RPP K13 SD KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 4 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

Sekolah                            : SD Negeri
Kelas/Semester                : 1 / I
Tema/Subtema                : 4 Keluargaku/3 Keluarga Besarku
Pembelajaran ke-           : 6
Alokasi Waktu                : 5x 35 menit (1 kali pertemuan)

A.    Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan mennanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan, dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindkan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah

4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis
4.9.3 Bermain peran keluarga

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat benda dengan satuan tidak baku menggunakan benda situasi konkret.
3.8.3 Membedakan tinggi, rendah, panjang dan pendek
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda situasi konkret.
4.8.2 Mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku




PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.3Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah

3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah  
3.3.1Menuliskan pengalaman bermain dan beribadah bersama anggota keluarga yang berbeda.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.
4.3.1Menceritakan pengalaman bersama keluarga.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan melakukan bermain peran keluarga, peserta didik dapat memahami kedudukan keluarga dengan benar.
2.         Dengan menyimak gambar, peserta didik dapat mengetahui mana yang tinggi, rendah, panjang dan pendek.
3.         Dengan mengerjakan latihan di buku peserta didik, peserta didik mampu melakukan kegiatan mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan tepat.
4.         Dengan menyimak gambar, peserta didik dapat bercerita pengalamannya beribadah bersama keluarga dengan baik.
5.         Dengan bimbingan guru, peserta didik dapat menuliskan pengalaman bermain dan beribadah bersama anggota keluarga yang berbeda

D.    Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia : Bermain peran anggota keluarga
Matematika          : Membedakan tinggi, rendah, panjang, dan pendek benda
PPKn                    : Pengalaman beribadah bersama keluarga
(Terlampir)

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan          : Saintifik
Metode                 : Tanya Jawab, Penugasan, Ceramah, Diskusi, Role Playing
Model                   : Talking Stick

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.          Salam dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
2.          Berdoa.
3.          Mengecek kehadiran peserta didik.
4.          Peserta didik menyanyikan lagu “paman datang”.
5.          Apersepsi
Peserta didik diberikan pertanyaan penggiring mengenai keluarga besar : “Anak-anak,siapa disini yang pernah bermain drama?” ”Pernahkah kalian mencoba untuk membandingkan tinggi badan kalian dengan teman sebangku kalian? kira-kira siapa yang lebih tinggi ya?” “Kalian pasti pernah kan beribadah bersama keluarga kalian? seperti sholat berjama’ah atau pergi ke tempat ibadah bersama?”
6.          Menyampaikan informasi tentang kegiatan dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan : “anak-anak, hari ini kita akan belajar  tema Keluargaku dengan subtema Keluarga Besarku, jadi hari ini kita akan melakukan permainan yang menyenangkan, yaitu bermain peran. Setelah itu kita akan membedakan dan mengukur panjang, pendek, tinggi, dan rendah benda-benda yang ada di kelas ini, lalu kalian akan menceritakan pengalaman beribadah bersama keluarga”. “Tujuan dari pembelajaran hari ini adalah dengan melakukan permainan bermain peran diharapkan kalian dapat mengetahui tentang kedudukan anggota keluarga kalian, lalu kalian dapat membedakan tinggi, rendah, panjang, dan pendek dengan tepat, serta dapat bercerita tentang pengalaman beribadah bersama dengan keluarga kalian.”
15 menit
Kegiatan inti

1.        Peserta didik diminta mengamati gambar percakapan yang ada di buku siswa.
2.        Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar tersebut.
3.        Peseta didik diminta untuk  memperagakan percakapan tersebut.
4.        Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri dari dua orang.
5.        Peserta didik secara berkelompok diminta maju ke depan kelas bergiliran untuk memperagakan percakapan.
6.        Peserta didik diberi reward berupa tepuk tangan dan pujian oleh guru.
7.        Peserta didik dan guru membahas tentang isi dari drama yang baru saja mereka peragakan.
(Guru : “Siapa yang bercakap-cakap? Apa yang ditanyakan kakek? Apa yang membuat Siti merasa senang?”
8.        Peserta didik diminta mengamati gambar keluarga Udin yang terdapat pada buku siswa.
9.        Peserta didik dan guru berdiskusi mengenai gambar keluarga Udin.
10.    Peserta didik diminta menjawab pertanyaan di buku siswa berdasarkan gambar yang mereka amati dengan jawaban yang telah disediakan didalam kotak jawaban.
11.    Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru.
12.    Peserta didik dibagi ke dalam kelompok beranggotakan 2 orang.
13.    Setiap kelompok di minta untuk mencari 5 benda yang ada di dalam kelas kemudian membandingkan benda-benda tersebut berdasarkan panjang pendeknya.
14.     Peserta didik diberikan waktu 5 menit untuk mencari.
15.    Setelah itu setiap kelompok di beri waktu 5 menit untuk mengurutkan benda berdasarkan panjang pendeknya.
16.    Setelah waktu habis, semua kelompok di minta untuk maju ke depan kelas secara bergiliran untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
17.    Kelompok yang benar membandingkan benda yang tinggi dan yang pendek diberi reward oleh guru.
18.    Peserta didik diminta mengamati gambar di buku siswa.
19.    Peserta didik ditanya oleh guru tentang gambar yang mereka amati.
(Guru: “Tahukah kalian gambar apa ini? Iya, ini adalah gambar orang yang sedang beribadah. nah, pernahkah kalian beribadah bersama anggota keluarga kalian?”)
20.     Guru menyiapkan sebuah tongkat.
21.    Guru meminta peserta didik menebak apa yang akan dilakukan dengan tongkat tersebut.
22.    Peserta didik dijelaskan bahwa mereka akan diminta maju ke depan kelas satu persatu untuk menceritakan pengalamannya beribadah bersama keluarganya. Dan guru memilih peserta didik melalui model talking stick dengan langkah-langkah:
-        Guru memberikan tongkat kepada seorang peserta didik, setelah itu guru memutarkan lagu anak anak sambil menjalanankan tongkat.
-        Setelah lagu berhenti, peserta didik yang memegang tongkat harus maju ke depan menceritakan pengalamannya. Demikian seterusnya.
23.     Peserta didik maju ke depan kelas satu persatu untuk menceritakan pengalamannya bribadah bersama keluarganya melalui model talking stick.
24.    Peserta didik diberi reward berupa tepuk tangan dan pujian oleh guru.
25.    Peserta didik menuliskan pengalaman bermain dan beribadah bersama keluarga besarnya di tabel yang sudah disediakan di buku siswa.
145 menit
Penutup

1.          Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
2.          Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.          Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
4.          Peserta didik menyanyikan lagu “mari pulang”.
5.          Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
15 menit






G.    Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Teknik                                : Observasi
Instrumen                          : Format Penilaian Sikap
No
Tanggal
Nama Peserta Didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
Teliti
Percaya Diri
Kerja sama

































2.      Penilaian Pengetahuan
Teknik           : Tes tertulis.
 Instrumen     : Isian
Matematika (Buku siswa halaman 119)





Kunci Jawaban
Ayah Udin lebih tinggi dari Kakak Udin.
Kakak Udin lebih pendek dari Ibunya.
Udin terpendek di keluarganya.
Ayah Udin tertinggi di keluarganya.
Sepeda Udin lebih panjang dari pada mainannya.



Pedoman Penskoran
No
Skor Maksimal
Kriteria
1
20
Jika menjawab dan jawaban benar = 20
Jika menjawab dan jawaban salah = 5
Jika tidak menjawab = 0
2
20
Jika menjawab dan jawaban benar = 20
Jika menjawab dan jawaban salah = 5
Jika tidak menjawab = 0
3
20
Jika menjawab dan jawaban benar = 20
Jika menjawab dan jawaban salah = 5
Jika tidak menjawab = 0
4
20
Jika menjawab dan jawaban benar = 20
Jika menjawab dan jawaban salah = 5
Jika tidak menjawab = 0
5
20
Jika menjawab dan jawaban benar = 20
Jika menjawab dan jawaban salah = 5
Jika tidak menjawab = 0
Skor Total
100


3.      Penilaian Keterampilan
Teknik                       : Praktik
Instrumen                  : Rubrik penilaian
No
Nama Peserta Didik
Aspek : Bermain Peran.
Ada ekspresi, gerak tubuh, intonasi dan kelancaran membaca.
Baik Sekali
(4)
Hanya
memenuhi 2 kriteria
Baik
(3)
Hanya
memenuhi 1 kriteria. Cukup
(2)
Belum mampu.
Perlu Pendampingan
(1)































No
Nama Peserta Didik
Aspek : Bercerita Pengalaman Beribadah.
Ada ekspresi, gerak tubuh, intonasi dan kelancar bercerita.
Baik Sekali
(4)
Hanya
memenuhi 2 kriteria
Baik
(3)
Hanya
memenuhi 1 kriteria. Cukup
(2)
Belum mampu.
Perlu Pendampingan
(1)































H.    Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat           :
1.          Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 4 “Keluargaku”
2.          Gambar peragaan percakapan
3.          Gambar keluarga Udin
4.          Tongkat
5.          Laptop
6.          Reward (permen)

Bahan               : -
Sumber Belajar    :
1.         Permendikbud. 2016. Kurikulum 2013. Standar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan.
2.         Nurhasanah dan Lubna Assagaf. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas , Tema 4: Keluargaku. Buku Tematik Terpadu Kerikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.


No comments:

Post a Comment