RPP SD K13 KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 2 SSUB TEMA 2 PEMBELAJARAN 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  Sekolah Dasar
Kelas / Semester          :  I / I (Satu)
Tema                           :Kegemaranku (2)
                                    Sub Tema                    :  Gemar Bernyanyi dan menari (2)
                                    Pembelajaran               : 3
Alokasiwaktu              :  5 x 35 menit


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis , dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar:
3.11 Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator:
3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
4.11.1 Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat

PPKn
Kompetensi Dasar:
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator:
3.2.11 Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah
4.2.11 Membantu adik di rumah

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar:
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan dan pengurangan bilangan melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
Indikator:
3.4.9 Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 1-10)
4.4.2 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan
C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang dalam syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
2.    Dengan menceritakan pengalaman bersama adik, siswa mampu        mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam syair lagu yang telah           didengar dengan tepat.
3.    Melalui kegiatan mengisi tabel, siswa dapat menunjukkan hal-hal yang harus          dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah dengan tepat.
4.    Melalui kegiatan makan siang bersama adik, siswa dapat membantu adik di            rumah dan melakukan sikap-sikap baik terhadap adik yang telah dipelajari dengan tepat.
5.    Dengan bermain peran, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang        melibatkan pengurangan dengan tepat.
6.    Melalui kegiatan bercerita, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam       kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan tepat dan            percaya diri.

D.    Materi Pokok
1.   Menyanyikan Lagu “Ayo Makan Bersama”. (Hal.65)
2.   Menunjukkah hal-hal baik yang harus dilakukan terhadap adik. (Hal. 66-69)
3.   Belajar pengurangan dengan bermain peran (Hal.72-73)

E.       Materi Pembelajaran
(Terlampir)
F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan            : Saintifik
Metode                  : demonstrasi,Tanya jawab, Penugasan
G.    Media Pembelajaran
·         Buku Teks. (Buku Guru Kelas I Semester I Tema 2 “Kegemaranku” dan Buku Siswa Kelas I Semester I Tema 2 “Kegemaranku” )
·         Pensil Warna, rekaman lagu “Ayo Makan Bersama”, Laptop, Sound sistem.

H.    Sumber Belajar
1.        Adellina, Novilia. Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf. 2016. Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I Tema 2 “Kegemaraku”. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 39)
2.        Assagaf, Lubna. dkk . Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I Tema 2 “Kegemaraku”. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 52)
I.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
PEMBUKA
1.      Guru memberi salam.
2.      Seorang siswa diminta untuk memimpin doa.
3.      Guru mengkondisikan kelas dengan meminta siswa untuk memungut sampah yang ada disekitar tempat duduknya dan meminta siswa untuk duduk rapi.
4.      Guru mengecek kehadiran siswa.
5.      Guru memberikan apersepsi dengan cara:
-             Memperdengarkan lagu “Ayo Makan Bersama”
-             Menanyakan kepada siswa mengenai judul lagu yang diperdengarkan.
6.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
5 JP
(5 x 35 menit)


Kegiatan Inti






























KEGIATAN 1.
1.          Siswa menyanyikan lagu “Ayo Makan Bersama”. (Mencoba)

2.          Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
·     Pernahkah kamu makan bersama dengan adikmu?
·     Apa saja yang kamu lakukan saat makan bersama adik?
3.          Siswa mengamati gambar-gambar pada buku siswa. (mengamati)

4.          Siswa menganalisa gambar. (mengasosiasikan)
5.          Siswa memilih dan menyilang gambar yang tidak sesuai dengan isi lagu “Ayo Makan Bersama”. (mencoba)
6.          Siswa dan guru mendiskusikan jawaban bersama tentang gambar yang sesuai dan tidak sesuai dengan isi lagu “Ayo Makan Bersama”. (mengasosiasikan)
7.          Siswa menceritakan pengalamannya makan bersama adik. (mengkomunikasikan)
8.          Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang berani menceritakan pengalamannya bersama adik didepan kelas.
KEGIATAN 2
9.          Siswa menyimak cerita tentang adik yang dibacakan oleh guru. (mengamati)

10.      Kemudian guru bertanya: (menanya)
 a. Siapa saja siswa yang memiliki adik?
 b. Bagaimana perasaanmu memiliki adik?
 c. Bagaimana sikapmu terhadap adik?
11.    Siswa membaca kalimat-kalimat dalam tabel. (mencoba)

12.    Siswa mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan terhadap adik. (mengasosiasikan)
13.    Siswa membuat tanda centang (√) pada sikap yang benar. (mencoba)
14.    Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa terhadap kalimat-kalimat yang menunjukkan sikap yang harus dilakukan terhadap adik didalam tabel. (mengasosiasikan)
15.    Secara berpasangan, siswa memainkan peran. Satu siswa berperan sebagai kakak dan satu siswa lainnya berperan sebagai adik. (mencoba)
16.    Siswa memerankan sikap baik yang harus dilakukan kakak saat makan bersama adik. Kakak membantu adik membersihkan sisa makanan. (mencoba)
KEGIATAN 3
17.    Siswa menyimak cerita teks di buku siswa. (mengamati)

18.    Siswa bermain peran berdasarkan situasi yang digambarkan di buku siswa. (mencoba)
Siswa A berpura-pura menjadi kakak.
Siswa B menjadi adik.
Siswa A ambil 7 pensil warna.
Siswa A memberikan 3 pensil warna kepada siswa B.
Siswa menghitung banyak pensil yang bersisa.
7 – 3 = 4
Jadi, sisa pensil warna kakak adalah 4 pensil warna.
19.    siswa menjumlahkan dengan cara bermain peran sesuai cerita-cerita di buku siswa. (mencoba)
20.    Guru mengamati kalimat matematika untuk pengurangan yang ditulis siswa.(mengamati)Contoh:
8 – 4 = 4
10–3 = 7
9 – 2 = 7
21.    Siswa menggambar benda-benda kesukaan yang menunjukkan pengurangan. Guru menjelaskan contoh berikut. (mencoba)

Banyaknya gambar jeruk seluruhnya: 5 buah
Banyaknya jeruk yang dicoret: 2 buah
Untuk menghitung sisa jeruk, kita harus menghitung banyaknya jeruk yang tidak dicoret.
5 - 2 = 3
22.    Siswa membuat gambar yang menunjukkan pengurangan di tempat yang telah disediakan. (mencoba)

23.    Kemudian siswa menuliskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambarnya. (mencoba)
Kalimat matematika ditulis di 

Penutup
1.      Guru Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran dengan bertanya kepada siswa “Apakah ada pertanyaan mengenai materi yang telah di sampaikan?”
2.    Refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.(menanya)
 Contoh:
·         Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini ?
·         Kegiatan apa yang paling kalian sukai ?
·         Kesulitan apa yang kalian temui?
·         Hal baik apa yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya ?
3.      Siswa dan guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran. (mengasosiasikan)
4.    Pembelajaran ditutup dengan berdoa bersama-sama.
J.   PenilaianHasilPembelajaran
1.      Penilaian Pengetahuan
Keterangan:
BS       = Baik Sekali, skor (4)
B          = Baik, skor (3)
C          = Cukup, skor (2)
PB       = Perlu Bimbingan, skor (1)

Nilai Akhir


a.         Mengidentifikasi isi lagu “Ayo makan bersama” dengan bantuan gambar.


NO
NAMA
Kriteria
Total
Nilai Akhir
Mampu memilih gambar yang sesuai dan tidak sesuai dengan isi lagu “Ayo Makan bersama”
Mampu menentukan gambar yang harus dilakukan saat makan bersama adik sesuai dengan isi lagu “Ayo makan bersama”
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Andika Wijaya
4




3


7
87,5
2.
Bayu Nugraha
4



4



8
100
3.
Caca Handika

3




2

5
62,5
4.
Dita Yudishtira



1

3


4
50

b.        Mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan terhadap adik

NO
NAMA
Kriteria
Total
Nilai Akhir
Mampu menentukan sikap yang harus dilakukan terhadap adik dan membuat centang (Ö) pada sikap yang benar
Mampu memilih jawaban yang benar saat guru memberikan 2 pilihan sikap(baik dan tidak baik) yang harus dilakukan terhadap adik
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Andika Wijaya

3




2

5
62,5
2.
Bayu Nugraha
4





2

6
75
3.
Caca Handika
4






1
5
62,5
4.
Dita Yudishtira

3



3


6
75

c.       Menghitung Pengurangan dengan bermain peran

Dengan cerita diatas siswa diminta untuk bermain peran berdasarkan situasi yang digambarkan.
Siswa A Berpura-pura menjadi kakak.
Siswa B Menjadi Adik.
Siswa A Memiliki 7 pensil warna.
Siswa A memberikan 3 pensil warna kepada siswa B.
Siswa menghitung banyak pensil warna yang tersisa dimiliki Siswa A.
7 – 3 = 4
Jadi, sisa pensil warna yang dimiliki kakak adalah 4 pensil warna.

Rubrik Penilaian:
NO
NAMA
Kriteria
Total
Nilai Akhir
Mampu melakukan pengurangan dan menentukan hasilnya dengan benar berdasarkan situasi yang diperankan.
Mampu menuliskan kalimat matematika yang sesuai dengan situasi yang diperankan.
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Andika Wijaya

3





1
4
50
2.
Bayu Nugraha


2


3


5
62,5
3.
Caca Handika
4




3


7
87,5
4.
Dita Yudishtira

3




2

5
62,5

2.      Penilaian Keterampilan
1)        Kriteria Keterampilan
·           Menceritakan pengalaman saat makan bersama dengan adik
Predikat:
-          Baik Sekali: Syaratnya “Cerita sesuai topik, menggunakan susunan kalimat yang benar(minimal SPO), menggunakan pilihan kata yang sesuai, Percaya diri”
-          Baik: Hanya Memenuhi 3 syarat.
-          Cukup: Hanya Memenuhi 2 syarat.
-          Perlu Bimbingan : Hanya Memenuhi 1 Syarat.
·           Memperagakan sikap kakak dan adik saat makan bersama
Predikat:
-          Baik Sekali: Syaratnya “Sesuai dengan topik, Terlihat Biasa(tidak canggung), ekspresif, percaya diri.
-          Baik                      : Hanya Memenuhi 3 syarat.
-          Cukup                  : Hanya memenuhi 2 syarat.
-          Perlu Bimbingan : Hanya Memenuhi 1 syarat.
·           Membuat Gambar yang menunjukkan pengurangan.
Predikat:
-          Baik Sekali           : Sesuai dengan topik, kreatif, membuat kalimat matematika yang tepat, dan rapi.
-          Baik                       : Hanya memenuhi 3 syarat.
-          Cukup                   : Hanya memenuhi 2 syarat.
-          Perlu Bimbingan : Hanya memenuhi 1 syarat.

2)Lembar Penilaian Berdasarkan Kriteria Keterampilan
1. Menceritakan Pengalaman saat makan bersama dengan adik
NO
NAMA
Syarat
Total syarat yang dipenuhi
Predikat
Cerita sesuai dengan topik
Menggunakan susunan kalimat yang benar (min. SPO)
Menggunakan Pilihan kata yang sesuai
Percaya diri
1
Andika Wijaya
-
-
-
Ö
1
Perlu Bimbingan
2
Bayu Nugraha
-
Ö
Ö
Ö
3
Baik
3
Caca Handika
Ö
-
-
Ö
2
Cukup
4
Dita Yudishtira
Ö
Ö
Ö
Ö
4
Sangat Baik

2. Memperagakan sikap kakak dan adik saat makan
NO
NAMA
Syarat
Total syarat yang dipenuhi
Predikat
sesuai dengan topik
Terlihat biasa/Tidak canggung
Ekspresif
Percaya diri
1
Andika Wijaya
-
-
-
Ö
1
Perlu Bimbingan
2
Bayu Nugraha
-
Ö
Ö
Ö
3
Baik
3
Caca Handika
Ö
-
-
Ö
2
Cukup
4
Dita Yudishtira
Ö
Ö
Ö
Ö
4
Sangat Baik

3. Membuat gambar yang menunjukkan pengurangan
NO
NAMA
Syarat
Total syarat yang dipenuhi
Predikat
sesuai dengan topik
Kreatif
Membuat Kalimat Matematika yang tepat
Rapi
1
Andika Wijaya
-
-
-
Ö
1
Perlu Bimbingan
2
Bayu Nugraha
-
Ö
Ö
Ö
3
Baik
3
Caca Handika
Ö
-
-
Ö
2
Cukup
4
Dita Yudishtira
Ö
Ö
Ö
Ö
4
Sangat Baik

3)    Rubrik Penilaian akhir keterampilan siswa berdasarkan lembar keterampilan
NO
NAMA
Kriteria
Total Skor
Nilai Akhir
Menceritakan Pengalaman saat makan bersama adik
Memperagakan sikap kakak dan adik saat makan bersama
Membuat gambar yang menunjukkan Pengurangan
PB
C
B
SB
PB
C
B
SB
PB
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Andika Wijaya
1



1



1



3
25
2
Bayu Nugraha


3



3



3

9
75
3
Caca Handika

2



2



2


6
50
4
Dita Yudishtira



4



4



4
12
100
3.    Penilaian Sikap

NO
NAMA
Perubahan Tingkah Laku
Total Skor
Nilai Akhir
Percaya Diri
Rapi
Teliti
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Andika Wijaya


3




4

2


9
75
2
Bayu Nugraha

2




3

1



6
50
3
Caca Handika


3


2




3

8
67
4
Dita Yudishtira
1






4

2


7
58

Keterangan Penilaian Sikap:
-            BT  : Belum Terlihat, skor = 1
-            MT : Mulai Terlihat, skor = 2
-            MB : Mulai Berkembang, skor = 3
-            SM : Sudah Membudaya, skor = 4

Nilai Akhir 

No comments:

Post a Comment