah bentuk pecahan
biasa ke bentuk pecahan campuran dengan benar.
D. MATERI POKOK
1. Teks
aneh mengapa bisa begitu (Bahasa Indonesia)
2. Pecahan
biasa dan Campuran
E. MATERI PEMBELAJARAN
(terlampir)
F
F.
PENDEKATAN
dan METODE
Pendekatan
: Saintifik
Metode : Tanya jawab, Penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan ( 5
menit )
1.
Guru memberi salam.
2.
Salah satu murid diminta untuk memimpin
doa.
3.
Mengecek kehadiran murid yang dilakukan
oleh guru.
4.
Murid diberikan apersepsi berupa pertanyaan :
1.
Siapa disini yang suka makan es krim?
2.
5.
Penyampaikan tujuan pembelajaran yang
dilakukan oleh guru
Kegiatan Inti ( 17 menit)
1.
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan
murid secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan
yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
2.
Murid mengamati gambar yang menunjukkan contoh
perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke sungai.
3.
Murid dan Guru menjawab pertanyaan pada
buku Murid berdasarkan pengamatan gambar.
4.
Murid diminta membaca bacaan berjudul
Aneh, Kenapa Bisa Begitu?
5.
Selesai membaca,
Murid menuliskan pada table contoh
kosakata baku dan kosakata tidak baku terdapat pada bacaan.
6. Setelah membaca dan memahami kosa kata kosa kata baku
dan tidak baku, murid menuliskan informasi-informasi
yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan perubahan
wujud benda
7. Murid membentuk
kelompok diskusi untuk mengamati dan mengidentifikasi
perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya
8.
Secara interaktif
dan menarik, guru menjelaskan konsep pecahan
melalui ilustrasi oleh guru .
9.
Murid diberikan
kesempatan untuk bertaya dan memberikan
tanggapan.
10. Murid mengerjakan soal
latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan
campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi
bentuk
pecahan biasa
Kegiatan Penutup ( 3 menit)
1.
Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran dengan bertanya kepada murid “apakah ada
pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan?”
2.
Refleksi terhadap kegiatan yang telah
dilakukan. ( menanya)
Contoh
:
·
Apa saja yang kalian pelajari hari ini?
·
Kegiatan apakah yang paling kalian
senangi?
·
Kesulitan apa yang kalian temui selama
kegiatan pembelajaran?
·
Hal apa saja yang dapat kalian terapkan
dalam kehidupan sehari-hari? Mengapa kamu perlu menerapkannya?
3.
Murid dan guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran. (mengasosiasikan)
4.
Pembelajaran ditutup dengan berdoa
bersama-sama.
H.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
a.
Media
1. Buku teks bacaan perubahan wujud benda.
2. Gambar tentang perilaku yang tidak selaras dengan lingkunga
b. Sumber Belajar
a.
Maryanto, Susilawati Fransiska. Dkk. 2015.
Buku Guru Tematik Terpadu Kurukulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Tema 1
“Benda-benda dilingkungan sekitar”. Jakarta.: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. ( Halaman 7)
b.
Maryanto, Susilawati Fransiska. Dkk. 2015.
Buku Siswa Tematik Terpadu Kurukulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Tema 1
“Benda-benda dilingkungan sekitar”. Jakarta.: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. ( Halaman 1)
Pengetahuan : Tes
Keterampilan : Observasi
a.
Penilaian Pengetahuan
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
Sebutkan contoh perubahan alam
akibat ulah manusia.
|
1.
Pemanasan global
2.
Banjir
3.
Tanah Longsor (dll)
|
30
|
2.
Sebutkan contoh perubahan wujud
benda yang terjadi dalam teks mengapa bisa begitu?
|
1.
Perubahan zat padat (es batu) yang
menjadi zat cair( air) karena panas matahari yang terik
2.
Perubahan zat cair (air) menjadi
gas
3.
Perubahan sabun menjadi busa
|
30
|
3 17/3 ubahlah menjadi pecahan campuran
|
5 2/3
|
10
|
4. 4 2/3 ubahlah menjadi pecahan biasa
|
14/3
|
10
|
5. 6/3 dari
pecahan diatas mana yang di sebut pembilang dan penyebut
|
6
adalah pembilang
3
adalah penyebut
|
20
|
b.
Penilaian uji Unjuk Kerja
Kompetensi
yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
Rubrik
Menulis berdasarkan Pengamatan Gambar
c.
Penilaian
uji Unjuk Kerja
Kompetensi yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa tentang
konsep pecahan
·
Keterampilan siswa dalam
mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
·
Kercamatan dan ketelitian
siswa dalam menggunakan konsep pecahan untuk
menyaksikan soal pecahan
menyaksikan soal pecahan
d.
Penilaian Uji Unjuk Kerja
Kompetensi
yang dinilai:
• Pengetahuan siswa terhadap perubahan alam
• Keterampilan siswa dalam mengumpulkan informasi dan menyaksikannya
• Pengetahuan siswa terhadap perubahan alam
• Keterampilan siswa dalam mengumpulkan informasi dan menyaksikannya
Lampiran Penilaian Keterampilan
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||||||
Pengetahuan
|
Sikap
|
keterampilan
|
||||||||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
PB
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
|
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
nilai akhir = (skor yang diperoleh : skor maksimal) x 100
|
Keterangan :
1 = PB : Perlu Bimbingan
2 = C : Cukup
3 = B : Baik
4 = BS : Sangat Baik
|
No comments:
Post a Comment