RPP K13 SD KELAS 4 SEMESTER 2 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

Sekolah                             : SD Negeri
Kelas/Semester                : IV / II
Tema/Subtema                 : 6 Cita-Citaku /1 Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran ke-             : 1
Alokasi Waktu                 : 5x 35 menit (1 kali pertemuan)

A.     Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan mennanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan, dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindkan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6  Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
3.6.1  Mengidentifikasi ciri-ciri puisi
4.6  Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
4.6.1  Membacakan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi

IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan
dengan upaya pelestariannya.
3.2.1   Mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya
4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan
sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
4.2.1  Membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya

C.     Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan diskusi, peserta didik dapat mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2.         Dengan membuat kesimpulan, peserta didik dapat membacakan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
3.         Dengan mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.         Dengan menyusun gambar, peserta didik dapat membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.

D.     Tujuan Latihan
1.      Keterampilan Mengadakan Variasi
2.      Keterampilan Diskusi Kecil
3.      Keterampilan Mengelola Kelas dan Disiplin

E.     Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia  : Puisi
IPA                       : Siklus makhluk hidup
(Terlampir)

F.      Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan           : Saintifik
Metode                 : Tanya Jawab, Penugasan, Ceramah, Diskusi
Model                   :

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.          Salam dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
2.          Berdoa.
3.          Mengecek kehadiran peserta didik.
4.          Apersepsi
Peserta didik dan guru bertanya jawab berdasarkan subtema  (“Anak-anak apakah kalian pernah membayangkan akan menjadi apa dikemudian hari?”, “apakah yang kalian bayangkan itu sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan?”,”apakah kamu pernah membayangkan akan menjadi seorang dokter, guru, atau pin pilot?”)
5.         Menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
6.         Menyampaikan informasi tentang kegiatan dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
15 menit
Kegiatan inti

1.        Peserta didik diminta mengamati gambar dipapan tulis.
2.        Peseta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ada dipapan tulis.
(Guru: “Nah, pekerjaan apa yang pada gambar? Coba kalian sebutkan kegiatan yang dilakukan pada pekerjaan yang terdapat pada gambar”?)
3.        Peserta didik diminta menuliskan nama pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan pada gambar dibuku siswa.
4.        Peserta didik diminta menuliskan tentang cita-cita mereka.
5.        Peserta didik secara bergantian membacakan tentang cita-cita mereka didepan kelas.
6.        Peserta didik mendengarkan guru membacakan sebuah teks yang ada dibuku siswa.
7.        Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang teks yang telah dibacakan oleh guru.
(Guru: “Teks apakah yang telah ibu bacakan tadi?”, “iya, teks yang telah ibu bacakan tadi merupakan sebuah karya puisi”)
8.        Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 orang.
9.        Salah satu dari masing-masing perwakilan kelompok membacakan teks puisi didepan teman sekelompoknya.
10.    Peserta didik yang lain diminta untuk mengamati temannya yang sedang membacakan puisi.  
11.    Peserta didik diberi waktu 5 menit untuk mendiskusikan ciri-ciri dari teks yang telah dibacakan oleh temannya secara berkelompok.
12.    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas.
13.  Peserta didik yang menjawab benar diberi reward oleh guru berupa tepuk tangan.
14.  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang bagian-bagian pada puisi.
15.    Setiap kelompok diberi baris-baris puisi yang acak, peserta didik diminta untuk menyusun baris-baris puisi yang acak tersebut menjadi sebuah bait puisi yang tepat secara berkelompok.
16.    Kelompok yang telah selesai menempelkan hasilnya dipapan tulis.
17.    Kelompok yang menjawab dengan tepat dan cepat diberi reward oleh guru..
18.    Peserta didik membacakan teks percakapan yang ada dibuku siswa didepan kelas.
19.      Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang teks percakapan yang telah dibacakan.
(Guru: “apakah kalian memiliki hewan peliharaan seperti Udin juga?”, “apa saja hewan peliharaan kalian?”, “bagaimana kalian memelihara hewan peliharaan kalian?”)
20.    Pesrta didik mengamati gambar yang ditempel oleh guru dipapan tulis.
21.    Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ditempel dipapan tulis.
(Guru: “apakah hewan yang ada pada gambar memiliki anak?”
22.     Peserta didik diminta membaca teks yang ada pada buku siswa.
23.     Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan.
24.     Peserta didik kembali pada kelompoknya, setiap kelompok diberi gambar hewan berdasarkan pada pertumbuhannya.
25.     Setiap kelompok diminta menyusun tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan menjadi tahapan pertumbuhan yang benar secara berkelompok.
26.     Masing-masing kelompok mengerjakan soal yang ada pada LKS.
27.     Kelompok yang telah selesai, menempelkan gambar sesuai urutannya dipapan dan mempresentasikannya didepan kelas.
28.     Kelompok yang menjawab benar dan cepat diberi reward oleh guru.
145 menit
Penutup

1.          Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:                                   
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? Bagaimana perasaan kalian setelah belajar?”
2.          Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.          Evaluasi
4.          Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
(Guru : “anak-anak besok kita akan bermain peran dan menggambar rumah yang kita impikan, juga kita akan melanjutkan tentang pertumbuhan pada hewan”)
5.          Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas.
6.          Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
15 menit




H.    Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Teknik                    : Observasi
Instrumen               : Format PenilaianSikap (Jurnal)
a.       PenilaianSikap KI 1 (spiritual)
Nama
Aspek yang dinilai
Berperilaku Syukur
Berdoa Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Toleransi dalam Beribadah






















Keterangan diisi predikat dengan ketentuan sebagai berikut:
Predikat
Berperilaku Syukur
Berdoa Sebelum dan Sesudah Kegiatan
Toleransi dalam Kegiatan
SM (Sudah Membudaya)
3
3
3
MT (Mulai Terlihat)
2
2
2
PB (Perlu Bimbingan)
1
1
1

b.      PenilaianSikap KI 2 (sosial)
Nama

Aspek yang dinilai
Percaya Diri
Kerjasama
















Keterangan diisi predikat dengan ketentuan sebagai berikut:
Predikat
Percaya Diri
Kerjasama
SM (Sudah Membudaya)
3
3
MT (Mulai Terlihat)
2
2
PB (Perlu Bimbingan)
1
1

2.      Penilaian Pengetahuan
Teknik           : Tes tertulis
 Instrumen     : Rubrik
1)      Membuat kesimpulan dari pengamatan dan diskusi



Unjuk kerja membuat kesimpulan dari pengamatan dan diskusi
No
Nama Peserta Didik
Aspek : Pengetahuan tentang ciri-ciri puisi
Menyebutkan
dengan benar
semua ciri puisi.
Baik Sekali
(4)
Menyebutkan 3 ciri puisi dengan benar.
Baik
(3)
Menyebutkan 2 ciri puisi dengan benar.
Cukup
(2)
Hanya dapat
menyebutkan 1 ciri puisi
Perlu Pendampingan
(1)




















No
Nama Peserta Didik
Aspek : Keterampilan menuliskan hasil kesimpulan pengamatan dan diskusi tentang ciri-ciri puisi dengan benar dan bahasa yang runtut
Menuliskan semua
ciri-ciri puisi
dengan benar dan
runtut
Baik Sekali
(4)
Menuliskan 3 ciriciri puisi dengan
bahasa yang
runtut .
Baik
(3)
Menuliskan
dengan benar 2 ciri-ciri puisi dan
bahasa kurang
runtut.
Cukup
(2)
Menuliskan
dengan benar
1 ciri-ciri puisi
dengan bahasa
kurang runtut.
Perlu Pendampingan
(1)



















2)      Menyusun tahapan perkembangan hewan

Unjuk kerja Menyusun tahapan perkembangan hewan

No
Nama Peserta Didik
Aspek : Pengetahuan tentang tahapan pertumbuhan hewan.
Mampu menyusun
4 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
sangat tepat
Baik Sekali
(4)
Mampu menyusun
3 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
tepat.
Baik
(3)
Mampu menyusun
2 gambar tahapan
pertumbuhan
hewan.
Cukup
(2)
Tidak mampu
menyusun
tahapan
pertumbuhan
hewan dengan
tepat.
Perlu Pendampingan
(1)


























No
Nama Peserta Didik
Aspek : Keterampilan menyajikan kesimpulan tentang tahapan pertumbuhan hewan
Kesimpulan ditulis
dengan tepat dan
meliputi 4 tahapan
sesuai dengan
gambar.
Baik Sekali
(4)
Kesimpulan ditulis
dengan tepat
meliputi 3 tahapan
sesuai dengan
gambar.
Baik
(3)
Kesimpulan ditulis
dengan tepat
meliputi 2 tahapan
sesuai dengan
gambar.
Cukup
(2)
Kesimpulan ditulis
dengan kurang
tepat dan tidak
meliputi tahapan
sesuai dengan
gambar
Perlu Pendampingan
(1)



















I.       Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat            :
1.    Buku Siswa SD/MI Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”
2.    Teks percakapan
3.    Gambar pekerjaan “Guru”
4.    Gambar hewan peliharaan
5.    Kertas berisi baris-baris puisi
6.    Reward (permen)

Bahan                : -
Sumber Belajar :
Irene Maria Juli Astuti. Buku Guru Kelas 4 , Tema 6: Cita-Citaku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.(Hal. 4—11)

Irene Maria Juli Astuti. Buku Siswa Kelas 4 , Tema 6: Cita-Citaku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.(Hal. 1—9)






No comments:

Post a Comment