RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu :
30 menit
I.
Standar
Kompetensi :
4. Menghargai keputusan bersama
II.
Kompetensi Dasar :
4.2. Mematuhi keputusan
bersama
III.
Indikator
1. Menyebutkan
pengertian keputusan bersama.
2. Menyebutkan
bentuk-bentuk keputusan bersama.
3. Melakukan
permainan dengan pendekatan role playing sebagai bentuk patuh
pada keputusan bersama.
IV.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan pengertian keputusan bersama dengan
tepat.
2. Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk keputusan bersama
dengan tepat.
3. Melalui
pendekatan role playing, siswa mampu menunjukkan sikap mematuhi
peraturan dengan baik.
V.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian
keputusan bersama:
Keputusan adalah pilihan yang diambil oleh
seseorang untuk dilaksanakan dari berbagai macam pilihan yang tersedia. Jadi,
keputusan bersama adalah keputusan yang melibatkan semua orang yang berkepentingan
dalam suatu organisasi.
2. Bentuk-bentuk
keputusan bersama:
·
Musyawarah mufakat : adalah pembahasan
bersama dengan maksud mengambil keputusan atas suatu masalah
·
Pemungutan suara/voting : adalah
pemungutan suara. pemungutan dilakukan setelah cara musyawarah untuk mufakat
gagal menghasilkan keputusan.
·
Aklamasi : adalah pernyataan setuju secara
lisan dari seluruh anggota kelompok.
3. Nilai
dasar dalam melakukan musyawarah antara lain:
a) Kebersamaan
b) Persamaan
hak
c) Kebebasan
mengemukakan pendapat
d) Penghargaan
terhadap orang lain
e) Pelaksanaan
hasil keputusan secara tanggung jawab
VI.
Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal (10 menit)
Guru mengucapkan salam
Guru mengkondisikan kelas
Guru membuka pembelajaran
dengan berdoa
Siswa menyanyikan lagu
Apersepsi
Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa dengan bertanya “kalian pasti pernah melakukan pemilihan
ketua kelas kan?”
B. Kegiatan
Inti
1. Guru
menampilkan video tentang keputusan bersama.
2. Peserta
didik membentuk kelompok dengan 4 orang anggota.
3. Peserta
didik mengamati video yang ditampilkan.
4. Guru
menjelaskan tentang bentuk-bentuk keputusan bersama.
5. Guru
membagikan LKK (Lembar Kerja Kelompok) kepada masing-masing kelompok.
6. Peserta
didik mendiskusikan hal-hal yang harus dikerjakan didalam LKK.
7. Guru
memberikan kuis dengan aturan :
- Kelompok yang ingin menjawab kuis harus
mengangkat tangan terlebih dahulu.
- Anggota kelompok yang ingin menjawab kuis
menyebutkan nama kelompoknya.
8. Guru
mengadakan permainan teka teki silang (TTS).
9. Guru
menyampaikan aturan permainan, antara lain :
- Pemain pertama dilakukan melalui undian
koin.
- Kelompok yang bisa menjawab diperbolehkan
untuk memilih soal kembali, begitu seterusnya hingga soal permainan berakhir.
- Pemengan dilihat dari jumlah skor yang
didapatkan dalam permainan.
- Kelompok pemenang mendapat award dan bagi
kelompok yang kalah mendapatkan hukuman.
10. Siswa
bermain TTS.
11. Kelompok
yang memenangkan permainan ini mendapatkan reward
12. Kelompok
yang kalah mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan yang telah disepakati
yaitu menyanyikan lagu.
13. Peserta
didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal yang belum dimengerti.
C. Kegiatan Penutup
1. Peserta
didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Guru
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, dengan bertanya:
-
Bagaimana pembelajaran kita hari ini?
-
Kegiatan apa yang paling kalian sukai ?
3. Doa
4. Salam
VII. Media,
Metode, dan Sumber Belajar
A. Media :
Video,
laptop, proyektor, power point, tabel teka teki silang, spidol
B. Pendekatan
dan metode pembelajaran :
-
pendekatan : saintifik.
-
Metode : diskusi, demonstrasi, permainan dengan pendekatan Role
playing
-
Model :
Cooperative
learning tipe STAD
C. Sumber
Belajar :
Bkg for education, Pendidikan
Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, Erlangga: Jakarta 2006
Fajar Rahayuningsih, Pendidikan
Kewarganegaraan SD Kelas V, Pusat Perbukuan Depatemen Pendidikan
Nasional: Jakarta 2008
Rini Ningsih, Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas 5 SD, Yudhistira: Bogor 2006.
VII.
Penilaian
A. Proses
:
-
Menilai dari kegiatan membuat peraturan
secara bersama-sama dan tanggung jawab saat melaksanakannya.
-
Menilai dari kegiatan siswa ketika
menjawab soal teka-teki.
B. Hasil
:
-
Menilai hasil akhir dari tes tertulis,
kinerja, dan sikap
Soal kuis
A. Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b, c, dan d yang kamu anggap paling tepat pada
lembar jawaban yang tersedia!
1. Sebelum
mengambil sebuah keputusan, sebaiknya kita perlu. . .
a. mendapat
pengaruh dari teman.
b.
mempertimbangkan akibat
keputusan kita.
c. mendengarkan
nasehat orang tua.
d. mendengarkan
saran dari guru.
2. Pengambilan
keputusan dengan menghitung suara terbanyak adalah hasil dari. . .
a. musyawarah.
b. mufakat.
c.
pungutan suara.
d. pertandingan
suara.
3. Musyawarah
telah mencapai mufakat apabila. . .
a. ketua
kelompok telah menyatakan pendapatnya.
b. ketua
kelompok telah menyatakan persetujuannya.
c. sebagian
besar anggota kelompok telah menyatakan pendapat yang sama.
d.
semua anggota kelompok telah
sepakat dengan keputusan yang dianggap paling baik.
4. Keuntungan
cara pemungutan suara untuk menentukan keputusan bersama antara lain. . .
a. bisa
dilakukan dengan cara curang.
b.
bisa menyelesaikan persoalan
yang tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mufakat.
c. suara
yang menang bisa memaksakan kehendak kepada kepada yang suaranya kalah.
d. yang
menang bisa mengejek yang kalah.
5. Pengambilan
keputusan untuk kepentingan bersama tidak berkaiyan dengan. . .
a. Sikap
b. Perilaku
c. Tindakan
d.
Kemampuan
6. keputusan
bersama harus ditaati karena di buat untuk. . .
a. kepentingan
pribadi
b.
kepentingan bersama
c. kepentingan
kelompok
d. kepentingan
pemerintah
7. Ada
dua jenis keputusan, yaitu . . .
a. keputusan
pusat dan kepentingan daerah
b. keputusan
guru dan keputusan siswa
c.
keputusan sendiri dan keputusan
bersama
d. keputusan
guru dan keputusan orang tua
8. Pendapat
orang lain harus didengarkan dan di. . .
a. Dibiarkan
b.
Dipertimbangkan
c. Dipermasalahkan
d. Diperhitungkan
9. Bila
pendapat kita tidak diterima, maka sikap peserta musyawarah sebaiknya. . .
a. marah-marah
b. memaksakan
kehendak
c. tidak
melanjutkan rapat
d.
menahan diri dan berusaha
mencari pendapat lain yang bisa di terima
10. Berikut
adalah contoh sikap menghargai hasil keputusan bersama, kecuali. .
.
a. melaksanakan
tugas piket kelas
b. datang
tepat waktu saat belajar kelompok
c. tidak
bermain pada saat harus belajar
d.
tidak mau dihukum ketika
melanggar aturan
TEKA-TEKI SILANG (Keputusan Bersama)
1.k
|
e
|
k
|
e
|
l
|
u
|
a
|
r
|
g
|
a
|
a
|
n
|
||||||||||||
e
|
|||||||||||||||||||||||
p
|
|||||||||||||||||||||||
2.k
|
e
|
p
|
u
|
t
|
u
|
s
|
a
|
n
|
|||||||||||||||
n
|
|||||||||||||||||||||||
3.n
|
o
|
t
|
u
|
l
|
i
|
s
|
|||||||||||||||||
i
|
5.o
|
||||||||||||||||||||||
n
|
r
|
||||||||||||||||||||||
2.e
|
g
|
g
|
|||||||||||||||||||||
4.m
|
u
|
f
|
a
|
k
|
a
|
t
|
3.v
|
4.m
|
a
|
||||||||||||||
p
|
n
|
5.n
|
o
|
t
|
u
|
l
|
e
|
n
|
|||||||||||||||
a
|
b
|
t
|
s
|
i
|
|||||||||||||||||||
t
|
6.m
|
e
|
m
|
a
|
t
|
u
|
h
|
i
|
n
|
y
|
a
|
s
|
|||||||||||
r
|
n
|
a
|
a
|
||||||||||||||||||||
s
|
g
|
w
|
s
|
||||||||||||||||||||
a
|
a
|
i
|
|||||||||||||||||||||
m
|
r
|
||||||||||||||||||||||
a
|
a
|
||||||||||||||||||||||
h
|
|||||||||||||||||||||||
Mendatar :
1. Asas
yang harus dijunjung tinggi dalam melaksanakan keputusan bersama adalah… (skor
12)
2. Pilihan
yang dipilih unyuk dilaksanakan dari beberapa pilihan oleh seseorang disebut…
(skor 9)
3. Seseorang
yang bertugas mencatat jalannua rapat dalam musyawarah adalah… (skor 7)
4. Kesepakan
untuk melaksanakan hasil musyawarah adalah… (skor 7)
5. Catatan
singkat mengenai jalannya rapat serta hal yang dibicarakan dan diputuskan /
sebuah ringkasan mengenai hal yang terjadi dalam rapat adalah… (skor 7)
6. Sikap
kita terhadap keputusan bersama yang telah diambil adalah… (skor 11)
Menurun :
1. Keputusan
bersama harus ditaati karena dibuat untuk… (skor 18)
2. Menghargai
keputusan bersama merupakan pencerminan dari sila ke… (skor 5)
3. Jika
dalam musyawarah tidak mencapai mufakat, maka cara lain dalam mengambil
keputusan bersama adalah…(skor 6)
4. Salah
satu bentuk keputusan… (skor 10)
5. Kelompok
manusia yang diatur untuk bekerja sama guna mencapai tujuan yang sama adalah…
(skor 10)
VIII.
Pedoman penilaian
Skor
No comments:
Post a Comment