RPP KTSP PKN KELAS 5 SEMESTER 2 KEPUTUSAN BERSAMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester          : V / II
Alokasi Waktu            : 30 menit

I.            Standar Kompetensi       :
4. Menghargai keputusan bersama

II.            Kompetensi Dasar                       :
4.2. Mematuhi keputusan bersama

III.            Indikator
1.      Menyebutkan pengertian keputusan bersama.
2.      Menyebutkan bentuk-bentuk keputusan bersama.
3.      Melakukan permainan dengan pendekatan role playing sebagai bentuk patuh pada keputusan bersama.


IV.            Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan pengertian keputusan bersama dengan tepat.
2.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk keputusan bersama dengan tepat.
3.      Melalui pendekatan role playing, siswa mampu menunjukkan sikap mematuhi peraturan dengan baik.


V.            Materi Pembelajaran

1.      Pengertian keputusan bersama:
Keputusan adalah pilihan yang diambil oleh seseorang untuk dilaksanakan dari berbagai macam pilihan yang tersedia. Jadi, keputusan bersama adalah keputusan yang melibatkan semua orang yang berkepentingan dalam suatu organisasi.






2.      Bentuk-bentuk keputusan bersama:
·         Musyawarah mufakat : adalah pembahasan bersama dengan maksud mengambil keputusan atas suatu masalah

·         Pemungutan suara/voting : adalah pemungutan suara. pemungutan dilakukan setelah cara musyawarah untuk mufakat gagal menghasilkan keputusan.

·         Aklamasi : adalah pernyataan setuju secara lisan dari seluruh anggota kelompok.

3.      Nilai dasar dalam melakukan musyawarah antara lain:
a)      Kebersamaan
b)      Persamaan hak
c)      Kebebasan mengemukakan pendapat
d)     Penghargaan terhadap orang lain
e)      Pelaksanaan hasil keputusan secara tanggung jawab


(gambar didapat dari google ya) 

VI.            Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
Guru mengucapkan salam
Guru mengkondisikan kelas
Guru membuka pembelajaran dengan berdoa
Siswa menyanyikan lagu
Apersepsi
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa dengan bertanya “kalian pasti pernah melakukan pemilihan ketua kelas kan?”
B.     Kegiatan Inti

1.      Guru menampilkan video tentang keputusan bersama.
2.      Peserta didik membentuk kelompok dengan 4 orang anggota.
3.      Peserta didik mengamati video yang ditampilkan.
4.      Guru menjelaskan tentang bentuk-bentuk keputusan bersama.
5.      Guru membagikan LKK (Lembar Kerja Kelompok) kepada masing-masing kelompok.
6.      Peserta didik mendiskusikan hal-hal yang harus dikerjakan didalam LKK.
7.      Guru memberikan kuis dengan aturan :
-                   Kelompok yang ingin menjawab kuis harus mengangkat tangan terlebih dahulu.
-                   Anggota kelompok yang ingin menjawab kuis menyebutkan nama kelompoknya.
8.      Guru mengadakan permainan teka teki silang (TTS).
9.      Guru menyampaikan aturan permainan, antara lain :
-                    Pemain pertama dilakukan melalui undian koin.
-                    Kelompok yang bisa menjawab diperbolehkan untuk memilih soal kembali, begitu seterusnya             hingga soal permainan berakhir.
-                   Pemengan dilihat dari jumlah skor yang didapatkan dalam permainan.
-                    Kelompok pemenang mendapat award dan bagi kelompok yang kalah mendapatkan hukuman.
10.  Siswa bermain TTS.
11.  Kelompok yang memenangkan permainan ini mendapatkan reward
12.  Kelompok yang kalah mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan yang telah disepakati yaitu menyanyikan lagu.
13.  Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal yang belum dimengerti.

C.      Kegiatan Penutup
1.   Peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.   Guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, dengan bertanya:
-                      Bagaimana pembelajaran kita hari ini?
-                      Kegiatan apa yang paling kalian sukai ?
3.      Doa
4.      Salam

VII.             Media, Metode, dan Sumber Belajar
A.    Media        :
Video, laptop, proyektor, power point, tabel teka teki silang, spidol
B.     Pendekatan dan metode pembelajaran     :
-          pendekatan                        : saintifik.
-          Metode                  : diskusi, demonstrasi, permainan dengan pendekatan Role playing
-          Model                    : Cooperative learning tipe STAD
C.      Sumber Belajar     :
Bkg for education, Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, Erlangga: Jakarta 2006
Fajar Rahayuningsih, Pendidikan Kewarganegaraan SD Kelas V, Pusat Perbukuan Depatemen Pendidikan Nasional: Jakarta 2008
Rini Ningsih, Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 5 SD, Yudhistira: Bogor 2006.


VII.            Penilaian

A.      Proses        :
-          Menilai dari kegiatan membuat peraturan secara bersama-sama dan tanggung jawab saat melaksanakannya.
-          Menilai dari kegiatan siswa ketika menjawab soal teka-teki.

B.      Hasil          :
-          Menilai hasil akhir dari tes tertulis, kinerja, dan sikap



Soal kuis
A.     Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, dan d yang kamu anggap paling tepat pada lembar jawaban yang tersedia!

1.      Sebelum mengambil sebuah keputusan, sebaiknya kita perlu. . .
a.       mendapat pengaruh dari teman.
b.      mempertimbangkan akibat keputusan kita.
c.       mendengarkan nasehat orang tua.
d.      mendengarkan saran dari guru.

2.      Pengambilan keputusan dengan menghitung suara terbanyak adalah hasil dari. . .
a.       musyawarah.
b.      mufakat.
c.       pungutan suara.
d.      pertandingan suara.

3.      Musyawarah telah mencapai mufakat apabila. . .
a.       ketua kelompok telah menyatakan pendapatnya.
b.      ketua kelompok telah menyatakan persetujuannya.
c.       sebagian besar anggota kelompok telah menyatakan pendapat yang sama.
d.      semua anggota kelompok telah sepakat dengan keputusan yang dianggap paling baik.

4.      Keuntungan cara pemungutan suara untuk menentukan keputusan bersama antara lain. . .
a.       bisa dilakukan dengan cara curang.
b.      bisa menyelesaikan persoalan yang tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mufakat.
c.       suara yang menang bisa memaksakan kehendak kepada kepada yang suaranya kalah.
d.      yang menang bisa mengejek yang kalah.

5.      Pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama tidak berkaiyan dengan. . .
a.       Sikap
b.      Perilaku
c.       Tindakan
d.      Kemampuan

6.      keputusan bersama harus ditaati karena di buat untuk. . .
a.       kepentingan pribadi
b.      kepentingan bersama
c.       kepentingan kelompok
d.      kepentingan pemerintah

7.      Ada dua jenis keputusan, yaitu . . .
a.       keputusan pusat dan kepentingan daerah
b.      keputusan guru dan keputusan siswa
c.       keputusan sendiri dan keputusan bersama
d.      keputusan guru dan keputusan orang tua

8.      Pendapat orang lain harus didengarkan dan di. . .
a.       Dibiarkan
b.      Dipertimbangkan
c.       Dipermasalahkan
d.      Diperhitungkan

9.      Bila pendapat kita tidak diterima, maka sikap peserta musyawarah sebaiknya. . .
a.       marah-marah
b.      memaksakan kehendak
c.       tidak melanjutkan rapat
d.      menahan diri dan berusaha mencari pendapat lain yang bisa di terima

10.  Berikut adalah contoh sikap menghargai hasil keputusan bersama, kecuali. . .
a.       melaksanakan tugas  piket kelas
b.      datang tepat waktu saat belajar kelompok
c.       tidak bermain pada saat harus belajar
d.      tidak mau dihukum ketika melanggar aturan
  


TEKA-TEKI SILANG (Keputusan Bersama)
1.k
e
k
e
l
u
a
r
g
a
a
n
e
p
2.k
e
p
u
t
u
s
a
n
n
3.n
o
t
u
l
i
s
i
5.o
n
r
2.e
g
g
4.m
u
f
a
k
a
t
3.v
4.m
a
p
n
5.n
o
t
u
l
e
n
a
b
t
s
i
t
6.m
e
m
a
t
u
h
i
n
y
a
s
r
n
a
a
s
g
w
s
a
a
i
m
r
a
a
h


 Mendatar :
1.      Asas yang harus dijunjung tinggi dalam melaksanakan keputusan bersama adalah… (skor 12)
2.      Pilihan yang dipilih unyuk dilaksanakan dari beberapa pilihan oleh seseorang disebut… (skor 9)
3.      Seseorang yang bertugas mencatat jalannua rapat dalam musyawarah adalah… (skor 7)
4.      Kesepakan untuk melaksanakan hasil musyawarah adalah… (skor 7)
5.      Catatan singkat mengenai jalannya rapat serta hal yang dibicarakan dan diputuskan / sebuah ringkasan mengenai hal yang terjadi dalam rapat adalah… (skor 7)
6.       Sikap kita terhadap keputusan bersama yang telah diambil adalah… (skor 11)

Menurun :
1.      Keputusan bersama harus ditaati karena dibuat untuk… (skor 18)
2.      Menghargai keputusan bersama merupakan pencerminan dari sila ke… (skor 5)
3.      Jika dalam musyawarah tidak mencapai mufakat, maka cara lain dalam mengambil keputusan bersama adalah…(skor 6)
4.      Salah satu bentuk keputusan… (skor 10)
5.      Kelompok manusia yang diatur untuk bekerja sama guna mencapai tujuan yang sama adalah… (skor 10)


VIII.            Pedoman penilaian

Skor 

No comments:

Post a Comment