RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]
Sekolah : SD Negeri
Kelas/Semester :
IV / II
Tema/Subtema :
6 Cita-Citaku /1 Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran
ke- :
1
Alokasi
Waktu :
5x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
mennanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan,
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindkan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan
secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
3.6.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri puisi
|
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
4.6.1 Membacakan
hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi
|
IPA
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan
dengan upaya pelestariannya. |
3.2.1 Mengidentifikasi
siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya
|
4.2
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di
lingkungan
sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya. |
4.2.1 Membuat skema siklus makhluk
hidup yang ada di sekitarnya
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
diskusi, peserta didik dapat mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2.
Dengan
membuat kesimpulan, peserta didik dapat membacakan hasil pengamatan tentang
ciri-ciri puisi secara terperinci.
3.
Dengan
mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi siklus makhluk hidup
yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.
Dengan
menyusun gambar, peserta didik dapat membuat skema siklus makhluk hidup yang
ada di sekitarnya dengan baik.
D.
Tujuan Latihan
1.
Keterampilan
Mengadakan Variasi
2.
Keterampilan
Diskusi Kecil
3.
Keterampilan
Mengelola Kelas dan Disiplin
E.
Materi Pembelajaran
Bahasa
Indonesia : Puisi
IPA :
Siklus makhluk hidup
(Terlampir)
F. Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Tanya Jawab, Penugasan,
Ceramah, Diskusi
Model :
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam dan mengondisikan kelas agar siap untuk
belajar.
2.
Berdoa.
3.
Mengecek
kehadiran peserta didik.
4.
Apersepsi
Peserta didik dan guru bertanya jawab berdasarkan subtema (“Anak-anak apakah kalian pernah
membayangkan akan menjadi apa dikemudian hari?”, “apakah yang kalian
bayangkan itu sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan?”,”apakah kamu pernah
membayangkan akan menjadi seorang dokter, guru, atau pin pilot?”)
5.
Menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
6.
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
|
15 menit
|
Kegiatan
inti
|
1.
Peserta
didik diminta mengamati gambar dipapan tulis.
2.
Peseta
didik dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ada dipapan tulis.
(Guru:
“Nah, pekerjaan apa yang pada gambar? Coba kalian sebutkan kegiatan yang
dilakukan pada pekerjaan yang terdapat pada gambar”?)
3.
Peserta
didik diminta menuliskan nama pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan pada
gambar dibuku siswa.
4.
Peserta
didik diminta menuliskan tentang cita-cita mereka.
5.
Peserta didik
secara bergantian membacakan tentang cita-cita mereka didepan kelas.
6.
Peserta didik mendengarkan
guru membacakan sebuah teks yang ada dibuku siswa.
7.
Peserta
didik dan guru bertanya jawab tentang teks yang telah dibacakan oleh guru.
(Guru: “Teks apakah yang telah ibu bacakan tadi?”,
“iya, teks yang telah ibu bacakan tadi merupakan sebuah karya puisi”)
8.
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 orang.
9.
Salah
satu dari masing-masing perwakilan kelompok membacakan teks puisi didepan
teman sekelompoknya.
10. Peserta didik yang lain diminta
untuk mengamati temannya yang sedang membacakan puisi.
11. Peserta didik diberi waktu 5 menit untuk
mendiskusikan ciri-ciri dari teks yang telah dibacakan oleh temannya secara
berkelompok.
12. Peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya didepan kelas.
13. Peserta didik yang menjawab benar
diberi reward oleh guru berupa tepuk tangan.
14. Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang bagian-bagian pada puisi.
15. Setiap kelompok diberi
baris-baris puisi yang acak, peserta didik diminta untuk menyusun baris-baris
puisi yang acak tersebut menjadi sebuah bait puisi yang tepat secara
berkelompok.
16. Kelompok yang telah selesai menempelkan
hasilnya dipapan tulis.
17. Kelompok yang menjawab dengan tepat dan
cepat diberi reward oleh guru..
18. Peserta didik membacakan teks
percakapan yang ada dibuku siswa didepan kelas.
19. Peserta didik dan guru bertanya
jawab tentang teks percakapan yang telah dibacakan.
(Guru: “apakah kalian memiliki hewan peliharaan
seperti Udin juga?”, “apa saja hewan peliharaan kalian?”, “bagaimana kalian
memelihara hewan peliharaan kalian?”)
20. Pesrta didik mengamati gambar
yang ditempel oleh guru dipapan tulis.
21. Peserta didik dan guru bertanya
jawab tentang gambar yang ditempel dipapan tulis.
(Guru: “apakah hewan yang ada pada gambar memiliki
anak?”
22.
Peserta
didik diminta membaca teks yang ada pada buku siswa.
23. Peserta didik mendengarkan penjelasan
guru tentang tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan.
24. Peserta didik kembali pada kelompoknya,
setiap kelompok diberi gambar hewan berdasarkan pada pertumbuhannya.
25. Setiap kelompok diminta menyusun tahapan
pertumbuhan dan perkembangan hewan menjadi tahapan pertumbuhan yang benar
secara berkelompok.
26. Masing-masing kelompok mengerjakan soal
yang ada pada LKS.
27. Kelompok yang telah selesai, menempelkan
gambar sesuai urutannya dipapan dan mempresentasikannya didepan kelas.
28. Kelompok yang menjawab benar dan cepat
diberi reward oleh guru.
|
145
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah
berlangsung:
“Apa
saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
Bagaimana perasaan kalian setelah belajar?”
2.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3.
Evaluasi
4.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya.
(Guru
: “anak-anak besok kita akan bermain peran dan menggambar rumah yang kita
impikan, juga kita akan melanjutkan tentang pertumbuhan pada hewan”)
5.
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas.
6.
Pelajaran ditutup dengan doa bersama.
|
15
menit
|
H. Penilaian
1.
Penilaian Sikap
Teknik : Observasi
Instrumen : Format PenilaianSikap (Jurnal)
a. PenilaianSikap KI 1 (spiritual)
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
|||||
Berperilaku Syukur
|
Berdoa Sebelum dan Sesudah Kegiatan
|
Toleransi dalam Beribadah
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan diisi predikat
dengan ketentuan sebagai berikut:
Predikat
|
Berperilaku
Syukur
|
Berdoa
Sebelum dan Sesudah Kegiatan
|
Toleransi
dalam Kegiatan
|
SM (Sudah Membudaya)
|
3
|
3
|
3
|
MT (Mulai Terlihat)
|
2
|
2
|
2
|
PB (Perlu Bimbingan)
|
1
|
1
|
1
|
b. PenilaianSikap KI 2 (sosial)
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
|||
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan diisi predikat
dengan ketentuan sebagai berikut:
Predikat
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
SM (Sudah Membudaya)
|
3
|
3
|
MT (Mulai Terlihat)
|
2
|
2
|
PB (Perlu Bimbingan)
|
1
|
1
|
2.
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tes tertulis
Instrumen :
Rubrik
1)
Membuat
kesimpulan dari pengamatan dan diskusi
Unjuk kerja membuat kesimpulan dari
pengamatan dan diskusi
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Pengetahuan tentang
ciri-ciri puisi
|
|||
Menyebutkan
dengan benar semua ciri puisi. Baik Sekali
(4)
|
Menyebutkan 3 ciri puisi dengan benar.
Baik
(3)
|
Menyebutkan 2 ciri
puisi dengan benar.
Cukup
(2)
|
Hanya dapat
menyebutkan 1 ciri puisi
Perlu
Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
: Keterampilan
menuliskan hasil kesimpulan pengamatan dan diskusi tentang ciri-ciri puisi
dengan benar dan bahasa yang runtut
|
|||
Menuliskan semua
ciri-ciri puisi dengan benar dan runtut
Baik Sekali
(4)
|
Menuliskan 3
ciriciri puisi dengan
bahasa yang runtut . Baik
(3)
|
Menuliskan
dengan benar 2 ciri-ciri puisi dan bahasa kurang runtut. Cukup
(2)
|
Menuliskan
dengan benar 1 ciri-ciri puisi dengan bahasa kurang runtut. Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2)
Menyusun tahapan perkembangan hewan
Unjuk kerja Menyusun
tahapan perkembangan hewan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek : Pengetahuan tentang tahapan pertumbuhan hewan.
|
|||
Mampu menyusun
4 gambar tahapan pertumbuhan hewan dengan sangat tepat
Baik Sekali
(4)
|
Mampu menyusun
3 gambar tahapan pertumbuhan hewan dengan tepat.
Baik
(3)
|
Mampu menyusun
2 gambar tahapan pertumbuhan hewan. Cukup
(2)
|
Tidak mampu
menyusun tahapan pertumbuhan hewan dengan tepat.Perlu Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek : Keterampilan
menyajikan kesimpulan tentang tahapan pertumbuhan hewan
|
|||
Kesimpulan ditulis
dengan tepat dan meliputi 4 tahapan sesuai dengan gambar.
Baik Sekali
(4)
|
Kesimpulan ditulis
dengan tepat meliputi 3 tahapan sesuai dengan gambar.
Baik
(3)
|
Kesimpulan ditulis
dengan tepat meliputi 2 tahapan sesuai dengan gambar. Cukup
(2)
|
Kesimpulan ditulis
dengan kurang tepat dan tidak meliputi tahapan sesuai dengan gambar
Perlu
Pendampingan
(1)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat :
1. Buku Siswa SD/MI Kelas 2 Tema 1 “Hidup Rukun”
2. Teks percakapan
3. Gambar pekerjaan “Guru”
4. Gambar hewan peliharaan
5. Kertas berisi baris-baris puisi
6. Reward
(permen)
Bahan : -
Sumber Belajar :
Irene Maria Juli Astuti. Buku Guru Kelas 4 , Tema 6: Cita-Citaku. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan kebudayaan.(Hal. 4—11)
Irene Maria Juli Astuti. Buku Siswa Kelas 4 , Tema 6: Cita-Citaku. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan kebudayaan.(Hal. 1—9)
No comments:
Post a Comment