RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
TEMATIK
Satuan
Pendidikan : SDN
Kelas
/ Semester : II / I
Tema : Aku dan Sekolah Ku
(4)
Sub
Tema : Kegiatan
Ekstrakurikulerku (2)
Pertemuan
ke : 3
Alokasi
Waktu : 5 × 35 menit
A.
Kompetensi
Inti
1) Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2) Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3) Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengarmelihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4) Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Matematika
3.4 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang
4.4 Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di
depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.4.3 Menentukan banyak pecahan uang dari nilai
pecahan uang tertentu yang ditukar dengan
pecahan uang lainnya.
4.4.3 Mendemonstrasikan cara menentukan banyak
pecahan uang dari nilai pecahan uang tertentu ditukar dengan pecahan uang
lainnya
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana
kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasadaerah untuk
membantupemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana
tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat disi dengan kosakata bahasadaerah untuk
membantupenyajian.
Indikator
3.2.6 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di
lingkungan sekitar.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan
lafal dan intonasi yang jelas.
SBDP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan
membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
Indikator
3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama
tiga pada alat musik ritmis.
4.7.2 Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata
sendiri yang bermakna.
C.
Tujuan
1) Dengan
mengamati gambar latihan menyanyi, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas
bermain di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.
2) Dengan
membaca teks tentang aktivitas bermain, siswa dapat membaca cerita narasi
dengan percaya diri.
3) Dengan
mengamati teks lagu “Hai Becak”, siswa dapat menyanyikan lagu anak- anak sederhana
dengan percaya diri.
4) Dengan
mengamati gambar alat musik ritmis, siswa dapat menunjukkan pola irama lagu
bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
5) Dengan
tanya jawab, siswa dapat membuat lagu sendiri dengan percaya diri.
6) Dengan
mengamati gambar pecahan uang, siswa dapat menentukan banyak pecahan uang dari
nilai pecahan uang tertentu yang ditukar dengan pecahan uang lainnya secara
teliti.
7) Dengan
mengamati berbagai pecahan uang, siswa dapat mendemonstrasikan cara menentukan
banyak pecahan uang dari nilai pecahan uang tertentu ditukar dengan pecahan
uang lainnya dengan percaya diri.
D.
Materi
Pokok
1) Menceritakan
kegiatan menyanyi yang pernah dilakukan dengan bahasa yang santun. (Hal 60)
2) Menyanyikan
lagu “Hai Becak”. (Hal 62)
3) Menyanyikan
lagu “Hai Becak” menggunakan alat musik ritmis. (Hal 63)
4) Membuat
syair lagu dengan kata-kata sendiri sesuai benda yang diamati mengikuti irama
lagu “Hai Becak”. (Hal 63)
5) Menentukan
nilai mata uang. (Hal 64)
6) Memasangkan
pecahan uang dengan banyak pecahan uang lainnya yang sesuai. (Hal 65)
E.
Materi
Pembelajaran
1) Menceritakan
kegiatan menyanyi yang pernah dilakukan dengan bahasa yang santun. (Hal 60)
Terlampir
2) Menyanyikan
lagu “Hai Becak”. (Hal 62)
Terlampir
3) Menyanyikan
lagu “Hai Becak” menggunakan alat musik ritmis. (Hal 63)
Terlampir
4) Membuat
syair lagu dengan kata-kata sendiri sesuai benda yang diamati mengikuti irama
lagu “Hai Becak”. (Hal 63)
Terlampir
5) Menentukan
nilai mata uang. (Hal 64)
Terlampir
6) Memasangkan
pecahan uang dengan banyak pecahan uang lainnya yang sesuai. (Hal 65)
Terlampir
F.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode :
Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan, Latihan
G.
Media
Alat Pembelajaran
1. Gambar aktivitas bernyanyi.
2. Teks cerita tentang “Topik Nyanyian Dayu.”
3. Teks lagu “Hai Becak.”
4. Gambar alat musik ritmis.
5. Berbagai model pecahan uang.
H.
Sumber
Belajar
1. Faisal
dkk . 2016. Buku Siswa Tema 4 “Aku dan Sekolah Ku”. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 45)
2. Faisal
dkk . 2016. Buku Siswa Tema 4 “Aku dan Sekolah Ku”. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 47)
I.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru
memberi salam pembuka.
2. Berdo’a
dan mengecek kehadiran.
Kegiatan Inti (135 menit)
Kegiatan Inti 1
1. Pada
awal pembelajaran, siswa mengamati gambar kegiatan menyanyi (mengamati).
2. Siswa
membaca teks tentang lomba menyanyi (mengumpulkan informasi).
3. Siswa
diajak mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
4. Siswa
saling menukarkan pertanyaan dengan siswa di sampingnya.
5. Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan gambar yang diamati
(mengasosiasikan).
6. Siswa
menyampaikan jawaban yang telah dibuat (mengkomunikasikan).
7. Siswa
yang lain menanggapi jawaban temannya (menanya).
8. Siswa
mencoba menceritakan kegiatan yang pernah dilakukan sesuai teks bacaan dan
gambar yang diamati (mengkomunikasikan).
9. Siswa
yang lain menanggapi cerita yang ditampilkan temannya (mengasosiasikan).
Kegiatan Inti 2
1. Siswa
membaca teks “Topik Nyanyian Dayu” (mengumpulkan informasi).
2. Bertanya
jawab tentang teks yang telah dibaca (menanya dan mengasosiasikan).
3. Siswa
menulis cerita tentang contoh kegiatan yang pernah dlakukan sesuai bacaan
dengan teliti (mengkomunikasikan).
4. Siswa
diarahkan menulis kembali lagu yang telah dibuat dengan tulisan tegak
bersambung (mengkomunikasikan).
5. Siswa
menyanyi “Hai Becak” (mengumpulkan informasi).
6. Siswa
menyanyi diiringi alat musik ritmis (mengumpulkan informasi).
7. Siswa
menuliskan sebuah lagu sesuai irama “Hai Becak” dengan kata-kata sendiri
(mengumpulkan informasi).
8. Siswa
mencoba menyanyikan lagu yang telah ditulis (mengkomunikasikan).
9. Siswa
mengamati berbagai pecahan uang (mengamati).
10. Siswa
mencoba menukarkan pecahan uang tertentu dengan pecahan uang lainnya
(mengumpulkan informasi).
11. Siswa
mengerjakan soal pemecahan masalah terkait dengan penukaran berbagai pecahan
uang (mengumpulkan informasi).
12. Siswa
memeriksa kebenaran hasil pekerjaan
(meng-asosiasikan).
Kegiatan Penutup ( 30 menit )
1. Bertanya
jawab tentang materi yang belum dipahami (menanya dan mengasosiasikan).
2. Pada
akhir pembelajaran, siswa menyimpulkan
pembela-jaran dengan bahasa sendiri (mengkomunikasikan).
3. Guru
meminta salah satu siswa memimpin doa.
4. Guru
memberi salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat
pulang.
J.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
A. Teknik Penilaian
1. Penilaian sikap: Percaya diri, teliti, dan
santun
2. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan
skor
3. Unjuk kerja: Kemampuan membaca lancar,
menulis, dan menirukan gerakan bermain.
B. Bentuk Instrumen Penilaian
1) Sikap
Berilah
tanda centang (√) pada kolom yang sesuai!
Lampiran
1.
Penilaian
Sikap
No.
|
Nama siswa
|
Perubahan Tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2) Pengetahuan
Pedoman
Penilaian
Tes
Tertulis : skor
Skor
maksimal : 100
Penilaian : (Skor yang diperoleh)/(Skor
maksimal) x 100
KonversiNilai
Skala
(0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB
(SangatBaik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
D (Kurang)
|
No.
|
NamaSiswa
|
Nilai
|
||
Menuliskan cerita
tentang lagu yang pernah di nyanyikan
|
Membuat syair
lagu mengikuti irama lagu “HaiBecak” sesuai dengan benda yang diamati
|
Pemecahan Masalah
tentang Menentukan Kesetaraan Nilai Pecahan Uang dengan Pecahan Uang Lainnya
|
||
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
Lampiran
Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis
Hasil
Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No.
|
NamaSiswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Tercapai ()
|
Tidak ()
|
Tercapai (√)
|
Tidak (√)
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
a. Menuliskan
cerita tentang lagu yang pernah di nyanyikan. (Hal 61)
Kamu
sudah menceritakan lagu yang pernah kamu
nyanyikan!
Bagaimana kamu melakukannya?
Tuliskan pada kolom berikut dengan teliti!
Kemudian bacalah dengan lafal dan intonasi
yang jelas!
b. Membuat
syair lagu mengikuti irama lagu “Hai Becak” sesuai dengan benda yang diamati.
(Hal 63)
Belajarlah
di luar kelas, amati benda yang kamu sukai!
Buatlah
lagu dengan kata-katamu sendiri sesuai benda yang kamu amati pada kolom di
bawah! Buatlah syair mengikuti irama lagu “Hai Becak”! Kemudian nyanyikan lagu
yang kamu buat dengan percaya diri!
c. Pemecahan
Masalah tentang Menentukan Kesetaraan Nilai Pecahan Uang dengan Pecahan Uang
Lainnya. (Hal 65)
Jumlah
soal: 4 butir
Pasangkanlah
pecahan uang berikut dengan banyak pecahan uang lainnya yang sesuai!
Kunci
Jawaban :
1)
Rp1.000 lima lembar (skor 20)
2) Rp1.000 dua lembar (skor 20)
3)
Rp500 dua keping (skor 20)
4)
Rp200 lima keping (skor 20)
5)
Rp100 lima keping (skor 20)
Tes Tertulis: Daftar
Periksa dan Skor
a. Penilaian
Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
Berilah
tanda centang (√) pada kolom yang sesuai!
Hasil Penilaian
Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
Lampiran
Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Pustaka
N0.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
Tercapai (√)
|
Tidak (√)
|
Tercapai (√)
|
Tidak (√)
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
3. Keterampilan
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik
Menceritakan Berbagai Aktivitas Bermain
Lampiran Penilaian Rubrik
Menceritakan Berbagai Aktivitas Bermain
No.
|
NamaSiswa
|
KriteriaPenilaian
|
|||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
Kemampuan Membaca Lancar Cerita Narasi
Lampiran Penilaian Rubrik
Penilaian Kemampuan Membaca Lancar Cerita Narasi
No.
|
NamaSiswa
|
KriteriaPenilaian
|
|||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
Kemampuan Membaca Lancar Cerita Narasi
Lampiran Penilaian Rubrik
Penilaian Kemampuan Membaca Lancar Cerita Narasi
No.
|
NamaSiswa
|
KriteriaPenilaian
|
|||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment