RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]
Sekolah : SD Negeri
Kelas/Semester : 1 / I
Tema/Subtema : 4 Keluargaku/3 Keluarga Besarku
Pembelajaran ke- :
6
Alokasi Waktu : 5x 35 menit (1 kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
(KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan mennanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan, dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindkan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.9 Merinci
kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah
|
|
4.9 Menggunakan
kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan
tulis
|
4.9.3 Bermain peran keluarga
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Mengenal dan
menentukan panjang dan berat benda dengan satuan tidak baku menggunakan benda
situasi konkret.
|
3.8.3 Membedakan tinggi, rendah, panjang
dan pendek
|
4.8 Melakukan
pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda
situasi konkret.
|
4.8.2 Mengukur panjang benda menggunakan
satuan tidak baku
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.3Menerima
keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
|
2.3Menampilkan
kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
|
|
3.3
Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah
|
3.3.1Menuliskan pengalaman bermain dan
beribadah bersama anggota keluarga yang berbeda.
|
4.3 Menceritakan
pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.
|
4.3.1Menceritakan pengalaman bersama
keluarga.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan melakukan bermain peran
keluarga, peserta didik dapat memahami kedudukan
keluarga dengan benar.
2.
Dengan menyimak
gambar, peserta didik dapat mengetahui mana yang tinggi, rendah,
panjang dan pendek.
3.
Dengan mengerjakan latihan di buku peserta
didik, peserta didik mampu melakukan kegiatan mengukur panjang benda
menggunakan satuan tidak baku dengan tepat.
4.
Dengan menyimak gambar, peserta
didik dapat bercerita pengalamannya beribadah bersama keluarga dengan
baik.
5.
Dengan bimbingan
guru, peserta didik dapat menuliskan pengalaman bermain
dan beribadah bersama anggota keluarga yang berbeda
D.
Materi
Pembelajaran
Bahasa
Indonesia : Bermain peran anggota keluarga
Matematika : Membedakan tinggi, rendah, panjang,
dan pendek benda
PPKn : Pengalaman beribadah
bersama keluarga
(Terlampir)
E.
Pendekatan, Metode
dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Tanya Jawab, Penugasan,
Ceramah, Diskusi, Role Playing
Model : Talking Stick
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam dan mengondisikan
kelas agar siap untuk belajar.
2.
Berdoa.
3.
Mengecek kehadiran peserta didik.
4.
Peserta didik menyanyikan lagu “paman datang”.
5.
Apersepsi
Peserta didik diberikan pertanyaan penggiring
mengenai keluarga besar : “Anak-anak,siapa disini yang pernah bermain drama?”
”Pernahkah kalian mencoba untuk membandingkan tinggi badan kalian dengan
teman sebangku kalian? kira-kira siapa yang lebih tinggi ya?” “Kalian pasti
pernah kan beribadah bersama keluarga kalian? seperti sholat berjama’ah atau
pergi ke tempat ibadah bersama?”
6.
Menyampaikan informasi tentang kegiatan dan tujuan
pembelajaran yang akan dilakukan : “anak-anak, hari ini kita akan
belajar tema Keluargaku dengan subtema
Keluarga Besarku, jadi hari ini kita akan melakukan permainan yang
menyenangkan, yaitu bermain peran. Setelah itu kita akan membedakan dan
mengukur panjang, pendek, tinggi, dan rendah benda-benda yang ada di kelas
ini, lalu kalian akan menceritakan pengalaman beribadah bersama keluarga”.
“Tujuan dari pembelajaran hari ini adalah dengan melakukan permainan bermain
peran diharapkan kalian dapat mengetahui tentang kedudukan anggota keluarga
kalian, lalu kalian dapat membedakan tinggi, rendah, panjang, dan pendek
dengan tepat, serta dapat bercerita tentang pengalaman beribadah bersama
dengan keluarga kalian.”
|
15
menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Peserta didik diminta mengamati gambar percakapan yang ada di
buku siswa.
2.
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar tersebut.
3.
Peseta didik diminta untuk memperagakan percakapan tersebut.
4.
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri dari dua orang.
5.
Peserta didik secara berkelompok diminta maju ke depan kelas
bergiliran untuk memperagakan percakapan.
6.
Peserta didik diberi reward
berupa tepuk tangan dan pujian oleh guru.
7.
Peserta didik dan guru membahas tentang isi dari drama yang baru
saja mereka peragakan.
(Guru : “Siapa yang bercakap-cakap? Apa
yang ditanyakan kakek? Apa yang membuat Siti merasa senang?”
8.
Peserta didik diminta mengamati gambar keluarga Udin yang
terdapat pada buku siswa.
9.
Peserta didik
dan guru berdiskusi mengenai gambar keluarga Udin.
10.
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan di buku siswa berdasarkan
gambar yang mereka amati dengan jawaban yang telah disediakan didalam kotak
jawaban.
11.
Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru.
12.
Peserta didik dibagi ke dalam kelompok beranggotakan 2 orang.
13.
Setiap kelompok di minta untuk mencari 5 benda yang ada di dalam
kelas kemudian membandingkan benda-benda tersebut berdasarkan panjang
pendeknya.
14.
Peserta didik diberikan
waktu 5 menit untuk mencari.
15.
Setelah itu setiap kelompok di beri waktu 5 menit untuk
mengurutkan benda berdasarkan panjang pendeknya.
16.
Setelah waktu habis, semua kelompok di minta untuk maju ke depan
kelas secara bergiliran untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
17.
Kelompok yang benar membandingkan benda yang tinggi dan yang
pendek diberi reward oleh guru.
18.
Peserta didik diminta mengamati gambar di buku siswa.
19.
Peserta didik ditanya oleh guru tentang gambar yang mereka
amati.
(Guru: “Tahukah kalian gambar apa ini?
Iya, ini adalah gambar orang yang sedang beribadah. nah, pernahkah kalian
beribadah bersama anggota keluarga kalian?”)
20.
Guru menyiapkan sebuah tongkat.
21.
Guru meminta peserta didik menebak apa yang akan dilakukan
dengan tongkat tersebut.
22.
Peserta didik dijelaskan bahwa mereka akan diminta maju ke depan
kelas satu persatu untuk menceritakan pengalamannya beribadah bersama
keluarganya. Dan guru memilih peserta didik melalui model talking stick dengan langkah-langkah:
-
Guru memberikan tongkat kepada seorang peserta didik, setelah
itu guru memutarkan lagu anak anak sambil menjalanankan tongkat.
-
Setelah lagu berhenti, peserta didik yang memegang tongkat harus
maju ke depan menceritakan pengalamannya. Demikian seterusnya.
23.
Peserta didik maju ke
depan kelas satu persatu untuk menceritakan pengalamannya bribadah bersama
keluarganya melalui model talking
stick.
24.
Peserta didik diberi reward
berupa tepuk tangan dan pujian oleh guru.
25.
Peserta didik
menuliskan pengalaman bermain dan beribadah bersama keluarga
besarnya di tabel yang sudah disediakan di buku siswa.
|
145 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik bersama guru melakukan
refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
“Apa saja yang telah dipelajari dari
kegiatan hari ini?”
2.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada
hari ini.
3.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas
pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
4.
Peserta didik menyanyikan lagu “mari pulang”.
5.
Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
15 menit
|
G.
Penilaian
1.
Penilaian Sikap
Teknik : Observasi
Instrumen : Format Penilaian Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Peserta
Didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
||
Teliti
|
Percaya Diri
|
Kerja sama
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
Teknik :
Tes tertulis.
Instrumen :
Isian
Matematika (Buku siswa halaman 119)
Kunci Jawaban
Ayah
Udin lebih tinggi dari Kakak Udin.
Kakak
Udin lebih pendek dari Ibunya.
Udin
terpendek di keluarganya.
Ayah
Udin tertinggi di keluarganya.
Sepeda
Udin lebih panjang dari pada mainannya.
Pedoman Penskoran
No
|
Skor
Maksimal
|
Kriteria
|
1
|
20
|
Jika
menjawab dan jawaban benar = 20
Jika
menjawab dan jawaban salah = 5
Jika
tidak menjawab = 0
|
2
|
20
|
Jika
menjawab dan jawaban benar = 20
Jika
menjawab dan jawaban salah = 5
Jika
tidak menjawab = 0
|
3
|
20
|
Jika
menjawab dan jawaban benar = 20
Jika
menjawab dan jawaban salah = 5
Jika
tidak menjawab = 0
|
4
|
20
|
Jika
menjawab dan jawaban benar = 20
Jika
menjawab dan jawaban salah = 5
Jika
tidak menjawab = 0
|
5
|
20
|
Jika
menjawab dan jawaban benar = 20
Jika
menjawab dan jawaban salah = 5
Jika
tidak menjawab = 0
|
Skor
Total
|
100
|
|
3.
Penilaian Keterampilan
Teknik : Praktik
Instrumen : Rubrik penilaian
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek : Bermain Peran.
|
|||
Ada ekspresi, gerak tubuh, intonasi
dan kelancaran membaca.
Baik Sekali
(4)
|
Hanya
memenuhi 2 kriteria
Baik
(3)
|
Hanya
memenuhi 1 kriteria.
Cukup
(2)
|
Belum mampu.
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek : Bercerita Pengalaman Beribadah.
|
|||
Ada ekspresi, gerak tubuh, intonasi
dan kelancar bercerita.
Baik Sekali
(4)
|
Hanya
memenuhi 2 kriteria
Baik
(3)
|
Hanya
memenuhi 1 kriteria.
Cukup
(2)
|
Belum mampu.
Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H.
Media/Alat, Bahan,
dan Sumber Belajar
Media/alat :
1.
Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 4 “Keluargaku”
2.
Gambar
peragaan percakapan
3.
Gambar
keluarga Udin
4.
Tongkat
5.
Laptop
6.
Reward (permen)
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1.
Permendikbud.
2016. Kurikulum 2013. Standar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan.
2.
Nurhasanah dan
Lubna Assagaf. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas , Tema 4: Keluargaku. Buku
Tematik Terpadu Kerikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan kebudayaan.
No comments:
Post a Comment