RPP SD K13 KELAS 2 SEMESTER 1 TEMA 4 SUB TEMA 2 PERTEMUAN 3


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

Satuan Pendidikan    : SDN 
Kelas / Semester        : II / I
Tema                          : Aku dan Sekolah Ku (4)
Sub Tema                   : Kegiatan Ekstrakurikulerku (2)
Pertemuan ke            : 3
Alokasi Waktu           : 5 × 35 menit

A.    Kompetensi Inti

1)      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2)      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3)      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengarmelihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4)      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika                                                          
3.4   Mengenal nilai tukar antar pecahan uang
4.4   Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.4.3  Menentukan banyak pecahan uang dari nilai pecahan uang tertentu yang ditukar dengan
pecahan uang lainnya.
4.4.3  Mendemonstrasikan cara menentukan banyak pecahan uang dari nilai pecahan uang tertentu ditukar dengan pecahan uang lainnya



Bahasa Indonesia
3.2   Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasadaerah untuk membantupemahaman.
4.2   Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat disi dengan kosakata bahasadaerah untuk membantupenyajian.
Indikator
3.2.6  Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar.
4.2.3  Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

SBDP
3.2   Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7   Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
Indikator
3.2.2  Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.7.2   Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan kata-kata sendiri yang bermakna.

C.    Tujuan

1)      Dengan mengamati gambar latihan menyanyi, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.
2)      Dengan membaca teks tentang aktivitas bermain, siswa dapat membaca cerita narasi dengan percaya diri.
3)      Dengan mengamati teks lagu “Hai Becak”, siswa dapat menyanyikan lagu anak- anak sederhana dengan percaya diri.
4)      Dengan mengamati gambar alat musik ritmis, siswa dapat menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
5)      Dengan tanya jawab, siswa dapat membuat lagu sendiri dengan percaya diri.
6)      Dengan mengamati gambar pecahan uang, siswa dapat menentukan banyak pecahan uang dari nilai pecahan uang tertentu yang ditukar dengan pecahan uang lainnya secara teliti.
7)      Dengan mengamati berbagai pecahan uang, siswa dapat mendemonstrasikan cara menentukan banyak pecahan uang dari nilai pecahan uang tertentu ditukar dengan pecahan uang lainnya dengan percaya diri.



D.    Materi Pokok
1)      Menceritakan kegiatan menyanyi yang pernah dilakukan dengan bahasa yang santun. (Hal 60)
2)      Menyanyikan lagu “Hai Becak”. (Hal 62)
3)      Menyanyikan lagu “Hai Becak” menggunakan alat musik ritmis. (Hal 63)
4)      Membuat syair lagu dengan kata-kata sendiri sesuai benda yang diamati mengikuti irama lagu “Hai Becak”. (Hal 63)
5)      Menentukan nilai mata uang. (Hal 64)
6)      Memasangkan pecahan uang dengan banyak pecahan uang lainnya yang sesuai. (Hal 65)

E.     Materi Pembelajaran
1)      Menceritakan kegiatan menyanyi yang pernah dilakukan dengan bahasa yang santun. (Hal 60)
Terlampir
2)      Menyanyikan lagu “Hai Becak”. (Hal 62)
Terlampir
3)      Menyanyikan lagu “Hai Becak” menggunakan alat musik ritmis. (Hal 63)
Terlampir
4)      Membuat syair lagu dengan kata-kata sendiri sesuai benda yang diamati mengikuti irama lagu “Hai Becak”. (Hal 63)
Terlampir
5)      Menentukan nilai mata uang. (Hal 64)
Terlampir
6)      Memasangkan pecahan uang dengan banyak pecahan uang lainnya yang sesuai. (Hal 65)
Terlampir

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Saintifik
Metode            : Demonstrasi, Tanya Jawab, Penugasan, Latihan

G.    Media Alat Pembelajaran
1.  Gambar aktivitas bernyanyi.
2.  Teks cerita tentang “Topik Nyanyian Dayu.”
3.  Teks lagu “Hai Becak.”
4.  Gambar alat musik ritmis.
5.  Berbagai model pecahan uang.




H.    Sumber Belajar
1.      Faisal dkk . 2016. Buku Siswa Tema 4 “Aku dan Sekolah Ku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 45)
2.      Faisal dkk . 2016. Buku Siswa Tema 4 “Aku dan Sekolah Ku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 47)

I.       Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru memberi salam pembuka.
2.      Berdo’a dan mengecek kehadiran.
Kegiatan Inti (135 menit)

Kegiatan Inti 1
1.      Pada awal pembelajaran, siswa mengamati gambar kegiatan menyanyi (mengamati).

2.      Siswa membaca teks tentang lomba menyanyi (mengumpulkan informasi).


3.      Siswa diajak mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
4.      Siswa saling menukarkan pertanyaan dengan siswa di sampingnya.
5.      Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan gambar yang diamati (mengasosiasikan).
6.      Siswa menyampaikan jawaban yang telah dibuat (mengkomunikasikan).
7.      Siswa yang lain menanggapi jawaban temannya (menanya).
8.      Siswa mencoba menceritakan kegiatan yang pernah dilakukan sesuai teks bacaan dan gambar yang diamati (mengkomunikasikan).
9.      Siswa yang lain menanggapi cerita yang ditampilkan temannya (mengasosiasikan).

Kegiatan Inti 2
1.      Siswa membaca teks “Topik Nyanyian Dayu” (mengumpulkan informasi).

2.      Bertanya jawab tentang teks yang telah dibaca (menanya dan mengasosiasikan).
3.      Siswa menulis cerita tentang contoh kegiatan yang pernah dlakukan sesuai bacaan dengan teliti (mengkomunikasikan).
4.      Siswa diarahkan menulis kembali lagu yang telah dibuat dengan tulisan tegak bersambung (mengkomunikasikan).
5.      Siswa menyanyi “Hai Becak” (mengumpulkan informasi).
6.      Siswa menyanyi diiringi alat musik ritmis (mengumpulkan informasi).
7.      Siswa menuliskan sebuah lagu sesuai irama “Hai Becak” dengan kata-kata sendiri (mengumpulkan informasi).
8.      Siswa mencoba menyanyikan lagu yang telah ditulis (mengkomunikasikan).
9.      Siswa mengamati berbagai pecahan uang (mengamati).
 

 

10.  Siswa mencoba menukarkan pecahan uang tertentu dengan pecahan uang lainnya (mengumpulkan informasi).
11.  Siswa mengerjakan soal pemecahan masalah terkait dengan penukaran berbagai pecahan uang (mengumpulkan informasi).
12.  Siswa memeriksa kebenaran hasil pekerjaan  (meng-asosiasikan).
Kegiatan Penutup ( 30 menit )
1.      Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami (menanya dan mengasosiasikan).
2.      Pada akhir pembelajaran,  siswa menyimpulkan pembela-jaran dengan bahasa sendiri (mengkomunikasikan).
3.      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
4.      Guru memberi salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

J.      Penilaian Hasil Pembelajaran
A.  Teknik Penilaian
1.  Penilaian sikap: Percaya diri, teliti, dan santun
2.  Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
3.  Unjuk kerja: Kemampuan membaca lancar, menulis, dan menirukan gerakan bermain.
B.  Bentuk Instrumen Penilaian
1)      Sikap
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai!


Lampiran
1.      Penilaian Sikap
No.
Nama siswa
Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1













2













3













4













5














2)      Pengetahuan
Pedoman Penilaian
Tes Tertulis            : skor
Skor maksimal       : 100
Penilaian                : (Skor yang diperoleh)/(Skor maksimal)  x   100
KonversiNilai
Skala (0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (SangatBaik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
D (Kurang)

No.
NamaSiswa
Nilai
Menuliskan cerita tentang lagu yang pernah di nyanyikan
Membuat syair lagu mengikuti irama lagu “HaiBecak” sesuai dengan benda yang diamati
Pemecahan Masalah tentang Menentukan Kesetaraan Nilai Pecahan Uang dengan Pecahan Uang Lainnya
1.




2.




3.




4.




5.




Lampiran Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis

Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No.
NamaSiswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Tercapai ()
Tidak ()
Tercapai (√)
Tidak (√)
1.





2.





3.





4.





5.





a.       Menuliskan cerita tentang lagu yang pernah di nyanyikan. (Hal 61)
Kamu sudah menceritakan lagu yang pernah kamu
nyanyikan!
Bagaimana kamu melakukannya?
Tuliskan pada kolom berikut dengan teliti!
Kemudian bacalah dengan lafal dan intonasi yang jelas!

b.      Membuat syair lagu mengikuti irama lagu “Hai Becak” sesuai dengan benda yang diamati. (Hal 63)
Belajarlah di luar kelas, amati benda yang kamu sukai!
Buatlah lagu dengan kata-katamu sendiri sesuai benda yang kamu amati pada kolom di bawah! Buatlah syair mengikuti irama lagu “Hai Becak”! Kemudian nyanyikan lagu yang kamu buat dengan percaya diri!

c.       Pemecahan Masalah tentang Menentukan Kesetaraan Nilai Pecahan Uang dengan Pecahan Uang Lainnya. (Hal 65)
Jumlah soal: 4 butir
Pasangkanlah pecahan uang berikut dengan banyak pecahan uang lainnya yang sesuai!








Kunci Jawaban :


1) Rp1.000 lima lembar (skor 20)
2)  Rp1.000 dua lembar (skor 20)
3) Rp500 dua keping (skor 20)
4) Rp200 lima keping (skor 20)
5) Rp100 lima keping (skor 20)







Tes Tertulis: Daftar Periksa dan Skor
a.       Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai!

Hasil Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa

Lampiran Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Pustaka
N0.
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Tercapai (√)
Tidak (√)
Tercapai (√)
Tidak (√)
1





2





3





4





5






3.   Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Aktivitas Bermain

Lampiran Penilaian Rubrik Menceritakan Berbagai Aktivitas Bermain
No.
NamaSiswa
KriteriaPenilaian
Kriteria 1
Kriteria 2
4
3
2
1
4
3
2
1
1.









2.









3.









4.









5.










Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Lancar Cerita Narasi


Lampiran Penilaian Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Lancar Cerita Narasi
No.
NamaSiswa
KriteriaPenilaian
Kriteria 1
Kriteria 2
4
3
2
1
4
3
2
1
1.









2.









3.









4.









5.













Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Lancar Cerita Narasi

Lampiran Penilaian Rubrik Penilaian Kemampuan Membaca Lancar Cerita Narasi
No.
NamaSiswa
KriteriaPenilaian
Kriteria 1
Kriteria 2
4
3
2
1
4
3
2
1
1.









2.









3.









4.









5.




















No comments:

Post a Comment