RPP MATEMATIKA KTSP SD KELAS 5 SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan             : SD 
Mata Pelajaran                   :Matematika
Kelas/Semester                   : V/1


A.    Standar Kompentensi
                        7.  Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun

B.     Kompetensi Dasar
 7.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang balok

C.    Indikator
7.1.1  Menyebutkan jenis-jenis bangun ruang balok
7.1.2  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang balok
7.1.3  Menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan guru dan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis bangun ruang persegi panjang
2.      Setelah berdiskusi secara kelompok, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang persegi panjang dengan benar.
3.      Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang di lingkungan sekitarnya dengan benar.

E.     Karakter siswa yang diharapkan :  
a.      Disiplin ( Discipline )
b.      Tekun ( diligence )
c.       Tanggung jawab ( responsibility )
d.      Ketelitian ( carefulness)
e.      Kerja sama ( Cooperation )
f.        Percaya diri ( Confidence )


F.     Materi ajar
1.       Bentuk-bentuk bangun ruang balok
2.       Sifat-sifat bangun ruang balok

G.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab dan diskusi

H.    Langkah Kegiatan Pembelajaran

Jenis Kegiatan
Kegiatan Guru
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.       Guru memasuki ruangan kelas dengan mengucapkan salam
2.      Guru mengkondisikan ruangan kelas
3.       Guru menginstruksikan KM untuk memimpin doa dan mengabsen
4.      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya materi sebelumnya yang telah dipelajari oleh siswa yaitu tentang sifat-sifat bangun datar
5.      Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
1.       Guru bertanya kepada siswa mengenai bangun ruang dengan bertanya mengenai ruang kelas yang sedang mereka tempati.
2.      Guru memperlihatkan bangun ruang balok kepadda siswa
3.      Setelah memperlihatkan bangun ruang balok, guru bertanya kepada siswa tentang contoh nyata bentuk bangun ruang yang ada di sekitar.
4.      Guru mendemonstrasikan kepada siswa tentang struktur yang membentuk bangun ruang tersebut ada sisi, rusuk, dan sudut.
5.      Guru bertanya kepada siswa sisi rusuk dan sudut bangun ruang persegi panjang
6.      Guru bertanya kepada siswa tentang pemahamanya mengenai materi yang telah dipelajari
7.      Guru memberikan lembar evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan

50 menit
Kegiatan Akhir
20).  Guru melakukan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan dengan bertanya tentang kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
21).  Guru menutup kegiatan pembelajaran, dan mengingatkan siswa untuk belajar materi pembelajaran selanjutnya
22).  Guru menutup pelajaran dengan doa
10 menit

I.       Sumber dan Media Pembelajaran
Astuti, Lusia Tri dan P. Sunardi. 2009. Matematika 5. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional (Hal 144-151)
Bangun ruang dengan alat peraga dari karton
Benda-benda di sekitar siswa


  



J.      Penilaian

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
6.1.1   Menyebutkan bangun ruang persegi panjang yang ada di sekitar
6.1.2   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang persegi panjang
6.1.3   Menyebutkan contoh-contoh benda bentuk bangun ruang persegi panjang di lingkungan sekitar
Tes Tulis
Uraian
1. Tentukan jumlah sisi, rusuk dan sudut bangun ruang balok!


2.  Sifat-sifat dari bangun ruang balok adalah?

3.Sebutkan contoh bentuk bangun ruang balok yang ada di sekitar mu!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN

1.      PRODUK
No.
Aspek yang Dinilai
Kriteria Penilaian
(skor)
4
3
2
1
1.
Ketelitian menentukan jumlah sisi, rusuk dan titik sudut setiap bangun ruang
2.                    
Kesesuaian dalam menentukan sifat-sifat khusus bangun ruang

Ket:          
Skor 4 : Sangat Baik
Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup
Skor 1 : Kurang












3.      SIKAP

No

Nama Siswa
Aspek Yang Di Nilai
Disiplin
Tekun
Tanggung Jawab
Percaya Diri
Bekerjasama
Ketelitian
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1
            

Keterangan nilai:                  
Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 1 : Kurang Baik


4.      PSIKOMOTOR
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.       



2.       


Pengetahuan



Praktek



Sikap
*Pengetahuan
*Kadang-kadang Pengetahuan
*Tidak Pngetahuan

*Aktif  Praktek
*Kadang-kadang aktif
*Tidak aktif

*Sikap
*Kadang-kadang Sikap
*Tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1












 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Sikap
Psikomotor










  
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                          …………………………………………


No comments:

Post a Comment